News


Selasa, 19 Juni 2018 - 10:07:58 WIB
Jurassic World Fallen Kingdom Dominasi Box Office Tiongkok
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 1877 kali

Para fans di Amerika Utara memang masih harus menunggu beberapa hari lagi sebelum bisa menyaksikan Jurassic World: Fallen Kingdom. Namun film kelima dari franchise Jurassic Park ini sudah tayang luas secara global, termasuk negeri Tirai Bambu, Tiongkok.

Dan film aski-fantasi-fiksi-ilmiah ini ternyata mampu mendominasi box office negara tersebut dengan debut pembuka yang masif, yaitu sebesar $112 juta (RMB 795 juta). Sekitar $10 juta dari $112 juta tadi didapat dari penayangan di sekitar 520 bioskop IMAX, sebagaimana yang dilaporkan oleh Variety.

Ini merupakan pendapatan terbesar keempat film Amerika di Tiongkok, menyusul di belakang Transformers: The Last Knight (RMB 795 juta), Avengers: Infinity War (RMB 1.2 miliar), dan pemegang rekor sepanjang masa, The Fate of the Furious (RMB 1.3 miliar).

Fallen Kingdom mendapatkan 85% dari market share di pekan pembukanya, dengan posisi runner-up diisi oleh film lokal, sebuah aksi-komedi berjudul The Way of the Bug, yang mendapatkan $9.94 juta. Disusul oleh sebuah film Hong Kong berjudul The Leaker, yang mendapatkan $5.33 juta dan film animasi asal Eropa, The Seven Dwarf, dengan $1.87 juta.

Sukses ini merupakan "obat" selepas akhir pekan box office terburuk Tiongkok untuk tahun ini, di mana secara mengejutkan film drama  India, Toilet: Ek Prem Katha menyabet posisi juara dengan $9.09 juta. Di pekan keduanya, di pekan ini, film melorot ke posisi 8 dengan pendapatan kurang dari $1 juta.

Sementara itu, dari peredaran internasional Fallen Kingdom telah mendapat total sebesar $370 juta. Tentu saja akan terus bertambah, karena film juga baru akan ditayangkan di Argentina, Australia, Brazil, Kolombia, Czech Republic dan Slovakia pada tanggal 21 Juni. Sedangkan wilayah Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada baru akan bisa menyaksikan film pada tanggal 22 Juni. Pasar terakhir adalah Jepang, yaitu tanggal 13 Juli.

Sejauh ini film telah mampu menggandakan modal/bujet produksinya/bujet, $170  juta hanya dari pasar internasional. Dengan demikian Fallen Kingdom memiliki kesempatan besar untuk menjadi salah satu film terlaris di tahun 2018 ini.

Proyeksi awal menyebutkan Fallen Kingdom akan debut di Amerika Utara dengan pendapatan di antara $140 juta dan $150 juta. Meski tentu saja merupakan angka yang sangat besar, namun berada di belakang pendahulunya, Jurassic World, yang dibuka dengan $208.8 juta di tahun 2015 lalu.  Tentu saja karena sifatnya masih prediksi, maka bisa jadi pendapatan film dalam debutnya akan lebih besar atau malah jauh di bawahnya.

Universal Pictures sendiri sudah mengumumkan Jurassic World 3, yang akan mengembalikan sutradara Jurassic World, Colin Trevorrow, ke bangku pengarahan film. Trevorrow memang menulis naskah Jurassic World: Fallen Kingdom, bersama dengan mitra setianya, Derek Connolly, namun penyutradaraan jatuh kepada sineas Spanyol kenamaan, J.A. Bayona.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.