Review

Info
Studio : Aamir Khan Productions
Genre : Drama, Family, Music
Director : Advait Chandan
Producer : Aamir Khan, Kiran Rao
Starring : Zaira Wasim, Meher Vij, Raj Arjun, Aamir Khan, Kabir Sajid Shaikh

Senin, 06 November 2017 - 22:11:53 WIB
Flick Review : Secret Superstar
Review oleh : Amir Syarif Siregar (@Sir_AmirSyarif) - Dibaca: 222 kali


Sukses dengan Dangal (Nitesh Tiwari, 2016), Aamir Khan kembali berkolaborasi dengan produser Kiran Rao untuk memproduksi Secret Superstar. Merupakan debut pengarahan bagi Advait Chandan – yang juga merupakan mantan manajer bagi Khan, Secret Superstar berkisah mengenai kehidupan seorang gadis bernama Insia Malik (Zaira Wasim) yang berasal dari sebuah kota kecil bernama Baroda di Gujarat, India, dan bermimpi untuk menjadi seorang penyanyi terkenal. Walau sang ibu, Najma Malik (Meher Vij), mendukung penuh mimpinya, namun sang ayah, Farookh Malik (Raj Arjun), yang memiliki pola pemikiran konservatif serta sering berlaku abusif, melarang keras Insia Malik untuk terlibat dalam segala kegiatan yang dinilainya tidak berguna. Atas saran sang ibu, Insia Malik lantas mengunggah rekaman video bernyanyi dirinya ke YouTube namun tetap dengan menyembunyikan wajah dan identitas aslinya. Tidak disangka, rekaman-rekaman video milik Insia Malik secara perlahan mulai memberikannya popularitas. Popularitas tersebut kemudian menarik perhatian seorang produser kenamaan, Shakti Kumar (Khan), yang berniat untuk mengajaknya rekaman. Namun, tentu saja, Insia Malik harus menghadapi hadangan sang ayah yang jelas menentang keras mimpi puterinya tersebut.

Mereka yang mengharapkan Secret Superstar untuk memiliki komposisi cerita yang setingkat dengan film-film yang dibintangi Khan sebelumnya seperti 3 Idiots (Rajkumar Hirani, 2009), PK (Hirani, 2014), dan Dangal, mungkin akan sedikit merasa kecewa dengan presentasi pengisahan film ini. Meskipun begitu, bukan berarti naskah cerita yang juga digarap oleh Chandan memiliki kualitas yang buruk. Secret Superstar memiliki formula sekaligus pengembangan cerita yang begitu familiar. Pada beberapa bagian, Chandan bahkan terasa tidak mampu untuk memberikan penceritaan yang benar-benar utuh. Namun, terlepas dari berbagai kelemahan tersebut, Chandan mampu menghadirkan narasi yang begitu memikat – baik dari plot cerita maupun karakter-karakter yang dihadirkan. Penonton dapat merasakan tekanan emosional yang dialami oleh karakter Insia Malik dan ibunya, Najma Malik, dan, di saat yang bersamaan, juga mampu merasakan kebahagiaan ketika mereka berhasil keluar dari rintangan-rintangan kehidupan mereka. Sederhana namun mampu disajikan dengan begitu menyentuh.

Sebagai sebuah film yang mengisahkan tentang usaha sang karakter utama untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang penyanyi terkenal, Chandan berhasil menyajikan Secret Superstar dengan deretan lagu-lagu yang kuat dalam merepresentasikan perjalanan emosional sang karakter. Dengan bantuan komposer Amit Trevedi dan Kausar Munir sebagai penulis lirik lagu, lagu-lagu yang hadir di sepanjang pengisahan film ini juga akan mampu bertahan di benak para penontonnya bahkan jauh seusai mereka menyaksikan film ini. Kualitas produksi film juga dihadirkan dengan berkelas. Penataan gambar film oleh Hemanti Sarkar berhasil menciptakan banyak momen dengan sentuhan emosional yang terjaga dengan baik. Begitu pula dengan penataan sinematografi dari Anil Mehta yang meskipun jauh dari kesan istimewa namun mampu mendukung atmosfer pengisahan yang cenderung terasa ringan.

Tentu saja, bintang utama film ini adalah penampilan prima dari para pengisi departemen aktingnya. Meskipun duduk di kursi pemeran pendukung – dengan penampilan di layar yang hanya mencapai kurang lebih selama 30 menit – Khan mampu menjadikan karakter Shakti Kumar miliknya menjadi begitu memikat. Walau kadang terasa komikal – dengan penampilan seperti versi parodi dari Simon Cowell – Khan berhasil menjadikan karakternya menjadi pusat perhatian setiap kali karakter tersebut hadir di dalam jalan cerita. Wasim – aktris remaja yang sebelumnya juga tampil bersama Khan di Dangal – juga hadir begitu memukau dengan perannya sebagai Insia Malik. Wasim menjadikan karakternya begitu mudah untuk menjalin koneksi emosional dengan setiap penonton. Chemistry yang ia hasilkan bersama pemeran sang ibu, Vij – yang juga tampil kuat sebagai sosok wanita dengan beban sekaligus luka emosional mendalam, dan juga bersama Tirth Sharma yang berperan sebagai karakter sahabat dekatnya, Chintan Parekh. Karakter sang ayah, Farookh Malik, yang diperankan Arjun juga mampu tampil sebagai sentuhan krusial bagi presentasi keseluruhan film ini. Kualitas departemen akting yang nyaris tanpa cela dan membuat Secret Superstar sebagai sebuah film yang mampu hadir dengan kesan yang kuat.

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.