News


Selasa, 23 Juni 2015 - 20:42:27 WIB
Komposer James Horner Meninggal Dalam Kecelakaan Pesawat
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 3103 kali

Dunia film kehilangan salah satu sosok terbaiknya. Kabar duka datang dari James Horner, komposer kenamaan peraih Oscar, yang meninggal dunia setelah pesawat yang ditumpanginya pada hari Senin, 22 Juni 2015 lalu jatuh di kawasan Santa Barbara. Ia berusia 61 tahun.

Identitas pilot saat ini belum diketahui, namun kematian Horner kemudian dikonfrimasi oleh asistennya,  Sylvia Patrycja. Ia kemudian menyempatkan diri menulis di akun Facebook miliknya tentang peristiwa duka ini:

A great tragedy has struck my family today, and I will not be around for a while. I would like some privacy and time to heal. We have lost an amazing person with a huge heart, and unbelievable talent. He died doing what he loved. Thank you for all your support and love and see you down the road. Love Sylvia.

Pesawat tersebut, sebuah S-312 Tucano MK1 turbo-pop dengan dua kursi, jatuh di sekitar jam 9.30 pagi waktu setempat di hutan nasional Los Padres. Tidak ada penumpang lain kecuali Horner dan sang pilot.

Horner sendiri merupakan seorang pilot terlatih dan Jay Cooper, pengacara keluarganya, menyebutkan jika pesawat tersebut merupakan satu dari beberapa yang dimiliki sang komposer.

Lahir di Los Angeles, 14 Agustus 1953, Horner merupakan lulusan Royal College of Music di London dan kemudian melanjutkan studinya tentang musik di University of Southren California.

Ia memulai karirnya di bidang ilustrasi musik film di akhir tahun 70-an dengan film pertamanya adalah The Lady In Red di tahun 1979. Karena memiliki ciri khas serta aransamen yang berkelas, tidak heran karis Horner di dunia film berjalan dengan baik dan bahkan meletakkan namanya sebagai salah satu komposer papan atas.

Ia telah bekerjasama dengan banyak sutradara kenamaan seperti James Cameron, Jean-Jacques Annaud, Mel Gibson, Walter Hill, Ron Howard, dan Joe Johnston.

Horner menulis untuk lebih dari 100 film, seperti Titanic, Avatar, Jumanji, Braveheart, Aliens, The Amazing Spider-Man dan banyak lagi. Soundtrack Titanic bahkan tercatat sebagai album soundtrack orkestrasi terlaris sepanjang masa.

Sebelum menutup mata, Horner masih sempat mengerjakan ilustrasi musik untuk beberapa film yang akan segera tayang, yaitu Southpaw, Wolf Totem, dan The 33.

Horner sudah memenangkan sebanyak 2 Oscar, 2 Golden Globe. 3 Satellite Awards, 3 Saturn Awards, dan 3 nominasi di British Academy Film Awards.

Selamat jalan James Horner. Will be greatly missed!


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.