News


Rabu, 27 Mei 2015 - 19:32:10 WIB
Cannes 2015: 'Dheepan' Karya Jacques Audiard Raih Palme d’Or
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 8825 kali

Akhirnya Festival Film Cannes 2015 pun berakhir. Juri yang pada tahun ini dikepalai oleh Coen Bersaudara sudah menunaikan tugas mereka dan mengumumkan siapa saja yang memenangkan piala untuk tahun ini. 

Jacques Audiard (A Prophet, Rust and Bone), salah satu sutradara terkemuka Perancis masa kini meraih sukses karena film mutakhirnya, Dheepan, meraih Palme d’Or yang merupakan piala paling bergengsi di festival ini.

Film ini berkisah tentang seorang pria mantan tentara Macan Tamil yang merantau ke Paris, bersama seorang perempuan dan gadis kecil yang diakuinya sebagai anak dan istri guna mendapatkan perlindungan politik. 

Dheepan mengalahkan banyak film andalan lain, seperti The Assasin karya maestro Hou Hsiao-hsien atau Carol karya Todd Haynes, yang mana keduanya meraih ratiing rata-rata tertinggi untuk tahun ini dari ulasan berbagai kritikus ternama.

Meski begitu, Hsiao-hsien, sutradara kawakan Taiwan yang untuk pertama kalinya mengarahkan film Wu Xia, berhasil meraih gelar Best Director berkat The Assasin (聶隱娘 Nie Yin Niang) yang dibintangi oleh Shu Qi.

Grand Prix jatuh ke tangan film Son of Saul (Hungaria) karya sutradara László Nemes dan Jury Prize disabet oleh film terbaru auteur Yunani, Yorgos Lanthimos, yaitu The Lobster yang diperankan oleh Colin Ferrel dan Rachel Weitz. 

Sebelumnya, Rams atau Hrútar, sebuah film asal Islandia karya Grímur Hákonarson, telah mendapatkan Un Certain Regard untuk tahun ini. Di kategori ini terdapat film baru Apichatpong Weerasethakul, Cemetry of Splendour, dan film Naomi Kawase, Sweet Red Bean Paste.

Berikut daftar penerima anugerah di Cannes tahun ini:

Palme d’Or
Dheepan dir: Jacques Audiard

Grand Prix
Son of Saul dir: Laszlo Nemes

Jury prize
The Lobster dir: Yorgos Lanthimos

Best director
Hou Hsiao-Hsien, The Assassin

Best screenplay
Chronic dir: Michel Franco

Camera d’Or (best first feature)
La Tierra y la Sombra (Land and Shade) dir: Cesar Augusto Acevedo

Best actor
Vincent Lindon, The Measure of a Man

Best actress: (joint) 
Rooney Mara, Carol; Emmanuelle Bercot, Mon Roi

Best short film
Waves 98 dir: Ely Dagher


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.