News


Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:58:26 WIB
Sinister Adalah Film Paling Seram Menurut Studi Ilmiah Terbaru
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2328 kali

Apa sih film paling seram sepanjang masa? Pasti jawaban setiap orang berbeda-beda. Bahkan bisa saja yang paling seram bagi seseorang, belum tentu seram untuk yang lainnya. Mengingat selera itu sifatnya subjektif, maka pastilah sulit untuk menemukan kata mufakat untuk menentukan judul mana yang paling seram.

Tapi rupanya ilmuan punya determinasi untuk menentukan film apa yang paling seram sepanjang masa. Sebagai bagian dari proyek studi ilmiah yang bernama proyek Science of Scare, disebutkan jika film horor rilisan 2012 garapan Scott Derrickson dan dibintangi Ethan Hawke, Sinister, sebagai film paling seram sepanjang masa, sebagaimana yang dilaporkan oleh Forbes.

Sinister menampilkan Ethan Hawke sebagai penulis kisah kriminil, yang bersama keluarganya pindah ke sebuah rumah yang pernah menjadi tempat pembunuhan mengerikan. Saat menyelidiki kasus tersebut, karakter yang diperankan Hawke menemukan banyak gulungan film lama yang berisi film snuff yang dipengaruhi unsur supernatural.

broadbandchoices — sebuah alat perbandingan untuk transaksi broadband – adalah yang menjalankan proyek Science of Scare tadi. Mereka mereka melacak "detak jantung 50 orang dari berbagai varian usia yang menonton lebih dari 100 jam film horor. Setelah semua pelacakan dilakukan, broadbandchoices kemudian mempersempit pilihan dalam sebuah daftar dari apa yang diyakini (secara ilmiah) sebagai 35 film paling menakutkan yang pernah dibuat."

Kemudian, untuk kepentingan penelitian tersebut, setiap subjek penelitian dilengkapi dengan monitor detak jantung untuk melihat seberapa besar (rata-rata) detak jantung mereka naik di atas detak jantung normal mereka di sepanjang film tayang. Semua data dirata-ratakan untuk setiap film, dan satu film keluar sebagai film paling menakutkan dari kelompok yang terpilih untuk diteliti.

Rata-rata detak jantung normal para peserta adalah 65 BPM, tetapi saat menonton Sinister, detak jantung rata-rata mereka naik hingga 86 BPM - peningkatan BPM tertinggi untuk siapa pun yang berpartisipasi dalam penelitian ini.

Meski begitu, film horor James Wan, Insidious, juga mendapat atensi lebih dalam penelitian tersebut, sehingga mendapatkan gelar "jump scare terbesar." Tepatnya di satu adegan tertentu, yang menyebabkan detak jantung peserta melonjak hingga 133 BPM. Laporan Forbes tidak menyebutkan apa adegannya, tetapi siapa pun yang telah menonton Insidious pasti tahu jika momen yang tak terlupakan dalam film adalah ketika iblis berwajah merah muncul di belakang karakter yang diperankan oleh Patrick Wilson.

Daniel Clifford, pencetus kajian ilmiah tersebut, menyebutkan jika studi Science of Scare ini dirancang untuk membantu orang dalam menemukan film paling menakutkan yang pernah dibuat secara ilmiah, untuk menghemat waktu mereka dalam mencari ribuan judul di berbagai layanan streaming seperti Amazon, Netflix, atau Shudder. Utamanya di masa Halloween ini.

Berikut infografis untuk judul-judul film horor paling seram menurut Science of Scare:


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.