News


Rabu, 07 Desember 2016 - 12:24:43 WIB
Asia TV Forum & Market (ATF) dan ScreenSingapore 2016 Resmi Dibuka!
Diposting oleh : Titis Sapto Raharjo (@titisapto) - Dibaca: 3512 kali

Asia TV Forum & Market (ATF) dan ScreenSingapore 2016, salah satu pusat konten hiburan dan konferensi terbesar di Asia secara resmi diluncurkan pagi ini oleh Mr Chee Hong Tat, Menteri Negara Kementerian Komunikasi dan Informasi dari Singapura di Marina Bay Sands.

Menjadi bagian dari Singapore Media Festival (SMF), ini menandai edisi ke-17 ATF dan edisi ke-6 ScreenSingapore. Sejalan dengan tema tahun ini "Konten pada setiap layar", pada bagian market akan menampilkan persembahan terbaru di TV, film dan media digital. Bersamaan, tokoh-tokoh industri akan jauh-menyelam ke dalam tren terbaru di konferensi, melengkapi delegasi dengan wawasan terbaru yang akan memungkinkan mereka untuk tetap update pada gerakan industri.

Lebih dari 5000 peserta dari seluruh dunia diharapkan untuk hadir selama 3 hari dari 6-9 Desember 2016, untuk bertukar wawasan dan memperoleh pengetahuan sementara mengamankan peluang untuk membeli, menjual, mendistribusikan konten dan bahkan bekerjasama antar negara.

"ATF dan ScreenSingapore 2016 sekali lagi menghadirkan orang-orang paling penting dan berpengaruh di TV, film dan media digital. Dengan beberapa elemen yang baru disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan industri, kami berharap dalam pasar selama 3 hari akan diramaikan dengan aktivitas, diskusi seperti ketat dan pengetahuan pertukaran berlangsung di konferensi. Ditambah dengan jaringan yang luas dan kemungkinan kerjasama antar Negara yang berlangsung selama empat hari, kami sangat gembira untuk memainkan peran penting dalam memajukan industri konten di Asia, "kata Yeow Hui Leng, Direktur Proyek Senior di ATF dan ScreenSingapore, Reed Exhibitions.

Partisipasi yang kuat, konten yang menarik untuk memenuhi kebutuhan industri yang dinamis. 

Pasar ATF dan ScreenSingapore adalah yang terbesar sampai saat ini, dengan 738 perusahaan ikut serta mewakili brand dan studio besar di Asia termasuk CBS Studios Internasional, Disney, Twentieth Century Fox Television Distribution Inc, MGM Seluruh Dunia Televisi, NBC Universal Television, Paramount Pictures, Sony Pictures Television dan Warner Bros International Television. Perusahaan yang ikut serta untuk pertama kalinya termasuk Jaringan Discovery Asia Pasifik, Russia Today, Scripps Networks Interaktif, Signal Media dan Sky Vision. Selain itu, ATF dan ScreenSingapore juga menyambut paviliun baru dari Kanada, Korea (Asia CGI Animation Center, KCA - Korea Communications Agency, Rapa - Korea Radio Promotion Association), Spanyol (Audiovisual dari Spanyol) dan Turki (Istanbul Chamber of Commerce). Secara total, ada 21 paviliun resmi yang mewakili Australia, Kanada, Cina, Perancis, Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Taiwan, Turki dan Inggris.

Dengan virtual reality (VR) sudah merambah di berbagai platform konten, ATF dan akan ScreenSingapore memperkenalkan Digital @ ATF di market. Zona baru ini memperkenalkan Digital Corridor, showcase dari konten terbaru dan paling inovatif yang di-support oleh teknologi ini. Juga di zona ini akan ada showcase dari VR & Transmedia, dimana konten VR yang sudah memenangkan berbagai penghargaan seperti ‘Notes on Blindness: Into Darkness’ dan ‘I, Philip’.

Selain konten terbaru dan terkini dari seluruh dunia, ATF dan ScreenSingapore akan menghadirkan insight dari lebih 90 pakar di industry TV, Film dan Digital Media. Pada 9 Desember 2016, ScreenSingapore akan mengumpulkan 30 filmaker dari Asia Tenggara untuk mengatasi masalah masa kini yang dihadapi oleh pembuat film di wilayah ASEAN. Bertema "The New Independent: Producing for a Globalised Film Economy", konferensi Southest Asian Film Financing (SAFF) akan memfokuskan topik pada film financing, strategi untuk mencapai return-on-investment, tips untuk pitching dan trend dalam industri regional. Konferensi ini akan dibawakan oleh Kathy Morgan, Executive Producer dari pemenang Academy Award, The Danish Girl yang akan membawakan closing keynote dengan tema: ‘Producer or Distributor: The Sales Agent in Hollywood and the World’. 

Untuk memfasilitasi pertukaran idea dan bakat antar internasional dan  Asia, ATF and all3media Internasional telah memperkenalkan ATF Format Pitch yang pertama. Kompetisi pitching Asia ini adalah wadah untuk menghubungkan produser yang berdomisili di Asia dan project mereka yang masih bersifat in-development dengan investor dan partner co-produksi. 

Dari peserta yang ikut berasal dari Australia, China, Hongkong, India, Malaysia, Singapore, Taiwan, Ukraina dan USA. Lima finalist akan dipilih untuk mengikuti sesi penjurian terbuka pada tanggal 8 Desember 2016. Pemenang akan mendapatkan uang sebesar S$20,000 dari all3media International, yang terdiri atas S$3,500 uang tunai dan paket konsultasi senilai S$16,500, yang khusus disiapkan untuk pemenang dalam mengembangkan format mereka agar bisa dipitch ke pihak penyiaran. 

Menyusul sukses edisi pertamanya, SAF Project Market yang kedua telah merilis shortlist untuk beberapa proyek film panjang yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendanaan, distribusi dan kolaborasi agar film-film ini bisa terealisasi. Kompetisi pitching ini merupakan kerjasama antara ScreenSingapore, SAAVA dan TTB, serta didukung oleh Asia-Europe Foundation (ASEF). Untuk tahun ini, program akan menampilkan fitur Malaysia Spotlight yang akan memberi fokus pada lima proyek asal Malaysia. Lebih dari 100 pendaftar datang dari berbagai negara Asia Tenggara. Juri telah memilih 15 proyek yang berasal dari Kamboja, Indonesia, Malaysia, Singapora, Thailand, Filipna dan Vietnam yang masuk dalam shortlist. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 9 Desember 2016. Untuk Indonesia terpilih projek berjudul ‘The Cat and The Fish’ dengan produser Sabrang Mowo Damar Panuluh, Dewi Umaya dan Allen Jordan, disutradarai oleh Agung Sentausa.

Semua event ATF dan ScreenSingapore 2016 bertempat di Sands Expo dan Convention Center, Marina Bay Sands, Singapore dari 6-9 Desember 2016. Informasi lebih lanjut di: www.asiatvforum.com


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.