News


Selasa, 04 April 2017 - 22:12:10 WIB
Warner Bros. Dituntut $900 Juta Gara-Gara 'The Conjuring'
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2727 kali

Seorang pengarang bernama Gerald Brittle, yang sebelumnya pernah menulis buku tentang para demonologis, Ed dan Lorraine Warren, memutuskan menuntut Warner Bros. sebesar $900 juta karena seri The Conjuring rilisan mereka, seperti yang dilaporkan oleh THR. 

Brittle menerbitkan sebuah buku berjudul The Demonologist di tahun 1980 yang berkisah tentang berbagai kasus yang ditangani oleh pasutri paranormal Ed dan Lorraine Warren. Pasangan ini merupakan penyelidik dengan metode tersendiri dalam sejumlah kasus "penampakan" populer seperti Amityville dan Enfield.

Film horor sukses karya James Wan yang dirilis di tahun 2013, The Conjuring, menampilkan Ed dan Lorraine - diperankan Patrick Wilson dan Vera Farmiga - sebagai karakter utama yang menangani kasus keluarga Perron, yang sebelumnya juga terdokumentasi dalam buku tulisan Brittle.

Sekarang Brittle menuntut Warner karena mengklaim memiliki hak eksklusif untuk "mengkreasi karya yang berasal dari kasus-kasus keluarga Warren", yang diperolehnya dari pasangan tersebut di tahun 1978, sebelum menerbitkan bukunya.

Oleh karena itu, Brittle berargumen jika Lorraine (Ed telah meninggal dunia di tahun 2006) tidak memiliki hak untuk memberikan Warner izin untuk mengfiksionalisasi kasus-kasus mereka.

Tidak hanya itu. Brittle mengajukan pernyataan jika setelah mendapatkan sebuah hak kekayaan intelektual sebelum The Conjuring 2, Warner menyebutkan tidak mengapa bagi mereka untuk membuat filmnya, karena berdasarkan "fakta historis" dan bukan berdasarkan materi yang terdapat dalam The Demonologist.

Dan di sinilah sumber masalahnya, karena Brittle menyebut pernyataan tersebut adalah omong kosong.

Dalam tuntutan hukumnya, Brittle menyebutkan jika sebagian besar dari apa yang pasangan Warren klaim terjadi di keluarga Perron, dan banyak kasus lain, ternyata tidak terjadi sebagaimana yang mereka sebutkan. Jadi, bagaimana mungkin bisa disebut sebagai "fakta historis".

Seperti yang disebutkan tuntutan hukum Brittle, tidak ada fakta historis bahwa pernah ada penyihir yang berdiam di rumah peternakan milik keluarga Perron, termasuk penyihir yang menggantung diri, kerasukan, penyembahan Setan atau sesajen anak-anak.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh The AV Club, tidak akan sulit bagi Brittle membuktikan jika James Wan, sang sutradara dua film The Conjuring, pernah membaca bukunya, karena ada bukti otentik berupa kicauan Twitter Wan di tahun 2011 yang menyebutkan The Demonologist merupakan salah satu buku terseram yang pernah dibacanya:

 

 

Dalam tuntutan hukumnya Brittle mengajukan kerugian materiil serta perintah untuk mencegah pembuatan film di masa mendatang yang berdasarkan atas kasus-kasus keluarga Warren. 

Perwakikan Warner sendiri menyebutkan belum mendapat panggilan ke pengadilan atas kasus ini dan menolak untuk memberi komentar lebih lanjut. 

Sementara itu, masih akan ada beberapa film lagi dalam franchise The Conjuring yang akan tayang di bioskop. Annabelle: Creation akan tayang di bulan Agustus 2011, sementara The Nun juga tengah disiapkan. Begitu juga dengan The Conjuring 3.

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.