Review

Info
Studio : Visinema Pictures, Ideosource, Kaskus
Genre : Drama, Comedy
Director : Yandy Laurens
Producer : Anggia Kharisma, Gina S Noer
Starring : Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Zara JKT48, Widuri Puteri, Asri Welas

Senin, 07 Januari 2019 - 15:51:16 WIB
Flick Review : Keluarga Cemara
Review oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 1285 kali


Kalau kalian pernah merasakan euforia dunia pertelevisian tanah air pada era 1990-an, rasa-rasanya mustahil tidak mengetahui sinetron Keluarga Cemara yang disadur dari cerita bersambung rekaan Arswendo Atmowiloto. Meski kelima karakter utama dalam sinetron ini digambarkan berada dalam kondisi finansial serba kekurangan – mata pencaharian mereka bergantung pada becak dan opak – si pembuat tidak mengeksploitasi kemiskinan mereka demi mengucurkan air mata penonton. Berbeda pula dengan sinetron masa kini yang topik obrolannya tidak jauh-jauh dari rebutan warisan, rebutan pasangan, sampai azab bagi orang-orang dzalim, Keluarga Cemara mengetengahkan topik positif terkait menebar kebajikan kepada sesama, kerja keras serta mensyukuri hidup. Sebuah topik yang tidak dibatasi oleh agama, suku, jenis, kelamin, usia, maupun kelas sosial karena bersifat universal: semua orang bisa menerapkannya, semua orang bisa mengalaminya. Tak heran jika kemudian sinetron ini ramai dipirsa dan publik masih setia menyenandungkan lagu temanya yang penggalan liriknya berbunyi, “harta yang paling berharga adalah keluarga…” hingga kini. Saking legendarisnya (dan besar pula pengaruhnya) sinetron yang memasangkan Adi Kurdi dengan Novia Kolopaking tersebut, rumah produksi Visinema Pictures (Surat Dari Praha, Cahaya Dari Timur Beta Maluku) pun tertarik untuk menginterpretasikannya ulang. Bukan lagi dalam bentuk sinetron seperti versi terdahulu, melainkan dalam format film layar lebar dengan jajaran pemain yang sama sekali baru.

Guliran penceritaan yang diaplikasikan dalam versi bioskop Keluarga Cemara arahan Yandy Laurens (debut film panjang, sebelumnya dia menggarap film pendek Wan An yang meraih Piala Citra) juga agak berbeda dibanding versi sinetron. Disamping interpretasi baru, ini bisa dibilang sebagai prekuel karena narasi menyoroti awal mula para protagonis dalam menjalani hidup penuh dengan kesederhanaan. Abah (Ringgo Agus Rahman) tidak tiba-tiba diceritakan mengayuh becak dan Euis (Zara JKT48) tidak pula tiba-tiba berjualan opak.  Mereka mulanya adalah keluarga milenial yang tinggal di perumahan mewah dengan mobil bagus dan kondisi finansial mapan. Namun setelah Abah dinyatakan bangkrut akibat kasus penipuan yang dilakukan oleh saudara beserta rekan bisnisnya sendiri, kehidupan Abah beserta keluarga kecilnya seketika berubah drastis. Abah mengajak istri, Emak (Nirina Zubir), beserta kedua putrinya, Euis dan Ara (Widuri Puteri), untuk pindah ke rumah peninggalan orang tuanya di sebuah desa terpencil di Kabupaten Bogor. Saking terpencilnya, mereka sampai harus memanjat pohon seberang rumah buat mendapatkan sinyal hp. Luar biasa, bukan? Beradaptasi dengan lingkungan dan gaya hidup yang sama sekali berbeda ini jelas tidak mudah bagi setiap personel keluarga, khususnya bagi Abah yang merasa harus memikul tanggung jawab keluarga seorang diri dan Euis yang sedang berada dalam fase pubertas. Alhasil, konflik demi konflik pun tak terhindarkan yang alih-alih mengancam keutuhan keluarga, rangkaian konflik ini justru semakin memperkuat hubungan mereka dan memberi pemahaman baru kepada mereka mengenai arti sesungguhnya dari keluarga.

Usai menyaksikan Keluarga Cemara di bioskop, ada satu perasaan yang terus hinggap di hati yakni hangat. Tak terhitung berapa kali saya menyeka bulir-bulir air mata yang menuruni pipi, memberi pelukan erat-erat kepada diri sendiri, sampai muncul dorongan untuk sesegera mungkin menelpon orang tua di rumah saat menonton Keluarga Cemara yang merupakan salah satu film Indonesia terindah yang pernah saya tonton ini. Deskripsi yang mungkin terdengar agak hiperbolis, tapi sejujurnya, ini benar-benar terjadi. Bahkan, saya masih mendapatkan pengalaman tersebut pada tontonan kedua (pertama kali menonton di Jogja-NETPAC Asian Film Festival)! Sebuah pengalaman yang jarang saya dapati apalagi untuk film drama keluarga dalam negeri yang umumnya bermain-main di ranah disease porn atau poverty porn. Dalam penanganan yang keliru – itu berarti, si pembuat film gagal menangkap ruh dari materi sumbernya – maka apa yang disajikan oleh film sangat riskan untuk terjerembab menjadi tontonan cengeng tipikal. Sekadar mengeksploitasi derita dan nestapa yang dialami oleh para karakternya hanya untuk membuat para penontonnya terisak-isak. Akan tetapi, mengikuti jejak versi sinetron yang kini sedang ditayangkan ulang di kanal TVRI, Keluarga Cemara versi layar lebar bukan tipe film yang jualan air mata. Malah, film mencoba tampil berenergi dengan segala humor yang ciptakan gelak tawa serta adanya pesan penumbuh semangat yang sekaligus berfungsi menghilangkan stereotip terhadap kemiskinan: miskin bukan berarti akhir dari hidup, miskin bukan berarti tak bisa bahagia, dan miskin bukan berarti memberi alasan untuk bertindak melawan hukum. Semuanya tergantung perspektif serta bagaimana cara kita menyikapinya, wahai sobat misqueen!

