Review

Info
Studio : MD Pictures
Genre : Drama
Director : Benni Setiawan
Producer : Manoj Punjabi
Starring : Acha Septriasa, Rio Dewanto, Arifin Putra, Titi Kamal, Alex Abbad

Selasa, 13 November 2018 - 17:42:21 WIB
Flick Review : Hanum & Rangga: Faith & The City
Review oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 1016 kali


Sejujurnya, saya menyukai dwilogi 99 Cahaya di Langit Eropa (2013-2014). Bukan semata-mata karena mata dibikin adem karena melihat Raline Shah berhijab, melainkan lebih disebabkan oleh narasinya yang terasa tulus dan menghangatkan hati. Dalam film tersebut, Hanum Salsabiela Rais dikisahkan mendampingi suaminya, Rangga Almahendra, untuk menyelesaikan studi S3 di Vienna, Austria. Selama menetap di sana, keduanya menelusuri jejak-jejak Islam di Eropa seraya berupaya memperbaiki citra Islam yang buruk di mata sebagian pihak. Beberapa orang menyebutnya sebagai film perjalanan, lebih-lebih konfliknya tak terlalu runcing di sini. Tapi bagi saya, disitulah letak menariknya lantaran film berdiri di jalur realis yang acapkali mempersilahkan penonton untuk merenung usai diperdengarkan percakapan (atau perdebatan) antara Hanum dengan Rangga, Hanum dengan teman-temannya, maupun Rangga dengan kawannya yang membenci Islam. Lingkupnya personal saja, tak berambisi untuk membuktikan kepada seluruh umat manusia bahwa “dunia ini akan lebih baik dengan adanya Islam”. Ambisi ini, sayangnya, diterapkan ke film berikutnya, Bulan Terbelah di Langit Amerika (2015-2016), yang justru membuat narasi terlalu bombastis sampai-sampai sulit dipercaya kebenarannya – plus saya paling malas dengan film dakwah yang penuh letupan kemarahan di dalamnya – dan instalmen terbaru dari Hanum-Rangga Cinematic Universe, Hanum dan Rangga (Faith and the City), yang untuk pertama kalinya diakui sebagai kisah fiksi.

Pertanyaan “would the world be better without Islam?” menjadi bekal yang senantiasa dibawa oleh Hanum Salsabiela (Acha Septriasa) dalam menapaki karir sebagai jurnalis. Kemanapun dia berpijak, dia ingin pertanyaan ini terjawab sehingga masyarakat di berbagai belahan dunia menyadari bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin (penuh rahmat) alih-alih penuh kebencian – meski kenyataannya dalam film, pertanyaan tersebut tak pernah memperoleh jawaban memuaskan. Pertanyaan ini pula yang diboyongnya ketika dia mendapat tawaran untuk bekerja magang selama tiga pekan sebagai reporter di stasiun televisi GNTV New York. Hanum melihat ini sebagai kesempatan emas untuk melakukan syiar agama, kesempatan emas untuk berdialog dengan publik Amerika Serikat yang belum pernah mengenal wajah Islam sesungguhnya. Dilingkupi semangat karena dirinya berkesempatan menjadi agen perubahan yang signifikan, idealisme Hanum ini malangnya justru terbentur oleh visi misi sang atasan yang mendewakan rating, Andy Cooper (Arifin Putra). Andy menginginkan program yang membuat pemirsanya termehek-mehek, bukan program yang menenangkan hati karena itu dianggapnya membosankan. Walaupun tidak pernah sejalan dengan cara kerja Andy, toh Hanum tetap bertahan di GNTV seraya mencari ide segar untuk program selanjutnya. Kesibukan Hanum dengan pekerjaannya ini tanpa pernah disadarinya secara perlahan tapi pasti justru merenggangkan hubungannya dengan sang suami, Rangga Almahendra (Rio Dewanto). Pertengkaran demi pertengkaran pun tak terhindarkan ditambah lagi Hanum merasa cemburu melihat kedekatan Rangga dengan Azima Hussein (Titi Kamal).

Disandingkan dengan dua instalmen Bulan Terbelah di Langit Amerika yang menghadirkan ketidaknyamanan dalam pengalaman penonton pada sepanjang durasinya menyusul narasinya yang sukar diterima logika, Hanum dan Rangga (Faith and the City) adalah sebuah peningkatan. Pertanyaan “would the world be better without Islam?” memang sekali lagi dipergunakan hanya sebagai pancingan bagi penonton semata tanpa mendapat eksplorasi di guliran pengisahan. Akan tetapi, instalmen ini setidaknya menghadirkan materi pembicaraan yang lebih fokus dan menggigit seputar gender role – atau secara lebih spesifik, peranan suami istri dalam sektor rumah tangga – ketimbang mengejar sensasi dengan mengupas soal jejak kedigdayaan Islam di Benua Amerika selaiknya dua seri terdahulu. Dalam satu adegan, Rangga sempat meluapkan kekecewaannya terhadap Hanum yang mulai abai kepada dirinya dengan satu pernyataan, “tapi kamu kesampingkan perasaan suami kamu sendiri sampai kamu melupakan tugas utamamu sebagai seorang istri.” Ini menarik karena bisa memunculkan setidaknya dua renungan: apakah benar Hanum telah melupakan tugasnya di ranah domestik akibat dibutakan oleh ambisinya dalam mengejar karir? Atau justru sebetulnya kemarahan Rangga tersebut dipicu oleh rasa insecure karena melihat karir sang istri menjulang secara cepat? Apabila berkenan untuk digali lebih mendalam, pernyataan beserta pertanyaan ini sejatinya dapat menghasilkan pembicaraan mengenai seorang muslimah yang berkarir. Pembicaraan yang rasa-rasanya akan menghadirkan bahan diskusi menarik bagi pasangan suami istri di luar sana yang mungkin sedang dirundung dilema selepas sang istri memutuskan untuk berkarir.

