News


Jumat, 03 Februari 2017 - 01:15:06 WIB
Sutradara 'Arrival', Denis Villeneuve, Akan Sutradarai Remake 'Dune
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2675 kali

Selepas sukses Sicario dan, tentu saja, Arrival, nama sutradara asal Kanada, Denis Villeneuve, semakin terangkat di peta perfilman internasional. Dan Hollywood pastinya. 

Setelah sempat dikabarkan menjadi calon kuat kandidat sutradara The Batman untuk menggantikan Ben Affleck, tampaknya film DC Comics tersebut harus mencoret nama Denis dari daftar, karena sudah dikonfirmasi jika proyek terbarunya adalah adaptasi dari novel fiksi-ilmiah klasik, Dune (1965), tulisan Frank Herbert.

Novel ini sebenarnya sudah pernah beberapa kali diniatkan untuk diangkat menjadi sebuah film layar lebar. Yang pertama adalah di tahun 1971, dengan David Lean (Doctor Zhivago, Lawrence of Arabia) ditargetkan menyutradarai.

Kemudian di tahun 1974, dengan sutradara eksentrik Alejandro Jodorowsky, yang berniat menjadikan adaptasinya sebagai film sepanjang 10 jam. Sayangnya proyek ambisius ini juga gagal terjadi. Kronologi tentang pembuatan Dune versi Jodorowsky bahkan menjadi subjek dari sebuah film dokumenter rilisan 2013, Jodorowsky's Dune. Sutradara kenamaan lain yang sempat terlibat untuk mengadaptasi Dune berikutnya adalah Ridley Scott yang sayangnya juga tidak berhasil terwujud.

Akhirnya, setelah hampir 20 tahun setelah diterbitkan dan beberapa upaya adaptasi film yang gagal, Dune pun bisa menghiasi layar lebar di bawah kendali sutradara ikonik, David Lynch, di tahun 1984. Lynch sebelumnya mendapat tawaran untuk mengarahkan Return of the Jedi, namun ia memilih untuk menyutradarai dan menulis naskah Dune, meski belum pernah membaca bukunya atau tertarik mengerjakan film fiksi-ilmiah.

Meskipun Herbert menyukainya dan menganggap versi Lynch sukses menyampaikan simbolisme dan kedalaman bukunya, Dune mendapat ulasan yang kurang bagus dari kritikus dan gagal di pasaran. Bahkan Lynch sendiri cenderung mengambil jarak dengan filmnya, dengan menyebut tekanan yang besar dari produser dan pemodal yang membatasi cita rasa artistiknya sebagai alasan. Sejalan dengan berjalannya waktu, Dune yang dibintangi oleh Sting, Kyle MacLachlan, Max Von Sydow, Sean Young dan Brad Dourif ini terbukti menjadi salah satu film cult dengan penggemar yang cukup masif. 

Kini, sebagaimana trend remake film klasik di Hollywood, Legendary Pictures akan menghadirkan film remakenya. Keterlibatan Villeneuve dikonfirmasi oleh putra Herbert, Brian, melalui akun Twitternya:

 

 

Villeneuve sendiri tampaknya semakin gandrung dalam mengerjakan film-film bertema fiksi-ilmiah. Setelah Arrival, yang memberinya sebuah nominasi untuk kategotri sutradara terbaik di Oscar tahun ini, ia mengarahkan sekuel dari film fiksi-ilmiah klasik lain, Blade RunnerBlade Runner 2049, demikian judulnya, kembali dibintangi oleh Harrison Ford serta Ryan Gosling (La La Land) dan akan dirilis di bulan Oktober mendatang.

Sebelum Villeneuve, beberapa sutradara yang menjadi calon kuat untuk terlibat adalah Ridley Scott (lagi) dan Peter Berg (Deepwater Horizon, Patriot's Day).




Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.