News


Selasa, 29 Mei 2018 - 23:59:58 WIB
Solo A Star Wars Story Kurang Bergaung Di Box Office
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 555 kali

Film rilisan Disney dan Lucasfilm, Solo: A Star Wars Storymerupakan satu-satunya film yang dirilis di akhir pekan lalu. Meski tentu saja film mampu menjuarai box office, namun sayangnya pendapatan film jauh di bawah ekspektasi sebelumnya.

Proyek awal film diperkirakan akan mendapatkan sekitar $110 juta di debutnya. Namun ternyata film hanya mampu mengumpulkan sebesar $88.3 juta saja secara domestik dan $65 juta dari peredaran internasional. Total pendapatan global film adalah $148.3 juta.

Sebenarnya Solo: A Star Wars Story memiliki awal yang baik saat dibuka di hari Kamis pekan lalu dengan pendapatan sebesar $14.1 juta. Dengan demikian film mencatatkan rekor baru untuk akhir pekan liburan Memorial Day. Memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Pirates of the Caribbean: At World’s End yang mendapatkan $13.2 juta di tahun 2007. 

Banyak yang yakin jika hal ini akan memberi dorongan dalam performa box office Solo di hari-hari berikutnya. Sayangnya, tidak demikian yang terjadi. 

Para pesaing Disney menyebutkan alasan mengapa film kurang berhasil di box office karena studio raksasa tersebut terlalu serakah dalam memerah franchise Star Wars sehingga tidak menyisakan jeda sedikitpun (Star Wars: The Last Jedi dirilis hanya sekitar 5 bulan lalu). 

Disebut-sebut jika saja film tayang di bulan Desember, sebagaimana film-film Star Wars sebelumnya, termasuk Rogue One: A Star Wars Story, maka Solo juga akan menuai sukses yang sama dengan menjadi film terlaris di tahun di mana mereka dirilis. 

Alasan lain adalah waktu tayang yang terlalu berdekatan dengan film-film raksasa lain, Avengers: Infinity War dan Deadpool 2, yang masih tayang dan masih mampu untuk menyedot penonton. Dipercaya pendapatan Solo akan mandeg di pekan mendatang mengingat akan hadirnya Jurassic World: Fallen Kingdom yang siap menyerbu bioskop-bioskop. 

Kalaupun Jurassic World: Fallen Kingdom juga kurang berhasil di pasaran atau di bawah ekspektasi, maka anggapan adanya “franchise fatigue” benar adanya dan sudah waktunya Hollywood memberi penyegaran pada film-film mereka. 

Deadpool 2 sendiri kini berada di posisi kedua dengan pendapatan sebesar $43.4 juta. Tepat di bawahnya adalah Avengers: Inifinity Wars yang mengumpulkan sebesar $17.4 juta. 

Berikut 10 besar box office Amerika Utara untuk periode 25-27 Mei 2018:

  1. “Solo: A Star Wars Story”  – $84,7 juta
  2. “Deadpool 2” – $43.4 juta
  3. “Avengers: Infinity War” – $17.4 juta
  4. “Book Club” –  $10 juta
  5. “Life of the Party” –  $5.3 juta
  6. “Breaking In” (2018)  – $4.2 juta
  7. “Show Dogs” – $3.2 juta
  8. “Overboard” (2018) – $3.2 juta
  9. “A Quiet Place” – $2.4 juta
  10. “RBG” – $1.2 juta



Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.