Review

Info
Studio : 20th Century Fox
Genre : Drama, Adventure, Thriller
Director : Alejandro G. Iñárritu
Producer : Arnon Milchan, Steve Golin, Alejandro G. Iñárritu, Mary Parent
Starring : Leonardo DiCaprio, Tom Hardy, Domhnall Gleeson, Will Poulter

Kamis, 04 Februari 2016 - 17:53:07 WIB
Flick Review : The Revenant
Review oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2515 kali


Menonton ‘The Revenant’ itu seperti melihat koleksi gambar-gambar indah ala Instagram di layar lebar. Mengingat Emmanuel Lubezki bertugas sebagai D.O.P, maka gambar-gambar indah tadi tidak melulu untuk kepentingan visual, tapi juga memberi penekanan pada kedalaman cerita secara psikologis.

Tapi yang paling diuji mungkin adalah Alejandro González Iñárritu. Sutradara kenamaan ini diharuskan untuk tidak hanya menampilkan gambar indah, namun berplot tipis dengan kandungan filosofi jenerik.

'The Revenant’ menandakan kali pertama bagi Iñárritu untuk menulis naskah adaptasi, dan rasa-rasanya ia mampu menjawab tantangan dengan cukup baik.

Masalah mungkin film terasa sedikit berpanjangan. Elaborasi visual cantik tadi terkadang terkesan mengulur-ngulur waktu, ketimbang memberi dampak yang lebih signifikan. Terlepas dari itu, 'The Revenant’ adalah sebuah perjalanan spritual yang memikat.

Film diangkat buku berjudul sama tulisan Michael Punke yang terinspirasi dari kisah sosok nyata bernama Howard Glass di awal abad ke-19 yang harus terjebak dalam ganasnya alam berkat ketamakan manusia.

Leonardo DiCaprio memerankan sosok Glass dalam versi film. Sebagaimana biasa, DiCaprio memberikan penampilan akting yang intens dan penuh dedikasi. Saking intensnya, terkadang DiCaprio terlupa untuk membuat karakternya terasa lebih subtil. Sedang Tom Hardy sekali lagi menunjukkan kelasnya sebagai aktor watak masa kini.

Sepanjang alur 'The Revenant’ kita akan dibawa oleh dua aktor ini untuk menyusuri kelamnya hati manusia. Selain semangat untuk bertahan hidup, tentu saja. Keras, berbahaya, namun juga indah.

Untungnya, film tidak melulu bertutur layaknya drama kontemplasi-meditatif yang sunyi. Secara alur tetap mengikuti pakem fim thriller-petualangan dengan bumbu aksi yang suspensinya terjaga. Seharusnya bisa membuat film lebih gampang dicerna untuk siapa saja, tanpa harus menutup esensi atau moral cerita yang ditawarkannya.

Mungkin bukan film terbaiknya, tapi 'The Revenant’ dipastikan adalah satu film wajib tonton dari seorang Alejandro González Iñárritu.

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.