Review

Info
Studio : Saban Films
Genre : Crime, Drama, Thriller
Director : Philip Martin
Producer : Rob Carliner, Al Corley, Eugene Musso, Bart Rosenblatt
Starring : John Travolta, Christopher Plummer, Abigail Spencer, Jennifer Ehle, Tye Sheridan

Jumat, 01 Mei 2015 - 14:25:27 WIB
Flick Review : The Forger
Review oleh : Amir Syarif Siregar (@Sir_AmirSyarif) - Dibaca: 2914 kali


Dalam The Forger, John Travolta berperan sebagai seorang narapidana bernama Raymond Cutter yang meminta bantuan rekannya, Keegan (Anson Mount), untuk membebaskannya dari penjara agar dirinya dapat menemani puteranya, Will (Tye Sheridan), yang sedang menderita kanker. Keegan dengan senang hati membantu Raymond dengan cara menyuap jaksa yang menangani kasus pemalsuan barang-barang seni yang melibatkan Raymond. Namun, jelas, bantuan tersebut tidak diberikan Keegan secara percuma. Keegan lantas meminta Raymond untuk memalsukan lukisan Woman in Parasol karya pelukis tersohor asal Perancis, Claude Monet, sekaligus mencuri lukisan aslinya dari museum tempat lukisan tersebut sedang dipamerkan. Terjebak, Raymond justru kemudian mendapatkan bantuan dari ayahnya, Joseph (Christopher Plummer), dan puteranya sendiri agar dapat terlepas dari jeratan Keegan.

Merupakan debut penyutradaraan film layar lebar bagi sutradara Philip Martin, The Forger sebenarnya menyimpan potensi sajian cerita yang cukup menarik dan menyenangkan lewat tawaran premis mengenai tiga generasi yang saling bersatu untuk melakukan sebuah pencurian benda seni. Naskah garapan Richard D’Ovidio (The Call, 2013) sendiri juga mampu mengeksplorasi hubungan ayah dan anak yang terjalin antara ketiga karakter utamanya. Bukan sebuah penggarapan cerita yang benar-benar terasa segar dan baru namun tetap mampu menjadi poin paling menarik dalam jalinan kisah The Forger. Baik Martin maupun D’Ovidio sepertinya berusaha menjadikan The Forger sebagai sajian drama yang berkesan tangguh dan jauh dari rasa sentimental berlebihan – yang kadang membuat The Forger kurang mampu untuk mengangkat kedalaman hubungan emosional antara karakter-karakternya. Namun secara kesleuruhan, Martin mampu mengemas film ini sebagai sebuah drama keluarga yang baik.

Di sisi lain, The Forger sama sekali gagal untuk terlihat meyakinkan ketika film ini berusaha untuk mengangkat sisi heist movie dari dalam pengisahannya. Kisah karakter Raymond, Joseph dan Will Cutter yang menyusun rencana dalam usaha mereka untuk menembus jaringan keamanan sebuah museum guna mencuri sebuah lukisan Claude Monet terkesan hanyalah sebuah tempelan plot belaka akibat ketidakmampuan D’Ovidio untuk menggali konflik tersebut lebih dalam. Hasilnya, plot pencurian yang harusnya mampu menjadi highlight tersendiri bagi film ini di paruh ketiga penceritaan akhirnya harus tampil datar dan berlalu begitu saja. Beberapa keluhan mungkin juga muncul atas kurangnya penggalian kisah beberapa karakter pendukung yang sebenarnya memegang peranan penting pada karakter maupun jalinan kisah utama. Tidak sampai menjadikan The Forger tampil demikian buruk namun jelas terasa sebagai potensi yang terbuang dengan percuma.

Departemen akting The Forger sendiri tampil dengan kualitas yang memuaskan – meskipun harus diakui jauh dari kesan istimewa. Jelas rasanya tidak adil untuk melihat aktor sekaliber Christopher Plummer, Jennifer Ehle maupun Tye Sheridan – yang tampil sangat, sangat bersinar dalam The Tree of Life (Terrence Malick, 2011), Mud (Jeff Nichols, 2012) dan Joe (David Gordon Green, 2013) – hadir dengan kapasitas yang cukup terbatas dalam film ini. Pun begitu, disandingkan dengan penampilan Joe Travolta yang tidak mengecewakan, jajaran pemeran film ini setidaknya mampu menjadikan film yang dapat saja tampil dengan kualitas yang klise dan benar-benar buruk menjadi sebuah sajian drama sederhana yang cukup layak untuk disaksikan.

Rating :

Share |


Review Terkait :

Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.