News


Minggu, 12 Agustus 2018 - 13:02:55 WIB
Academy Awards Umumkan Beberapa Perubahan, Tambahkan Kategori Film Populer
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2058 kali

Setiap tahunnya Academy Awards menangkap atensi jutaan orang dari seluruh dunia. Meski begitu, keluhan yang sering diajukan adalah betapa panjangnya durasi acara, yaitu antara tiga sampai empat jam. Mungkin karena itu, kini ajang penghargaan insan perfilman Amerika tersebut menawarkan kebijakan baru yang membuat penayangan acara nantinya hanya akan sekitar tiga sajam. Tidak hanya itu, akan ditambahkan kategori baru yang diniatkan untuk memberi penghargaan kepada “outstanding achievement in popular film”.

The Hollywood Reporter mengungkap tentang pesan yang dikirimkan kepada para anggota Academy guna mengumumkan beberapa perubahan di penayangan Oscar di masa mendatang. Sebagai tambahan setelah terpilih ulangnya John Bailey sebagai presiden, dewa telah menyetujui beberapa perubahan di penayangan mendatang Academy Award.

Academy akan mengupayakan penayangan Oscar hanya berlangsung selama tiga jam saja agar acara bisa lebih dinikmati oleh pemirsa dari berbagai belahan dunia. Artinya beberapa kategori tidak akan mendapat jatah diumumkan secara langsung. Sebaliknya mereka akan diumumkan dari Dolby Theatre selama jeda iklan berlangsung.

Yang paling menarik, Oscar mencoba menarik perhatian pemirsa yang lebih umum dengan membuat sebuah kategori baru yang akan menghargai prestasi yang dicapai oleh film populer (kemungkinan besar maksudnya adalah film-film pop atau blockbuster). Hanya saja, detil lebih lanjut tentang kategori ini, termasuk persyaratan agar bisa mendapatkan nominasi, masih belum diketahui.

Kategori ini justru memunculkan pertanyaan, jenis penghargaan apakah ini? Bisakah Oscar membuat kategori yang pemenangnya dipilih oleh publik seperti layaknya People’s Choice Awards? Jika memang bukan begitu, bagaimana mereka menentukan film mana yang “populer” dan mana yang tidak? Bisa jadi memang berbasiskan jumlah pendapatan box office film tersebut. Atau malah rating Rotten Tomatoes? Lantas, apa urgensinya perlu membedakan mana film “populer” dan mana yang tidak?

Sejauh ini belum ada jawaban untuk setiap pertanyaan tersebut, karena deskripsinya masih terlalu umum, meski penggunaan istilah “populer” memberi indikasi jika Academu sedang mencoba untuk merangkul penonton awam yang kemungkinan besar memang tidak begitu tertarik dengan Oscar karena biasanya ajang penghargaan ini hanya memberi anugerah kepada film-film arthouse atau indie yang relatif kurang dikenal publik.

Bisa jadi Academy belajar dari pengalaman lalu, saat The Dark Knight, yang dianggap banyak orang sangat layak mendapat nominasi film terbaik, justru gagal masuk. Hasilnya Academy kemudian mengubah bagaimana cara sebuah film agar bisa masuk daftar nominasi Best Pictures, sehingga ada tempat hingga untuk 10 film sekaligus.

Bisa jadi juga kategori baru ini dilakukan guna menghindari kritikan jika film seperti Black Panther (yang menurut banyak pihak layak) tidak masuk dalam nominasi Best Pictures. Dengan sistem baru ini, film akan tetap mendapat nominasi, entah di kategori populer atau yang standar.

Perubahan terakhir yang diumumkan oleh dewan Academy adalah pergantian tanggal berlangsungnya Oscar. Awaknya Academy Awards ke-92 akan berlangsung tanggal 23 Februari 2020, namun kini digeser menjadi 9 Februari 2020.

Meski begitu, Academy Awards ke-91 akan tetap ditayangkan pada Minggu, 24 Februari 2019.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.