News


Jumat, 24 Juni 2022 - 22:29:22 WIB
Komposer John Williams Rencanakan Pensiun Selepas Indiana Jones 5
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 1603 kali

Siapa penikmat film yang tak mengenal John Williams? Seorang komposer legendaris yang telah mengerjakan komposisi musik latar untuk banyak film ikonik, seperti Jurassic Park, Star Wars, Harry Potter, Superman, E.T. the Extra-Terrestrial, Home Alone, Close Encounters of the Third Kind, Jaws, Indiana Jones, dan banyak lagi.

Setelah lebih dari 6 dekade lamanya berkarya, kini disebutkan jika pria berusia 90 tahun ini siap untuk menutup layar karirnya di dunia film. John berencana untuk pensiun selepas menyelesaikan tugasnya mengerjakan musik latar untuk film Indiana Jones 5.

Hal ini terungkap dalam sesi wawancaranya bersama Associated Press (AP) baru-baru ini. Tampaknya ia terpengaruh oleh keputusan aktor utama film tersebut, Harrison Ford, yang mengumumkan Indiana Jones sebagai film terakhirnya.

Jadi ia berfikir, jika Harrison (79) yang lebih muda dari dirinya saja bisa melakukan hal tersebut, mungkin ia juga bisa melakukan yang sama. AP memberi catatan jika Harrison sendiri sejauh ini belum memberikan pernyataan resmi tentang wacana pensiun dirinya.

Meski memiliki rencana untuk pensiun, namun kepada AP John juga mengungkap jika tidak ingin dipandang dalam "kategori mengeliminasi aktivitas apapun" dari rencana-rencana mendatangnya alias bisa dikatakan tentatif.

Meski nantinya John tidak lagi terlibat dalam pengerjaan musik latar film, tapi sang pemenang lima piala Oscar ini menegaskan jika dirinya tetap terlibat dalam dunia musik.

Ia dikabarkan sedang menulis sebuah concerto piano untuk Emanuel Ax menyusul perilisan album "A Gathering of Friends" bersama pemain cello kenamaan, Yo-Yo Ma. Dirilis di tanggal 20 Mei kemarin, album terdiri atas beberapa concerto cello dan aransemen baru dari skoring untuk film-film seperti Schindler’s List, Lincoln dan juga Munich.

Walau ada rencana pensiun, John menutup wawancaranya dengan semangat positif, terutama akan perkembangan dunia musik di masa depan yang kemungkinan besar tidak akan bisa disimaknya. Oleh karenanya ia berharap bisa tetap ada bahkan 100 tahun lagi agar bisa menyaksikan kemajuan dalam dunia film dan juga musik serta efek visual.

Film pertama yang musik latarnya dikomposisikan oleh John adalah Daddy-O di tahun 1958 lalu. Di beberapa dekade karirnya, ia telah berkolaborasi bersama banyak sutradara kenamaan, utamanya Steven Spielberg, selain juga Alfred Hitchcock, Brian De Palma, Robert Altman, George Lucas, Oliver Stone dan banyak lagi.

Film terakhir garapannya adalah Star Wars: Episode IX – The Rise of Skywalker (2019). Sedang dua film mendatangnya adalah The Fabelmans yang juga merupakan garapan Steven Spielberg dan akan dirilis di tahun 2022 ini serta Indiana Jones 5 garapan James Mangold yang akan dirilis di tahun 2023 mendatang.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.