Mungkin berpikiran sama dengan Andy Cooper, duo Hanum-Rangga berikut sang peracik skenario, Alim Sudio, dan sang sutradara, Benni Setiawan, menganggap konflik ini berpotensi menjemukan bagi penonton sehingga mereka enggan menguliknya lebih mendalam. Langkah yang ditempuh sebagai bentuk kompensasinya adalah mengejar dramatisasi. Entah itu dalam lingkungan kerja Hanum yang digambarkan memiliki seorang atasan yang toxic, atau dalam hubungan Hanum-Rangga yang diusik oleh kehadiran orang ketiga. Obsesi ini tentu saja bukanlah hal yang sehat karena apa yang mengikutinya adalah rentetan peristiwa yang too good to be true sekaligus konyol. Saya sih masih bisa mencoba memafhumi di separuh durasi awal (tapi saya masih tak bisa memahami spesialisasi beserta prestis yang dipunyai GNTV). Hanya saja begitu menyadari pemicu konflik diantara dua karakter utama adalah salah paham berlandaskan tuduhan perselingkuhan, saya cuma bisa berkata “baeklah.” Ya masa pasangan saling mencintai, memiliki gelar tinggi pula, dibutakan oleh cemburu semata-mata karena melihat pasangannya ngobrol berdua dengan lawan jenis sih? Atau inikah yang disebut cinta tak mengenal logika? Jika ini masih bisa menerima pemakluman, saya akhirnya tak tahan lagi untuk menahan tawa di babak klimaks (maaf, kalimat-kalimat selanjutnya akan mengandung spoiler). Dalam adegan dimana Hanum akhirnya berkesempatan memandu acara live, aib Andy Cooper terekspos. Alih-alih fokus pada wawancara dengan Azima dan Philipus Brown (Timo Scheneumann) – tonton Bulan Terbelah di Langit Amerika untuk mengetahui apa yang bikin mereka penting – Hanum beserta narasumbernya justru mengungkap kebobrokan Andy dilanjut pemecatan terhadap Andy oleh Philipus yang baru saja membeli sebagian saham GNTV.

Serius, darling? Ini adalah acara televisi di Amerika Serikat lho. Saya masih bisa membayangkannya apabila ini terjadi di Indonesia, tapi di negeri Paman Sam? Pelanggaran keras atas kode etik jurnalistik. Belum lagi acara yang dipandu oleh Hanum ini mewartakan tentang Islam. Sejahat-jahatnya Andy, saya rasa mengungkap aibnya di depan publik tetap saja bertentangan dengan nilai-nilai yang dijunjung oleh Islam. Jika demikian, lalu apa bedanya Hanum dengan Andy? Mengingat SARA tengah menjadi masalah serius di Amerika Serikat, bukankah peristiwa seperti ini justru akan semakin mencoreng citra Islam yang sudah terlanjur buruk di mata sebagian warga setempat? Ini konyol. Padahal saya sudah berharap banyak kepada karakter Hanum yang mulanya menggebu-nggebu saat berbicara tentang idealisme dan integritas. Tak tahunya, penyelesaian masalahnya jauh dari kata elegan apalagi kesantunan dan menjunjung dramatisasi serta mengambil jalur penyederhanaan. Sungguh kecewa. Ditengah kekecewaan ini, saya lantas dikejutkan oleh adegan berikutnya yang tergarap manis… sampai sebuah pengungkapan lain menyerang. Karakter gay yang dimainkan oleh Alex Abbad (ini aneh, karena dia melakonkan peran bertolak belakang di 99 Cahaya di Langit Eropa yang berkesinambungan dengan instalmen ini) mendadak insyaf tanpa sebab. Pertanyaannya: apa kita membutuhkan adegan ini? Untuk apa? Untuk menunjukkan bahwa gay adalah sebuah penyakit yang bisa disembuhkan? Ini pointless banget sih, kecuali untuk menegaskan posisi si pembuat film terhadap LGBT. Kekacauan pada babak klimaks ini menghantarkan Hanum dan Rangga (Faith and the City) menjadi tontonan mengecewakan. Seperti halnya Andy Cooper si karakter antagonis yang hancur karena ambisinya mengejar drama, film ini pun menukik tajam lantaran kelewat bernafsu ingin mengajak penonton termehek-mehek. Padahal film sejatinya memiliki obrolan menarik, penggarapan Benni Setiawan pun mengalir lancar, dan Acha Septriasa sekali lagi tak mengecewakan sekalipun energinya agak meredup tanpa Abimana Aryasatya. Sungguh sangat disayangkan.

 

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.