News


Minggu, 30 Desember 2018 - 23:16:14 WIB
Bird Box Pecahkan Rekor Streaming Netflix
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 507 kali

Sudah bukan rahasia umum kalau platform streaming raksasa Netflix dikenal suka menyimpan rapat-rapat statistik jumlah penonton film atau serial mereka. Namun ternyata film termutakhir mereka, Bird Box, sukses besar sehingga Netflix merasa perlu untuk “memamerkan” jumlah penonton film horor ini di pekan pertamanya.

Melalui akun media sosial mereka, Netflix mengungkap jika film yang dibintangi Sandra Bullock tersebut telah memecahkan rekor jumpah penonton di 7 hari pertama, yaitu sebesar 45,037,125 penonton.

 

 

Dengan demikian Bird Box telah mengalahkan Bright, film fantasi arahan David Ayer dan dibintangi Will Smith, sebagai film orisinal mereka yang meraih jumlah penonton besar di sepekan pertamanya.

Bird Box yang merupakan hasil arahan sutradara asal Denmark pemenang Oscar, Susanne Bier (In A Better World) dan diangkat dari novel berjudul sama karya Josh Malerman. Sedang naskahnya ditulis oleh penulis peraih nominasi Oscar, Eric Heisserer (Arrival). Meski begitu, Heisserer sudah berpengalaman menulis naskah film-film horor, seperti remake A Nightmare On Elm Street, Final Destination 5, The Things, hingga Lights Out, sehingga Bird Box memang cukup kental nuansa horornya.

Film sukses menjadi bahan pembicaraan di media sosial semenjak dirilis pekan lalu. Bird Box dikenang karena tidak menampakkan sosok monsternya, tapi tetap mampu menghadirkan kengerian yang mencekam. Ditunjang pula dengan akting memikat para pemain yang terlibat, seperti Bullock, John Malkovich, Trevante Rhodes dan Sarah Paulson.

Meski mendapat tanggapan yang umumnya positif dari penonton, Bird Box sendiri cenderung mendapat ulasan beragam dari para kritikus (67% Rotten Tomatoes). Apalagi banyak yang membandingkan dengan A Quiet Place yang memiliki tema mirip. Sama-sama berlokasi pasca apokalips, jika dalam A Quiet Place karakternya harus senantiasa senyap jika tidak mau diserang sang monster, maka Bird Box mengharuskan untuk tetap menutup mata.

Meski ulasan kritikus kurang begitu positif, namun film mendapat banyak dukungan, tidak hanya penonton kebanyakan, namun juga sosok terkenal seperti pengarang novel horor legendaris, Stephen King, yang menganggap jika review medioker yang diterima film karena ia tayang di Netflix bukannya di layar lebar. Bahkan ada yang menyebut Bird Box sebagai film terseram yang pernah disaksikannya, seperti yang disebut Reese Witherspoon di akun media sosialnya.

 

 

Tanda lain jika Bird Box sangat populer jelang akhir tahun ini adalah dengan banjirnya meme yang memenuhi internet. Pencarian di media sosial akan menghasilkan puluhan (atau bahkan ratusan?) yang memparodikan filmnya. Tidak hanya itu, film juga memunculkan perdebatan dan teori di antara para netizen. Dan Bird Box hanya perlu 7 hari untuk mendapatkan “privilise” ini.

Sukses Bird Box memang mengejutkan, mengingat temanya yang gelap dan tidak sesuai dengan nuansa liburan akhir tahun atau Natal di mana biasanya orang mencari hiburan yang riang atau ringan-ringan saja. Mungkin orang sudah bosan menonton Home Alone atau Die Hard untuk kesekian kalinya? Bisa jadi. Yang pasti, dengan sukses Bird Box, Netflix kini harus menghadirkan film lain yang tak kalah menarik di akhir tahun depan. Atau sebuah sekuel mungkin?


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.