News


Minggu, 26 April 2015 - 22:49:40 WIB
Press Conference Europe on Screen 2015
Diposting oleh : Adi Subandyono (@the_urban) - Dibaca: 3303 kali

Pada tahun 2015 ini, acara Festival Film Eropa ke-15 “Europe on Screen” kembali digelar. Akan ada 62 film Eropa yang diputar mulai dari tanggal 1 sampai 10 Mei 2015 di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta. Keseluruhan film nantinya dapat ditonton secara gratis, tanpa dipungut biaya.

Di sela konferensi pers menyambut dimulainya Europe on Screen 2015 yang diadakan di Hotel JS Luwansa Jakarta, Mr. Collin Crooks selaku Kuasa Usaha Delegasi Uni Eropa mengatakan “Europe on Screen merupakan sumbangsih Eropa terhadap Indonesia, sebuah jembatan yang merupakan bagian dari diplomasi publik untuk suatu pertukaran dan upaya saling memahami budaya.” Dengan menayangkan film-film Eropa terbaik inilah pemahaman budaya antara Eropa dan Indonesia diharapkan akan terus tumbuh.

Mr. Orlow Seunke, yang merupakan direktur festival dari Europe on Screen mengatakan bahwa “Lineup Europe on Screen tahun ini sangat spesial karena menayangkan film-film Eropa yang berkualitas tinggi.” Ada seluruhnya 62 film Eropa berkualitas yang akan diputar termasuk 6 film anak-anak dan 8 film yang akan ditayangkan dalam open air screenings, tentunya lengkap dengan subtitle berbahasa Indonesia. Diantara 62 film tersebut juga terdapat 2 film pemenang piala Oscar dan 1 film pemenang festival di Cannes yang menjadi andalan dalam Europe on Screen tahun ini, yakni:

  1. Ida (2013) – pemenang piala Oscar 2015 untuk Best Foreign Language Film
  2. Citizen Four (2014) – pemenang piala Oscar 2015 untuk Best Documentary Feature
  3. Winter Sleep (2014) – pemenang Festival Cannes 2014 Palme d’Or

Acara konferensi pers kemudian dilanjutkan dengan pemotongan kue secara simbolis oleh Mr. Collin Crooks dan Mr. Orlow Seunke sebagai tanda dimulainya rangkaian acara Europe on Screen 2015, pemutaran film pre-festival berjudul “Daylight” serta dikusi mengenai Preservasi dan Restorasi Film bersama Sinematek Indonesia dan Yayasan Pusat Film Indonesia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Europe on Screen tahun ini juga menggelar Kompetisi Film Pendek Ke-5 yang telah berlangsung dari Januari sampai Maret 2015 lalu. Kompetisi film pendek ini merupakan proses dua arah dan menjadi ajang untuk memperlihatkan talenta-talenta yang dimiliki Indonesia kepada dunia dan Eropa. Dari sebanyak 267 film pendek yang terdaftar dalam kompetisi, ada 9 film pendek karya finalis yang akan diputar selama festival.  Pemenang dari kompetisi film pendek ini nantinya akan diumumkan pada Malam Penutupan Europe on Screen 2015.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Europe on Screen 2015, jadwal, dan informasi film-film yang ditayangkan bisa diakses melalui:


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.