Review

Info
Studio : Showbox
Genre : Action, Drama, Thriller
Director : Choi Dong-hoon
Producer : Ahn Soo-hyun, Choi Dong-hoon
Starring : Jun Ji-hyun, Lee Jung-jae, Ha Jung-woo, Oh Dal-su, Cho Jin-woong

Senin, 07 September 2015 - 13:19:48 WIB
Flick Review : Assassination
Review oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 2230 kali


Berlatar tahun 1930-an saat Jepang menduduki Korea, Assassination menyoroti kiprah satu pasukan pejuang kemerdekaan yang dititahkan untuk membunuh Kawaguchi Mamoru (Shim Cheol-jong), Gubernur garnisun Jepang di Gyeongseong, dan Kang In-gook (Lee Geung-young), pebisnis Korea yang menjadi antek Jepang. Pasukan ini terdiri atas tiga orang yang masing-masing memiliki catatan kriminal, yakni penembak jitu Ahn Ok-yun (Jun Ji-hyun), lulusan sekolah militer Chu Sang-ok (Cho Jin-woong), dan spesialis bahan peledak Hwang Deok-sam (Choi Deok-moon). Ketiganya dipersatukan oleh seorang agen dari Pemerintahan Korea sementara, Yeom Seok-jin (Lee Jung-jae), di Shanghai. Dengan kemampuan mumpuni ditambah strategi terancang matang, misi yang dilakoni Ahn Ok-yun dan rekan-rekan ini seharusnya mudah untuk dieksekusi. Namun segalanya berbalik menjadi kekacauan besar tatkala terungkap bahwa salah satu diantara mereka ternyata mata-mata Jepang dan dia telah menyewa duo pembunuh bayaran kenamaan, Hawaii Pistol (Ha Jung-woo) dan Old Man (Oh Dal-su), guna menghabisi setiap anggota dari pasukan kecil ini. 
 
Mulanya rasa kepenasaran untuk mencicipi Assassination di layar perak muncul dilandasi oleh setidaknya tiga alasan; 1) dinahkodai oleh Choi Dong-hoon, pembesut gelaran lagablockbuster The Thieves, 2) Jun Ji-hyun, aktris cantik yang dikenal lewat My Sassy Girl danWindstruck, ditampilkan di garda terdepan, dan 3) dipirsa lebih dari 12 juta penonton yang menempatkan Assassination sebagai film terlaris di Korea Selatan pada tahun ini. Mengingat kolaborasi sebelumnya dari sang sutradara dan si aktris utama – ya, keduanya pernah berjumpa dalam The Thieves – menghasilkan sajian seru yang memperoleh sambutan hangat dari beragam pihak, maka ada pengharapan reuni ini melahirkan karya yang sama gregetnya (atau malah melampaui) terlebih topik pembahasannya terbilang cukup seksi menyoal kontribusi para antihero dalam kemerdekaan Korea. Dan untungnya, tidak ada pengkhianatan terhadap tingginya ekspektasi yang ditanamkan untukAssassination. Apabila ada padanan kata yang cocok untuk mendeskripsikanAssassination, maka itu adalah menghibur dan memuaskan. Choi Dong-hoon did it again! 

Hanya saja, untuk memperoleh kepuasan itu membutuhkan sedikit perjuangan serta, well, kesabaran. Dalam tiga puluh menit pertama penonton akan dijejali perkenalan kepada seabrek tokoh (sebagian besar mempunyai pengaruh besar ke pergerakan cerita) dan latar belakang persoalan yang tergolong cukup njelimet. Menuntut konsentrasi lebih – terutama jika dirimu seperti saya yang mengalami kesusahan menghafal nama plus wajah orang Korea – agar nantinya tidak tersesat di padatnya guliran pengisahan. Tergolong melelahkan, memang, namun jika kamu selamat melaluinya, ada kado manis siap menanti di menit-menit berikutnya. Si pembuat film pun tidak menunggu lama untuk mentraktir penonton yang otaknya mulai keriting. Terhitung semenjak Ahn Ok-yun dan tim menjejakkan kaki kembali di Korea, tensi perlahan-lahan mulai dinaikkan. Nafsu melahapAssassination terpantik dari pertemuan Chu Sang-ok dengan Hawaii Pistol, lalu berlanjut pada misi yang berlangsung kacau di pom bensin. Enerjiknya pergerakan kamera disambut penyuntingan gambar yang dinamis menlahirkan momen penahan nafas terlebih ada kejutan besar menanti Ahn Ok-yun! 

Dan ya, usai kegagalan Ahn Ok-yun dan tim dalam menunaikan misi yang berdampak Kawaguchi Mamoru mengetahui ada rencana pembunuhan ditujukan kepadanya,Assassination tidak pernah lagi santai dalam melantunkan tuturannya. Adrenalin dipacu sedemikian rupa melalui tempo penceritaan yang bergerak kencang dan berkelak-kelok sehingga penonton sulit untuk mengenyahkan pandangan dari layar bioskop walau hanya sedetik saja. Menyadari bahwa penonton akan lemas tak berdaya apabila dihapuskannya ruang guna menghela nafas penuh kelegaan, maka Choi Dong-hoon pun memberi taburan humor disana sini agar ketegangan sedikit tercairkan dengan tugas diembankan ke Cho Jin-woong, Choi Deok-moon Ha Jung-woo, dan Oh Dal-su. Berkat mereka, kita bisa tergelak di tengah-tengah suasana serba genting. Pergantian emosi secara silih berganti dari tegang menuju marah beralih ke terbahak lalu sedih untuk kemudian kembali tegang yang berlangsung selama menyimak Assassination merupakan bentuk kenikmatan menonton. Walaupun durasi mengalun panjang mencapai 140 menit, tidak sekalipun ada rasa jenuh menghampiri. Malah, keasyikkan semakin menjadi-jadi dari menit ke menit yang membuatAssassination layak dilabeli sebagai tontonan hiburan kelas wahid. Luar biasa seru!

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.