News


Selasa, 22 September 2020 - 21:39:24 WIB
Meski BO Tak Terlalu Besar, Tenet Sukes Bertahan Di Tengah Pandemi
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 352 kali

Tenet secara resmi telah melampaui markah $250.1 juta dari peredarannya secara global. Hanya saja, dari total jumlah tersebut hanya sekitar $36.1 juta saja yang didapatkan dari penayangan di bioskop-bioskop Amerika Utara. Tambahan terbaru dari akhir pekan lalu untuk film karya Christopher Nolan ini adalah sebesar $4.6 juta (turun 26% dari pekan sebelumnya).

Film yang sudah lama ditunggu ini juga mulai tayang di beberapa pasar Asia dan sukses mengumpulkan tambahan sekitar $25 juta. Tenet debut di posisi #1 di Jepang dengan $4.3 juta, yang performanya boleh dikatakan didorong dengan penayangan ulang Dunkirk dan juga Interstellar. Sekitar $1.15 juta didapat dari penayangan di 38 bioskop IMAX.

Meksiko adalah daeraah lain di mana Tenet memiliki performa yang bagus di akhir pekan lalu. Sekitar 88% bioskop di negara tersebut sudah dibuka, sehingga mendorong Tenet untuk mendapatkan tambahan sekitar $850.000. Meksiko juga menjadi negara kawasan Amerika Latin pertama yang menayangkan Tenet.

Pasar lokal sendiri (Amerika Utara) memang masih berjuang di tengah pandemi virus Corona yang telah bercokol di lebih dari separuh tahun 2020 ini. Bioskop tradisional dan drive-in tetap buka, meski belum secara keseluruhan di setiap wilayah.

Bahkan di kota-kota yang bioskopnya telah buka, penjualan tiket masih belum menunjukkan angka yang menggembirakan mengingat sebagian orang masih ragu untuk pergi ke bioskop untuk menonton film. Pembukaan bioskop saat ini dianggap masih masa awal, sehingga dipercaya kondisi akan membaik jika sudah semakin banyak bioskop yang membuka lebar pintu mereka.

Kabar gembiranya, untuk pertama kali semenjak bulan Maret, ada 10 film yang tayang di bioskop-bioskop Amerika Serikat dan Kanada yang mampu meraup pendapatan lebih dari $100.000 dengan tingkat penurunan rata-rata adalah di bawah 30%, yang jelas masih di atas rata-rata.

Bukan berarti tidak ada kabar buruk juga: pilihan judul film baru yang tayang masih sangat terbatas, sehingga sulit menjaring penonton dari pasar usia dewasa. Bahkan untuk film-film yang tayang di jaringan khusus, seperti The Secret We Keep dan The Nest, juga gagal untuk mendapatkan penonton dewasa setidaknya dalam angka minimal.

Pandemi dan pilihan judul terbatas memang menjadi penghalang bagi pasar Amerika Utara untuk bisa kembali normal. Dan dengan situasi seperti sekarang, kemungkinan besar Tenet akan betah mempertahankan posisi juaranya di beberapa pekan mendatang. Setidaknya sampai Warner Bros. merasa cukup dan kemudian melempar film ke pasar VOD/streaming.

Berikut 10 besar box office Amerika Utara untuk akhir pekan lalu:

  1. Tenet - $4.6 juta 
  2. The New Mutants - $1.6 juta 
  3. Infidel - $1.5 juta 
  4. Unhinged - $1.3 juta 
  5. The SpongeBob Movie: Sponge on the Run - $210 ribu 
  6. The Personal History of David Copperfield - $150 ribu 
  7. The Secrets We Keep - $89 ribu 
  8. The Nest - $62 ribu 
  9. The Way I See It - $25 ribu 
  10. Foster Boy - $6.1 ribu

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.