Review

Info
Studio : Mopar Media Group
Genre : Crime, Thriller
Director : Per Hanefjord
Producer : Veronika Eriksson
Starring : Catherine Walker, Gary Lewis, Joi Johannsson, Søren Malling, David Dencik

Jumat, 18 Desember 2020 - 19:24:39 WIB
Flick Review : Rig 45
Review oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 568 kali


Drama thriller kejahatan atau juga murder mystery selalu menarik di simak. Menawarkan plot yang penuh lika-ilku, juga mendebarkan, untuk menebak siapa pelaku kejahatan, atau juga proses dalam pengungkapan misteri yang terjadi oleh pihak penyelidik. Sudah banyak film dan juga serial yang mengangkat tema ini, namun tak pernah kehilangan minat penonton. Kini, ada satu lagi yang boleh disimak, Rig 45. 

Sejauh ini Rig 45 sudah menghadirkan dua musim, yang dilepas di tahun 2018 dan 2020, dengan masing-masing terdiri atas 6 episode, dengan durasi masing-masing 45 menit saja. Untuk sekarang, mari kita menyimak musim pertamanya dulu, yang menjadi pembuka untuk serial memikat ini.

Dikisahkan tentang Andrea (Catherine Walker), yang dua hari sebelum Natal dikirim oleh Benthos Oil untuk menyelidiki sebuah kecelakaan fatal yang terjadi di sebuah tambang minyak lepas pantai. Berharap bisa cepat menyelesaikan tugasnya, penyelidikan Andrea ternyata tidak berjalan mulus karena para kru tambang memilih untuk bungkam.

Andrea kemudian mulai mencurigai jika ini bukanlah sebuah kecelakaan biasa. Ada sesuatu yang salah dalam kasusnya, dan ia mulai curiga jika sebuah pembunuhan telah terjadi. Saat sebuah badai hebat kemudian menerpa tambang yang bernama Rig 45 tersebut dan memutuskan komunikasi dengan dunia luar, Andrea dan juga para kru, tidak hanya harus melawan ganasnya alam, tapi juga sang pembunuh. 

Dengan konsep whodunit atau “siapa pelakunya,” Rig 45 jelas terinspirasi dari novel klasik Agatha Christie, And Then There Were None.  Formulanya mirip, sekelompok orang yang terjebak di sebuah lokasi yang terisolasi dengan pembunuh yang mulai mengincar mereka satu persatu.

Meski begitu, serial televisi kolaborasi beberapa negara Nordik dan kreasi Ola Norén dan Roland Ulvselius ini tentunya menawarkan sesuatu yang berbeda sebagai variasi. Dengan enam episode yang menjadi bekalnya, serial bisa mengeksplorasi tema-tema lain di dalamnya.

Serial dengan sengaja menghadirkan Andrea sebagai karakter yang kurang menyenangkan.  Andrea awalnya ingin menyalahkan penyebab kematian Ritva (Ona Kamu), seorang paruh baya dengan seorang putri di daratan, kepada alkohol yang kerap dikonsumsinya. Dengan demikian perusahaan tidak harus membayar klaim asuransi jiwanya yang nantinya akan jatuh kepada sang putri.

Tentu saja, dengan terjebak di tambang tersebut, Andrea harus menganalisa ulang asumsinya. Interaksinya dengan berbagai kru dengan berbagai kebangsaan juga menjadi penyemarak ceritanya. Dengan berjalannya alur, perlahan Andrea menyadari jika sesuatu yang salah sedang terjadi di tambang.

Sosok yang layak menjadi terduga pelaku ternyata cukup banyak. Misalnya Douglas (Gary Lewis), kru asal Skotlandia; Vidar (Joi Johannsson), seorang kebangsaan Norwegia; Jens (Søren Malling), seorang mantan tentara; Mikkel (David Dencik), sang manajer tambang yang kerap mengancap para awaknya, utamanya para kru perempuan. 

Lantas ada Mary (Judith Roddy) yang kerap melontarkan kalimat-kalimat yang mengandung pesan misterus tentang seorang pria bernama Frederic yang meninggal di tambang beberapa tahun sebelumnya. Kemudian sebuah “kejutan” menanti dalam penyelidikan Andrea.

Rig 45 membuktikan jika kawasan Nordik memang bisa diandalkan dalam kisah-kisah thriller seperti ini. Per Hanefjord, yang bertugas sebagai sutradara musim pertama menunaikan tugasnya dengan kompeten. Seimbang antara sisi drama dan juga suspensinya. Membuat kita gregetan bukan hanya di sisi ketegangan, namun juga aspek dramatisnya.

Pendekatan dalam alurnya mungkin agak klise, dengan formula yang kerap dipakai oleh banyak kisah-kisah sejenis. Namun, dengan eksekusi yang memikat, Rig 45 tetap merupakan sebuah “petualangan” yang seru.

Kalau tidak ingin kelewatan menyimak serial thriller misteri yang seru, mendebarkan dan memancing rasa tahu, Rig 45 bisa disaksikan di Mola TV. Lengkap 2 musim dan 12 episode sekaligus. 

Cukup dengan berlangganan sebesar Rp. 12.500 per-bulan saja, kita nantinya bisa memiliki akses mudah untuk berbagai sajian Mola TV, termasuk serial Rig 45 ini. Lebih menguntungkan lagi jika memilih berlangganan paket Rp. 65.000 per-bulan, karena kita akan memiliki semua akses untuk persembahan khusus dan eksklusif Mola TV, termasuk HBO GO dan juga berbagai tayangan olah raga.

Mola TV bisa diakses baik melalui peramban atau web browser maupun aplikasi yang bisa diunduh di App Store untuk pemilik perangkat Apple atau PlayStore untuk pemilik perangkat Android.

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.