News


Kamis, 29 Maret 2018 - 20:18:09 WIB
Christopher Nolan Bawa '2001: A Space Odyssey' Ke Cannes
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2550 kali

Dalam rangka memperingati 50 tahun usianya, film klasik karya Stanley Kubrick, 2001: A Space Odyssey akan kembali tayang di bioskop. Tapi sebelumnya, film akan disajikan dalam versi 70mm baru di Cannes Film Festival mendatang, sebagaimana yang dilaporkan oleh Deadline.

Sutradara Dunkirk dan The Dark Knight, Christopher Nolan, akan bertugas membawa film ke festival film kenamaan tersebut. Istimewanya, ini akan menjadi kali pertama Nolan hadir di Cannes di sepanjang sejarah karirnya.

Nolan sendiri secara personal membantu Warner Bros. dalam melakukan cetak ulang 2001 dalam film baru. Pemutaran khusus 2001 rencananya akan berlangsung pada Sabtu, 12 Mei, sebelum film dirilis ulang di beberapa bioskop terpilih mulau tanggal 18 Mei. 2001 awalnya memang dirilis dalam 70mm di tahun 1968.

Warner Bros. dengan dibantu oleh Nolan, ingin memberi penonton modern pengalaman yang sama dengan penonton saat film dirilis. Kubrick merupakan salah satu pembuat film paling penting dalam sejarah, tapi 2001: A Space Odyssey merupakan film paling ikonik dari dirinya dan merupakan salah satu film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa.

Berikut pernyataan Nolan tentang keterlibatan dirinya dalam upaya menyajikan kembali 2001 dalam versi 70mm:

"One of my earliest memories of cinema is seeing Stanley Kubrick's 2001: A Space Odyssey, in 70mm, at the Leicester Square Theatre in London with my father. The opportunity to be involved in recreating that experience for a new generation, and of introducing our new unrestored 70mm print of Kubrick's masterpiece in all its analogue glory at the Festival de Cannes is an honour and a privilege."

Untuk pertama kali semenjak dirilis, versi 70mm 2001 untuk penayangan ulang ini langsung dicetak dari negatif kamera orisinal film. Ini merupakan rekreasi photochemical film sejati,

Menurut Cannes, tidak ada trik digital, efek remastered atau edit revisionis. Yang berarti 2001 akan tetap disajikan sebagaimana halnya saat dirilis di tahun 1968 yang lalu. Penoton masa kini akan mengalami pengalaman yang sama sebagaimana penonton saat film dirilis.

Pimpinan Cannes, Thierry Fremaux menyebutkan jiia Festival de Cannes sangat merasa bangga bisa menjadi pelaksana perayaan 50 tahun 2001: A Space Odyssey yang disebutnya sebagai film paling luar biasa dalam sejarah sinema. Sekaligus dalam rangka menyambut Nolan yang untuk pertama kali hadir di Cannes, yang kehadirannya menciptakan ikatan berharga antara masa lalu dan masa kini, yang tanpa hal tersebut sinema tidak akan memiliki sejarah.

 

 

Dalam rangka pemutaran ulang 2001: A Space Odyssey, sebuah poster baru juga akan dirilis, yang bisa dilihat di atas.

Sejauh ini  belum ada bagaimana bentuk perilisan ulang film di bioskop nantinya, tapi kemungkinan besar detilnya akan segera diungkap oleh Warner Bros.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.