News


Kamis, 06 Juli 2017 - 22:52:50 WIB
Versi 70MM 'Dunkirk' Akan Mendapat Rilisan Terluas Dalam 2 Dekade Terakhir
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2408 kali

Film Perang Dunia II karya Christopher Nolan yang sudah dinanti-nantikan, Dunkirk, akan dirilis di pekan ketiga bulan ini. Dan untuk versi 70mm untuk film ini akan dirilis dalam jumlah layar terbanyak untuk format ini dalam hampir 25 tahun terakhir ini.

Selama ini Nolan memang dikenal sangat memerhatikan efek visual untuk filmnya; mulai dari adegan pembajakan pesawat oleh Bane dalam The Dark Knight Rises hingga adegan café di Inception. Namun kemungkinan besar Dunkirk akan menjadi film paling ambisiusnya, apalagi Nolan terus menerus memompa dirinya untuk menghadirkan visual yang terbaik dengan memanfaatkan lokasi yang nyata dan penggunaan efek praktikal secara ekstensif.

Deadline melaporkan, alih-alih menggunakan kamera digital yang saat ini menjadi alat utama dalam produksi sebuah film, maka Nolan memfilmkan Dunkirk dalam resolusi maksimal dan akan ditayangkan di 125 bioskop. Dengan demikian penonton diharapkan bisa merasa berada tepat di tengah-tengah pertempuran intens yang terjadi di sepanjang film. Pre-order tiket untuk format 70mm telah dijual, sedangkan penjualan tiket secara umum dijual mulai Jumat ini, beberapa pekan sebelum perilisan film pada tanggal 21 Juli.

Dulunya 70mm merupakan format yang menjadi standar dalam menghadirkan film dengan resolusi gambar tinggu dan masih dianggap sebagai medium terbaik oleh beberapa sutradara seperti Nolan, Quentin Tarantiono atau Paul Thomas Anderson.

Tarantino merilis versi 70mm The Hateful Eight di sekitar 100 bioskop. Pemutaran ini mendapat perhatian yang besar karena membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk membangun kembali peralatan lama pemutar format 70mm agar bisa digunakan. 

Dunkirk difilmkan di format IMAX 65mm dan akan dicetak pula dalam versi 70mm, sebuah praktek yang dulunya cukup awam di sejarah Hollywood. Format 70mm disebut-sebut menghasilkan gambar yang lebih tajam dan lebih hangat dibandingkan digital. Beberapa orang bahkan membandingkan kualitas gambarnya dengan lukisan. 

Dunkirk dalam versi Nolan akan memberi fokus pada salah satu pertempuran Perang Dunia II di tahun 1940 antara Sekutu dengan Nazi Jerman. Dunkirk merupakan bagian dari Pertempuran Prancis di Garda Barat dan diniatkan untuk mempertahankan dan mengevakuasi tentara Inggris dan Sekutu di Eropa. 

Film dibintangi oleh Tom Hardy, Mark Rylance, Cillian Murphy, Fionn Whitehead dan bintang One Direction yang mengembangkan karir ke akting, Harry Styles. Nolan sangat mengusahakan agar film direkam dengan menggunakan kamera film 2D IMAX dalam kualitas resolusi yang sangat tinggi agar bisa memanfaatkan format 70mm dengan maksimal. 

Kabarnya, dibutuhkan biaya sebesar $11 juta untuk menyediakan proyektor untuk pemutaran The Hateful Eight dan sebagai tambahan untuk bioskop IMAX baru yang bisa memutar format 70mm, Dunkirk akan memanfaatkan proyektor yang digunakan dalam pemutaran The Hateful Eight.

Beberapa proyektor telah dibuang karena memang sulit untuk dioperasikan dan banyak bioskop tidak memiliki SDM yang bisa menangani proyektor tersebut dengan baik. 

Untuk kasus Dunkirk, menarik untuk mengetahui seberapa banyak calon penonton yang akan memilih pemutaran dalam format 70mm ini guna mendapatkan pengalaman visual beresolusi tinggi dan menyimak film sebagaimana yang diniatkan Nolan saat membuatnya. Sejauh ini memang terlihat menjanjikan.

Berikut trailer untuk versi 70mm dan juga barisan poster untuk Dunkirk:

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.