Review

Info
Studio : DreamWorks Pictures/Reliance Entertainment/Rahway Road Productions
Genre : Biography, Drama, War
Director : Jason Hall
Producer : Jon Kilik
Starring : Miles Teller, Haley Bennett, Beulah Koale, Joe Cole, Amy Schumer

Sabtu, 11 November 2017 - 10:10:26 WIB
Flick Review : Thank You for Your Service
Review oleh : Amir Syarif Siregar (@Sir_AmirSyarif) - Dibaca: 221 kali


Diadaptasi dari sebuah buku berjudul sama karya David Finkel, Thank You for Your Service yang juga merupakan debut pengarahan bagi penulis naskah Jason Hall (American Sniper, 2014) berkisah mengenai bagaimana buruknya perlakuan pemerintah (dan masyarakat?) Amerika Serikat terhadap veteran perang mereka. Jalan ceritanya sendiri difokuskan pada tiga karakter tentara, Staff Sergeant Adam Schumann (Miles Teller), Specialist Tausolo Aieti (Beulah Koale), dan Billy Waller (Joe Cole), yang baru saja kembali pulang ke Amerika Serikat setelah menghabiskan masa hampir setahun ditempatkan pada wilayah konflik di negara Irak. Tidak hanya ketiganya harus berusaha keras untuk menyesuaikan diri kembali pada sebuah lingkungan kehidupan “normal,” ketiga tentara tersebut juga masih dihantui perasaan bersalah atas kematian rekan mereka, Sergeant First Class James Doster (Brad Beyer), di medan perang. Walau awalnya tampak tegar dan berusaha untuk mendukung satu sama lain namun rasa depresi mulai melanda ketiganya yang secara perlahan kemudian mulai menghancurkan hubungan mereka dengan orang-orang yang (seharusnya) mereka cintai.

Naskah cerita film ini yang juga ditulis Hall berhasil memberikan penghormatan besar kepada jasa para veteran perang Amerika Serikat sekaligus secara tegas menunjukkan bagaimana buruknya pemerintahan Amerika Serikat dalam memperlakukan para pahlawan perang mereka. Thank You for Your Service sebenarnya tidaklah menawarkan sebuah jalinan kisah yang benar-benar baru – American Sniper juga bercerita mengenai sekelumit kisah yang dipaparkan dalam film ini. Namun, dalam Thank You for Your Service, Hall mampu menyelami bagaimana pemerintahan Amerika Serikat seringkali menjadikan tentara maupun veteran perang mereka sebagai sebuah simbol politis belaka tanpa pernah benar-benar mau memberikan perwujudan penghargaan yang nyata. Gambaran bagaimana karakter Staff Sergeant Adam Schumann dan Specialist Tausolo Aieti yang harus berjuang demi mendapatkan perawatan medis atas rasa depresi yang mereka alami mampu disajikan Hall dengan baik dan akan mampu menyentuh setiap penonton.

Pengarahan yang diberikan Hall bukannya hadir tanpa masalah. Pada beberapa bagian di paruh kedua film, Thank You for Your Service seringkali terasa stagnan dalam pengembangan perjalanan kisah karakter-karakternya. Beberapa plot minor yang dihadirkan juga tidak begitu mampu untuk tampil menarik dan justru menghalangi kelancaran berkisah film. Meskipun begitu, ganjalan-ganjalan tersebut tidak berpengaruh banyak pada kualitas pengisahan film ini. Hall secara handal mampu menjadikan kisah tiap karakter dalam film ini menjadi begitu personal sehingga – meskipun kadang dibebani dengan deretan dialog yang terlalu melodramatis – Thank You for Your Service dapat hadir lugas dalam presentasi dramanya. Penggambaran mengenai situasi wilayah konflik peperangan yang dihadirkan dalam alur kilas balik juga berhasil diramu sedemikian rupa untuk memberikan unsur ketegangan yang kuat. Jelas bukan sebuah capaian yang buruk bagi sebuah debut penyutradaraan.

Hall juga jelas beruntung mendapatkan sekelompok aktor yang handal untuk memperkuat kualitas departemen akting filmnya. Teller memberikan penampilan terbaiknya untuk menghidupkan karakter Staff Sergeant Adam Schumann. Akting Teller berhasil membuat segala perjuangan yang dialami karakternya dalam menghadapi rasa depresi yang melanda menjadi begitu nyata. Chemistry yang ia hasilkan bersama Haley Bennett yang memerankan karakter istrinya juga begitu solid sehingga detik-detik ketegangan yang hadir dalam perjalanan pernikahan mereka dapat tersaji dengan baik. Departemen akting film ini juga diisi dengan penampilan “mengejutkan” dari Amy Schumer yang, meskipun hadir dalam porsi pengisahan yang minimalis, namun tampil dengan karakter yang jauh berbeda dengan peran-peran komikal tipikal seperti yang sering ia perankan. Dan Schumer mampu mengeksekusinya dengan sempurna. Dukungan penampilan dari Koale, Cole, Beyer, Scott Haze, dan Keisha Castle-Hughes juga mendorong performa pengisahan Thank You for Your Service menjadi sebuah presentasi yang memuaskan.

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.