News


Kamis, 20 Oktober 2016 - 19:27:57 WIB
Tokyo International Film Festival Beri Penghargaan Bagi Martin Scorsese dan Kiyoshi Kurosawa
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 1592 kali

Seperti eksistensi Samurai dalam budaya Jepang, sejak perhelatan ke-27-nya di tahun 2014, Tokyo International Film Festival (TIFF/TIFFJP) merasa perlu memberikan penghargaan spesial bagi insan-insan film veteran yang terus berpartisipasi menciptakan karya-karya groundbreaking dalam memberi jalan ke era baru sinema dunia.

Penghargaan khusus yang mereka namakan Samurai Award ini di penyelenggaraan perdananya diberikan pada sineas/aktor Jepang Takeshi Kitano dan sutradara Tim Burton yang kala itu membawa filmnya, Big Eyes dalam gelaran promosi di Tokyo.

Di tahun kedua, Samurai Award mereka persembahkan untuk sutradara Jepang Yoji Yamada dan sineas internasional John Woo yang juga mengisi event Special Talk di TIFF tahun lalu. Masih tetap mempertahankan tradisi ini, pasangan Samurai Award ketiga di TIFF ke-29 akan dipersembahkan bagi sutradara pemenang Oscar Martin Scorsese (Taxi Driver, The Departed) dan sineas Jepang Kiyoshi Kurosawa.

Kerap dikenal sebagai sutradara J-horror, sutradara kelahiran Kobe, Jepang, 61 tahun lalu ini memulai karir filmnya sebagai sebagai kritikus film sebelum akhirnya memilih karir komersil lewat sejumlah film-film eksploitasi berbujet rendah pink film di awal era ’80-an.

Kiyoshi baru merubah arah karirnya dengan gebrakan ke genre J-horror lewat Pulse (2001) yang juga di-remake oleh Hollywood beberapa tahun setelah arus J-Horror yang dibawa The Ring dan Dark Water, diikuti Doppelganger (2003) dan Loft (2005).

Kiyoshi mengakui influence terbesarnya datang dari film-film Hitchcock dan Ozu, selain juga dibentuk lewat film-film Don Siegel, Sam Peckinpah hingga Tobe Hooper yang digemarinya. Begitupun, setelah serangkaian J-Horror yang sangat mengangkat namanya, Kiyoshi merambah sinema arthouse di tahun 2008 lewat Tokyo Sonata yang memenangkan Jury Prize Un Certain Regard Cannes dan meraih Best Director di kategori yang sama lewat Journey to the Shore (2015).

Bersama seremoni penutupan TIFF ke-29, pemberian Samurai Award akan dilangsungkan pada tanggal 3 November dengan event Special Talk In Person: Kiyoshi Kurosawa yang juga membawa sineas-sineas muda Jepang dalam retrospeksi karir Kiyoshi serta tantangan-tantangan yang dihadapinya dalam berkarya.

Sayangnya, Martin Scorsese berhalangan hadir atas jadwal post-produksi film terbarunya, Silence, yang merupakan adaptasi novel Jepang karya Shusako Endo dan dijadwalkan dirilis akhir tahun ini.

TIFF ke-29 akan berlangsung di bilangan Roppongi Hills dan sejumlah lokasi lain di Tokyo dari 25 Oktober hingga 3 November 2016.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.