News


Kamis, 05 Januari 2017 - 21:20:00 WIB
'Deadpool' Terpilih Sebagai Salah Satu Nominee WGA 2017
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 2923 kali

Memasuki Januari 2017, beberapa ajang penganugerahan film dan televisi besar sudah mengumumkan daftar nominasi serta nominee-nya. Jika menarik kesimpulan umum, maka judul-judul seperti La La Land, Moonlight dan Manchester by the Sea merupakan beberapa film yang tampak mendominasi.

Tiga film ini bahkan sudah menjadi pemain terdepan untuk berkiprah di ajang Oscar mendatang, meskipun faktanya Academy Awards sama sekali belum menggumumkan siapa dan apa saja nominee mereka untuk tahun ini. Memang tak bisa dinafikan film-film yang sudah mendapatkan hype atau momentum di berbagai acara penganugerahan lain cenderung memiliki kans yang besar pula di Oscar.

Jadi, sama sekali tidak mengherankan jika  La La Land, Moonlight dan Manchester by the Sea pun terpilih sebagai salah satu nominee di Writers Guild Awards untuk tahun ini, yang nominasinya baru saja diumumkan. Sebagai tambahan, Fences dan Arrival juga berkesempatan untuk membawa pulang di anugerah yang mengkhususkan diri pada bidang penulisan naskah film ini. 

Hanya saja, ada kejutan pula yang disajikan oleh WGA tahun ini, dimana film superhero slengean berating dewasa yang merain sukses besar tahun lalu, Deadpool, tercatat sebagai salah satu nominee. Tepatnya untuk kategori  Best Adapted Screenplay, mengalahkan calon-calon yang sebelumnya diperkirakan akan masuk di dalamnya, seperti Silence, Sully atau Hacksaw Ridge

Hadirnya Deadpool ini memang memberi warna tersendiri, mengingat judul-judul lain memang sudah diperkirakan akan mendapatkan nominasi. Hanya saja, mungkin jangan terlalu berharap banyak jika Deadpool akan membawa pulang pialanya, mengingat saingan-saingannya cukup berat, seperti Arrival, Fences, Nocturnal Animals dan Hidden Figures.

Jika naskah Deadpool pun bisa menembus Oscar, berarti bisa jadi ia akan melawan "musuh" yang lebih berat lagi, seperti Moonlight dan Loving, yang meski oleh WGA ditempatkan di Best Original Screenplay. Ini terjadi karena baik WGA dan Academy Awards memiliki peraturan berbeda tentang apa yang masuk dalam kategori orisinal atau adaptasi. 

Ini bukan kali pertama WGA menghadirkan nominee yang "berbeda" dan berasal dari kalangan superhero, karena di tahun 2015 lalu Guardians of the Galaxy juga mendapatkan nominasi di kategori yang sama. 

Para pemenang WGA akan diumumkan pada Minggu, tanggal 9 Februari 2017.

Berikut nominasi untuk kategori film, seperti yang dikutip dari slashfilm:

Original Screenplay

  • Hell or High Water, written by Taylor Sheridan
  • La La Land, written by Damien Chazelle
  • Loving, written by Jeff Nichols
  • Manchester by the Sea, written by Kenneth Lonergan
  • Moonlight, written by Barry Jenkins, story by Tarell McCraney

Adapted Screenplay

  • Arrival, screenplay by Eric Heisserer, based on the story “Story of Your Life” by Ted Chiang
  • Deadpool, written by Rhett Reese & Paul Wernick, based on the X-Men comic books
  • Fences, screenplay by August Wilson, based on his play
  • Hidden Figures, screenplay by Allison Schroeder and Theodore Melfi, based on the book by Margot Lee Shetterly
  • Nocturnal Animals, screenplay by Tom Ford, based on the novel Tony and Susan by Austin Wright

Documentary Screenplay

  • Author: The JT LeRoy Story, written by Jeff Feuerzeig
  • Zero Days, written by Alex Gibney
  • Command and Control, telescript by Robert Kenner and Eric Schlosser, story by Brian Pearle and Kim Roberts, based on the book Command and Control by Eric Schlosser


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.