News


Senin, 27 Juni 2022 - 19:16:23 WIB
Catatkan Sejarah, Elvis & Top Gun: Maverick Berbagi Posisi Juara Box Office
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 1587 kali

Dalam peristiwa yang jarang terjadi di sepanjang sejarah box office Amerika Utara, film biografi Elvis Presley, Elvis, dan Top Gun: Maverick, bersama menjadi juara di pekan ini.

Elvis, yang merupakan pendatang baru, memang harus bersaing dengan film-film juara pekan sebelumnya dalam mengincar posisi puncak box office. Ternyata yang menjadi pesaing utamanya adalah film sekuel yang dibintangi Tom Cruise tadi ketimbang juara pekan lalu, Jurrasic World: Dominion.

Persaingan Elvis dan Top Gun: Maverick memang sangat ketat dan hasilnya adalah seimbang, di mana masing-masing mendapatkan $30.5 juta di akhir pekan lalu. Meski begitu, Elvis tampaknya yang dinobatkan sebagai pengisi puncak box office, meski marginnya dengan Top Gun: Maverick memang tipis sekali.

Elvis yang bergaya drama musikal dan merupakan garapan Baz Luhrman mengambil posisi #1 box office di hari Jumat, 24 Juni. Namun film mundur ke posisi #2 di keesokan harinya alias Sabtu, 25 Juni. Terlepas dari siapa yang kemudian secara resmi menjadi penghuni #1, jelas ini adalah performa yang sangat kuat dari dua film ini.

Elvis debut dengan di atas ekspektasi sebelumnya, yaitu sekitar $25 juta saja. Jeff Goldstein, pimpinan distribusi Warner Bros., mengaku tidak begitu ambil pusing siapa yang akan menjadi penghuni posisi #1 atau #2, karena bagi mereka yang paling utama adalah angka yang didapat oleh film.

Secara umum, Elvis mendapatkan ulasan positif dari para kritikus, dengan rating rata-rata 6.8/10 di Rotten Tomatoes. Sedang para penonton sendiri memberikan nilai A- di CinemaScore. Sekitar 65% dari penonton datang dari kalangan usia 35 ke atas.

Sebenarnya Elvis dianggap sebagai film dengan risiko cukup tinggi: musik yang diusungnya cukup lawas, karakternya mungkin tidak terlalu familiar untuk penonton sekarang dan juga pemeran utama yang belum memiliki jejak rekam di box office. Tapi rupanya baik kritikus dan penonton awam memberikan tanggapan baik untuk pertunjukkan, musik, tarian dan sex appeal spektakuler ala Baz Luhrmann dalam Elvis sehingga film pun bisa sukses menjadi sebuah hits di pasaran.

Sementara itu, di pekan kelimanya Top Gun: Maverick masih tetap mampu mengangkasa tinggu. Setelah pekan sebelumnya turun ke posisi #3, kini ia naik kembali ke posisi teratas box office, atau tepatnya #2. Sejauh ini total pendapatan film secara domestik adalah $521.7 juta. Total pendapataan film juga sudah sukses melampaui markah “keramat” $1 miliar, mengingat pendapatannya dari pasar internasional adalah $484.7 juta. Ini adalah film Tom Cruise pertama yang sukses tembus $1 miliar.

Di posisi #3 adalah juara pekan lalu, Jurassic World: Dominion, yang mendapat tambahan sekitar $26.4 juta di pekan ketiganya.

Film rilisan baru lain, The Black Phone, debut di posisi #4 dengan $23.4 juta, juga melampaui ekspektasi sebelumnya. Film horor garapan Scott Derrickson dan dibintangi Ethan Hawke ini memiliki bujet hanya $18 juta saja, sehingga sudah meraih profit bahkan di pekan pertamanya saja.

Animasi terbaru Pixar, Lightyear, terdorong tiga peringkat ke posisi #5 di pekan keduanya. Film mendapatkan tambahan $17.7 juta dengan total domestiknya adalah $88.7 juta. Sedang secara internasional film mendapatkan $63.6 juta, sehingga total pendapatan global film sejauh ini adalah $152.4 juta.

Berikut 10 besar box office Amerika Utara untuk periode 24-26 Juni 2022:

  1. “Elvis” – $30.5 million
  2. “Top Gun: Maverick” – $30.5 juta
  3. “Jurassic World: Dominion” – $26.4 juta
  4. “The Black Phone” – $23.4 juta
  5. “Lightyear” – $17.7 juta
  6. “Doctor Strange in the Multiverse of Madness” – $1.7 juta
  7. “Jug Jugg Jeeyo” – $725 ribu
  8. “Everything Everywhere All at Once” – $533 ribu
  9. “The Bob’s Burgers Movie” – $513 ribu
  10. “The Bad Guys” – $439 ribu

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.