News


Selasa, 17 Januari 2017 - 17:04:07 WIB
'Hidden Figures' Sukses Dominasi Box Office Amerika Utara
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2954 kali

Selamat tinggal Rogue One: A Star Wars Story, yang akhirnya harus lengser dari posisi juara box office Amerika yang dihuninya selama beberapa pekan terakhir. Lantas, siapakah yang menggantikannya?

Akhir pekan lalu ditandai dengan perilisan banyak film besar dari bintang atau sineas besar pula, seperti Live by Night yang dibintangi dan disutradarai oleh ben Affleck. Ada pula epik religi Martin Scorsese, Silence, yang dibintangi oleh Liam Neeson, Andrew Garfield dan Adam Driver.

Namun film-film ternyata gagal untuk memiliki performa yang gemilang di box office dan dikalahkan oleh sebuah film yang di atas kertas tidak memiliki prospektif untuk mendulang sukses, yang berkisah tentang tiga perempuan berkulit hitam  ahli matematika yang bekerja di NASA di era 1960-an.

Film tersebut berjudul Hidden Figures dan dibintangi oleh Taraji P. Henson, Octavia Spencer dan Janelle Monáe. Didukung pula oleh Kevin Costner, Kirsten DunstJim ParsonsGlen Powell, serta aktor yang tengah dibicarakan namanya berkat aktingnya dalam salah satu film calon Oscar tahun ini, Moonlight, Mahershala Ali.

Di pekan yang bertepatan dengan hari libur Martin Luther King Jr., Hidden Figures mengumpulkan sebanyak $20.5 juta, naik satu peringkat dari posisi 2 di pekan sebelumnya. Sejauh ini film telah mengumpulkan sebanyak $59.6 juta.

Dengan berkuasanya Hidden Figures, maka Rogue One tergeser ke posisi 4 dengan $13.8 juta.


Selain Hidden Figures, film lain yang juga merambat naik adalah film musikal yang baru saja menyabet bersih 7 buah piala Golden Globe, La La Land. Pekan lalu ia berada di posisi 5 dengan torehan pendapatan sebesar $10 juta. Namun sepekan kemudian, ia naik beberapa tingkat sekaligus ke posisi dua dan mengumpulkan pendapatan sebanyak $14.5 juta.

Untuk peredaran internasional, La La Land yang dibintangi pasangan serasi Ryan Gosling dan Emma Stone ini sudah mendapatkan sebanyak $132 juta dan kemungkinan besar akan terus bertambah.di pekan mendatang, mengingat film sepertinya sudah mulai mendapatkan momentumnya di musim penghargaan ini. Dipercaya jika film arahan Damien Chazelle ini juga akan beribicara banyak di ajang Oscar mendatang.

Bagaimana dengan dua film baru di atas? Ternyata mereka harus menyerah pasrah menemui kegagalan di debutnya. Live By Night dan Silence gagal untuk masuk ke jenjang 10 besar.

Live By Night hanya mengumpulkan $5.4 juta. Sebenarnya ini cukup menggiriskan mengingat film tayang dengan jumlah layar ang cukup besar, yaitu sebanyak 2.471 bioskop. Sedang Silence mendapatkan total pemasukan sebesar $1.9 juta saja dari penayangan di 737 layar. 

Namun kegagalan yang paling telak mungkin didapat oleh film fantasi-komedi Monster Truck. Meski debut di posisi 7, film hanya mendapatkan $10.5 juta. Sedangkan bujet produksi memang cukup besar, $125 juta, sehingga banyak pengamat yang pesimis jika film akan bisa mengembalikan modalnya, apalagi menarik keuntungan. 

Berikut 10 besar box office Amerika Utara akhir pekan lalu:

  1. "Hidden Figures" - $20.5 juta
  2. "La La Land" - $14.5 juta
  3. "Sing" - $13.81 juta
  4. "Rogue One: A Star Wars Story" - $13.8 juta
  5. "The Bye Bye Man" - $13.4 juta
  6. "Patriots Day" - $12 juta
  7. "Monster Trucks" - $10.5 juta
  8. "Sleepless" - $8.5 juta
  9. "Underworld: Blood Wars" - $5.6 juta
  10. "Passengers" - $5.6 juta




Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.