News


Senin, 23 Januari 2023 - 17:41:00 WIB
Rapper Indonesia, Rich Brian, Luncurkan Debut Akting Melalui Film Indie Amerika, Jamojaya
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 120 kali

Rapper asal Jakarta, Indonesia, Brian Immanuel, atau yang lebih dikenal sebagai Rich Brian, rupanya tak merasa puas dengan karir musiknya yang sudah merambah dunia internasional. Musisi yang bernaung di basah label Amerika Serikat 88rising ini mengembangkan sayapnya dengan terjun ke dunia akting.

Ia meluncurkan debut aktingnya melalui sebuah film bertema coming-of-age garapan sutradara Justin Chon, Jamojaya. Film Indie ini baru saja melakukan premiere nya, tepatnya di tanggal 22 Januari lalu di Park City melalui perhelatan Sundance Film Festival.

Menurut pengamatan The Hollywood Reporter, Brian memberikan akting yang meyakinkan dalam film sebagai sensasi dunia musik yang terjun ke lingkungan baru, yang memang mengingatkan akan kehidupan nyatanya.

Lahir di kalangan keluarga kelas menengah di Jakarta Barat, Brian menempuh pendidikan secara homeschooling dan belajar bahasa Inggris dengan menonton Youtube dan mendengarkan lagu-lagu dari rapper asal Amerika Serikat.

Setelah coba-coba dengan berbagai kreasi content internet, Brian merekam lagu hip-hop pertamanya di usia 15 tahun dengan mengusung nama panggung Rich Chigga (yang kemudian diakuinya tercipta dari rasa naif dan kemudian disesali sebelum diubah menjadi Rich Brian).

Dengan cepat Brian meraih populeritas berkat lagu debut viralnya, ‘Dat $tick’, di tahun 2016 lalu (sampai sejauh ini telah mengumpulkan sekitar 209 juta views di Youtube).

Melesat cepat dari bukan siapa-siapa menjadi terkenal adalah yang dialami Brian di perjalanan karir global ya. Brian telah merilis dua album, meluncurkan tur dunia, dan tampil di berbagai festival musik kenamaan, termasuk Coachella.

Jamojaya mengadopsi pendekatan ini dengan berkisah tentang seorang rapper Indonesia viral bernama James (Brian) yang sedang mengerjakan album debutnya di Amerika Serikat di bawah naungan label besar di sebuah resor di kawasan Hawaii.

Turut bersama dirinya adalah sang ayah merangkap manajer (diperankan aktor watak Indonesia, Yayu Unru, yang aktingnya baru saja bisa disimak dalam serial HBO, The Last of Us).

Sang ayah masih berduka dengan kematian saudara laki-laki James dan enggan menyerahkan kendali akan karir sang putra. Saat James tenggelam dalam hutang dengan pihak labelnya, sang ayah bersikeras untuk hadir di setiap pertemuan sehingga sang rapper muda merasa malu.

Terjebak antara permintaan komersial yang keras dari industri musik dan juga pergulatan bersama sang ayah, James pun terpaksa harus menemukan suaranya sendiri.

Menurut Brian, persamaan karakter dirinya dan James hanya sebatas sebagai sensasi viral yang berkarya secara internasional, karena hubungan dirinya bersama sang ayahanda yang pengacara justru justru baik-baik saja, bahkan cenderung tidak ikut campur.

Meski begitu, Brian bisa merasakan bagaimana rasanya memasuki “dunia baru” yang berbeda dari kehidupan sebelumnya, meski dibandingkan James, ia mengaku lebih siap untuk itu.

Jamojaya adalah susulan debut Justin Chon melalui Gook di tahun 2017 lalu yang sukses memenangi Audience Award di Sundance.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.