News


Rabu, 24 November 2021 - 21:25:43 WIB
Hayao Miyazaki Akan Jeda Dari Masa Pensiun Untuk Mengerjakan Film Baru
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 267 kali

Sosok legendaris skena animasi dan pendiri Studio Ghibli, Hayao Miyazaki, baru saja mengungkap jika dirinya akan "keluar" dari masa pensiunnya untuk mengerjakan satu film lagi.

Telah dikonfirmasi oleh New York Times jika sineas dan animator yang kini berusia 80 tahun ini akan menggarap sebuah film berjudul How Do You Live? yang diangkat dari sebuah novel terbitan tahun 1937 karya Genzaburo Yoshino.

Miyazaki sebenarnya mengumumkan pensiun dari duni film di tahun 2013 lalu, namun kembali berkarya untuk menggarap sebuah film pendek untuk museum Ghibli.

Sang anak, GorĊ Miyazaki, yang mengikuti jejak sang ayah dengan menjadi sutradara film animasi, menyebutkan ia percaya jika Miyazaki kembali mengerjakan film karena "pada dasarnya membutuhkan mengkreasikan sesuatu untuk tetap hidup."

Saat ditanya oleh New York Times mengapa ia mengerjakan film lain lagi, Hayao menjawab sederhana dan lugas saja, "Karena aku mau."

Detil lebih lanjut untuk filmnya masih tersimpan rapat, namun produser dari Ghibli, Toshio Suzuki, menyebutkan jika How Do You Live? adalah "sebuah fantasi dalam skala yang besar."

Saat ditanya bagaimana ia menginterprestasi pertanyaan seperti "How Do You Live?" atau "bagaimana anda hidup?" ia menjawab ia mengerjakan filmnya karena justru tidak memiliki jawaban atas pertanyaan itu.

Film panjang terakhir Hayao Miyazaki adalah The Wind Rises yang dirilis di tahun 2013. Sepanjang karirnya ia telah mengerjakan 11 film panjang yang keseluruhannya adalah animasi. Film animasi panjang pertamanya adalah The Castle of Cagliostro (1979).

Film-film animasi Hayao Miyazaki, seperti My Neighbor Totoro (1988), Princess Mononoke (1997), Spirited Away (2001) atau (2008) kini dianggap sebagai bagian penting sejarah film dunia.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.