Pada saat bersamaan, Keluarga Cemara juga mengajak penonton memaknai istilah ‘keluarga ideal’ yang ternyata tak bersinonim erat dengan kesempurnaan. Narasi gubahan Yandy Laurens beserta Gina S. Noer membawa kita pada pemahaman bahwa ideal tidak lantas memiliki harta serba berkecukupan sekaligus terhindar dari segala perbedaan pendapat maupun gesekan-gesekan. Melalui sosok Abah, Emak, Euis, dan Ara, keluarga ideal dideskripsikan sebagai sekelompok orang (yang diikatkan oleh tali pernikahan beserta hubungan darah) yang bersedia untuk saling mendengarkan, saling memahami, serta saling membantu untuk menemukan solusi di saat konflik mengemuka. Keputusan akhir boleh saja berada di tangan kepala keluarga, tapi anggota keluarga lain turut dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan. Berat, ya? Dalam kenyataan di film, tentu tidak serumit itu terlebih sasaran utama film ini adalah seluruh anggota keluarga. Hanya saja, saya tertarik terhadap pembentukan karakter dalam Keluarga Cemara yang kokoh sehingga memungkinkan mereka tidak saja tampak manusiawi tetapi juga mampu memberi penonton pembelajaran atas tindakan-tindakan mereka. Sebagai contoh, kita belajar untuk mengutamakan komunikasi dengan seluruh anggota keluarga dari sosok Abah, kita belajar untuk memahami kondisi orang lain dari sosok Emak, kita belajar untuk tak mementingkan diri sendiri (maupun emosi) dari sosok Euis, dan kita juga belajar untuk memandang segala hal dari sudut pandang positif dari sosok Ara. Dari sini, kita akhirnya bisa memafhumi mengapa Abah bisa menjadi sangat bijaksana atau Euis bisa tumbuh menjadi seseorang yang sangat bertanggung jawab di versi sinetron.

Kesanggupan penonton untuk mencerna pesan yang dihantarkan lalu terlibat secara emosi ke dalam film ini dipengaruhi oleh apiknya performa jajaran pemain. Tak ada satupun pelakon yang bermain buruk, tak ada satupun pelakon yang tersia-siakan di sini. Ringgo Agus Rahman seketika menggugurkan sikap skeptis publik lewat interpretasi mencengangkannya sebagai Abah yang sekali ini ditampilkan berhati budiman tapi masih menyimpan banyak kemarahan dan kekecewaan karena ketidaksanggupannya menerima kenyataan. Kita bisa berempati kepadanya yang rapuh, kita bisa pula berempati pada Emak yang diperagakan dengan sangat cantik oleh Nirina Zubir. Terasa keteduhan dan kehangatan seorang ibu yang berupaya menjaga keseimbangan ‘kapal’ bernama keluarga agar tidak karam saat diterpa badai. Hati terasa maknyes saat dia berdialog dengan Euis mengenai menstruasi, hati terasa patah saat dia memberi tatapan kecewa pada Euis yang membangkang. Kedua pemain senior ini membentuk tim yang solid bersama dua pemain muda yang memberi harapan bagi perfilman Indonesia, Zara JKT48 dan Widuri Puteri. Ditangan Zara, karakter Euis menunjukkan transformasi pendewasaan diri secara meyakinkan dari remaja milenial yang cenderung banyak mau menjadi lebih simpatik saat dia bersedia berdamai dengan fakta bahwa kondisi keluarganya tidak lagi sama. Akting bagusnya membuat momen “selamat ulang tahun, Euis…” menjadi salah satu momen paling dikenang di film selain pertengkaran hebat di kamar dimana respon “kalau begitu, Abah tanggung jawab siapa?” menyebabkan manusia-manusia berhati dingin pun akan bercucuran air mata saat mendengarnya.

Sebagai penyeimbang karakter Euis yang serius, ada Ara yang dimainkan dengan sangat natural oleh Widuri Puteri. Kemunculannya senantiasa menggemaskan dan dia tak pernah gagal memantik gelak tawa penonton melalui sikap atau komentar-komentar polosnya. Sosok Ara inilah yang membuat Keluarga Cemara terhindar dari nada penceritaan yang bermuram durja, disamping keberadaan Abdurrahman Arif sebagai teman baik Abah, Asri Welas sebagai ‘wanita pinjaman’ yang bersahabat dengan Emak, serta beberapa pemain remaja seperti Kafin Sulthan, Joshia Frederico, Kawai Labiba, serta Yasamin Jasem sebagai kawan-kawan baru Euis. Deretan karakter ini bukanlah comic relief tempelan yang bisa dihapuskan begitu saja lantaran ada maksud beserta tujuan dibalik kehadiran mereka termasuk menyangkut momen-momen genting dalam film. Berkat mereka, penonton dapat tertawa tergelak-gelak setelah sebelumnya menyeka air mata. Air mata yang acapkali mengalir karena terharu menyaksikan interaksi hangat para karakter, alih-alih karena kesedihan. Pada akhirnya, bukan hanya kontribusi para pemain yang dapat membawa emosi dalam Keluarga Cemara semenonjok ini, melainkan juga dipengaruhi naskah bernas, pengarahan penuh sensitivitas dari Yandy Laurens, pilihan-pilihan lagu pengiring yang menyatu, beserta penyuntingan mengalir dari Hendra Adhi Susanto. Buagus sekali!

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.