Review

Info
Studio : fourcolours films
Genre : Drama, Comedy
Director : Kuntz Agus
Producer : Abimana Aryasatya, Praw
Starring : Bima Azriel, Fatih Unru, Putri Ayudya, Slamet Rahardjo, Abimana Aryasatya

Selasa, 04 September 2018 - 15:12:50 WIB
Flick Review : Petualangan Menangkap Petir
Review oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 854 kali


Bikin film emang susah, bikin film emang capek, dan bikin film emang butuh perjuangan. Akan tetapi, bikin film juga seru, bikin film juga candu, dan bikin film juga ngangenin. Banyak pengalaman yang bisa dikenang selama proses pembuatan film. Saya merasakannya secara langsung untuk pertama kali ketika masih berstatus sebagai maba (mahasiswa baru) dan mengikuti sebuah UKM di universitas yang bersentuhan dengan dunia film. Sewaktu menjalani malam keakraban, anggota-anggota baru ditugaskan untuk menggarap film pendek dengan durasi berkisar 5-10 menit. Sekadar informasi kurang penting, kita butuh waktu selama 8 jam lebih untuk mengeksekusi film dengan durasi 5 menit. Itupun mengindahkan kontinuitas pada pengadeganan maupun plot lantaran tak dibekali skrip memadai serta hanya mengandalkan spontanitas. Pokoknya berlakon, sorot kamera, edit, jadi deh! Jangan ditanya hasil akhirnya seperti apa (bocoran: cenderung memalukan) karena tujuannya sekadar buat memberi pengalaman, berkenalan melalui kerja tim, sekaligus bersenang-senang. Tidak pernah ada niatan untuk membawanya berkelana ke festival film pendek atau mengomersilkannya melalui pemutaran-pemutaran. 

Kenangan seru yang tercetak pada satu dekade lampau ini lantas mengemuka kembali selepas saya menonton Petualangan Menangkap Petir garapan Kuntz Agus (#republiktwitter, Surga yang Tak Dirindukan) di bioskop. Film untuk konsumsi seluruh anggota keluarga ini menyoroti keseruan dibalik proses pembuatan sebuah film amatir berdurasi pendek. Saya menyebutnya amatir karena mereka yang terlibat sebagai kru dan pemain adalah bocah-bocah SD yang belum pernah memiliki pengalaman dalam menggarap film. Si empunya ide untuk mengkreasi film adalah Gianto (Fatih Unru) atau biasa dipanggil Jayen yang memiliki kecintaan amat besar terhadap film sampai-sampai bisa mengucap “film itu magis”. Dia melihat adanya kesempatan emas pasca ditugasi menemani Sterling (Bima Azriel), Youtuber cilik kenamaan, yang sedang berlibur ke rumah sang kakek (Slamet Rahardjo) di Desa Selo, Boyolali. Berbekal kamera yang dimiliki oleh Sterling dan didukung oleh beberapa teman sepermainan Jayen, keduanya pun menghabiskan liburan dengan menggarap film yang ide ceritanya terinspirasi dari legenda Ki Ageng Selo Sang Penangkap Petir. Turut membantu bocah-bocah ini merealisasikan mimpi mereka adalah Arifin (Abimana Aryasatya) beserta Kriwil (Arie Kriting) yang berprofesi sebagai tukang video kawinan dan kerap mengadakan pemutaran layar tancap bagi warga setempat.

Sebagai seseorang yang telah dibuat kesengsem oleh film sedari kelas 1 SD dan pernah merasakan keinginan menggebu-nggebu untuk membuat film lalu akhirnya kesempatan itu datang menghampiri, menonton Petualangan Menangkap Petir jelas menyenangkan. Membangkitkan segala kenangan yang ada mengenai masa kecil (tujuan utama saya sedari cilik setiap kali mengunjungi suatu kota: bioskop) dan pengalaman pertama ketika menggarap film. Kesenangan itu turut timbul berkat menyaksikan interaksi antar pemain yang jenaka dan hangat. Barisan pemain dewasa seperti Putri Ayudya sebagai Beth, ibu Sterling yang kelewat protektif terhadap putranya sampai-sampai bak villain bagi film ini, beserta Slamet Rahardjo sebagai kakek yang bijaksana, memang bermain apik. Tapi bintang sesungguhnya dari Petualangan Menangkap Petir adalah pemain ciliknya, khususnya Fatih Unru dan Bima Azriel. Fatih Unru tampil seolah tanpa beban sebagai Jayen yang penuh dengan semangat, penuh dengan mimpi, dan pantang menyerah pada keadaan sekalipun memiliki latar belakang keluarga yang kurang beruntung, sementara Bima Azriel yang dikisahkan serba berkecukupan cenderung memiliki pembawaan lebih kalem dan muram lantaran keinginannya seringkali tak sejalan dengan kemauan ibunya. Perkenalan Sterling dengan Jayen ini lantas membawanya pada satu titik balik yang menyadarkannya mengenai keberanian untuk memperjuangkan mimpi.

Perjuangan dalam menggapai mimpi dimanifestasikan dalam rangkaian adegan yang memperlihatkan kegigihan Jayen beserta konco-konconya kala menjalani tahapan syuting meski rintangan acapkali menyambut mereka. Entah itu berwujud kecelakaan, atau paling sering adalah Beth yang melarang Sterling untuk bikin film karena dianggapnya tidak aman. Disamping dua rintangan tersebut, tak ada persoalan lebih mendesak yang menghiasi film karena pertentangan antara Sterling dengan Beth merupakan konflik terbesar yang dicetuskan oleh duo penulis skenario, Jujur Prananto dan Eddie Cahyono, untuk Petualangan Menangkap Petir. Hubungan antara para bocah dengan Arifin-Kriwil yang sebelumnya alot mencair secara cepat, lalu persoalan keluarga Jayen yang sejatinya menarik pula untuk dikulik hanya dicelotehkan sambil lalu. Tak mengherankan, ada kalanya film berjalan dengan datar karena penonton tidak mendeteksi adanya pertaruhan yang nyata di sini. Hanya ada Beth sebagai penghalang, itupun dia menghilang di pertengahan durasi dan konflik dengan putranya sangat mudah untuk diselesaikan. Penonton pun akhirnya diminta memaklumi, status Petualangan Menangkap Petir sebagai film untuk segala umur membatasinya dalam menggulirkan narasi yang lebih padat. Mengingat saya cukup bersenang-senang bersama Jayen dan genk, lalu kecintaan pada film cukup tergambarkan di sini, maka saya pun tidak terlalu ambil pusing meski tadinya saya berharap film ini bisa semengikat Koki-Koki Cilik yang telah menetapkan standar bagi film anak masa kini.

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.