News


Minggu, 07 September 2014 - 13:26:44 WIB
10 Film Terlaris Musim Panas 2014
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 7187 kali

Summer atau musim panas adalah panen tahunan bagi studio-studio Hollywood. Mereka merilis film-film yang dikenal dengan istilah blockbuster dan ditujukan sebagai hiburan sekaligus tentu saja menangguk keuntungan. Dengan berakhirnya Agustus, maka berakhir pula periode rilis film-film besar yang dirilis di musim panas ini. Dan sebagaimana biasa, tidak ada salahnya kita melongok film-film apa saja yang masuk dalam daftar periah keuntungan terbesar. 

Tapi, sebelum kita masuk ke daftar tersebut, ada beberapa hal yang patut untuk menjadi perhatian.

  • Dibandingkan tahun lalu, raihan dollar film-film blockbuster tahun ini mengalami penurunan sebesar 20%, seperti yang dilaporkan oleh Deadline
  • Untuk edaran Amerika Utara sendiri, tidak ada film yang berhasil menembus $100 juta di minggu pertama perilisannya. Bahkan Transformer 4 yang dipercaya akan menembus prestasi tersebut hanya mendapatkan $97.4 juta saja. 
  • Meski begitu, tetap ada film yang menembus marka $1 miliar untuk peredarannya secara global dan Paramount merupakan satu-satunya studio yang berhasil untuk itu.
  • Guardians of the Galaxy dan Teenage Mutant Ninja Turtles menorehkan sejarah dengan raihan box-office tertinggi untuk bulan Agustus di minggu pertamanya.
  • Tahun ini hanya ada dua film animasi yang dirilis.
  • Sekuel dan reboot masih tetap mengisi daftar film-fiilm rilisan tahun ini.
  • Fox merupakan studio yang mendominasi tangga box-office dengan franchise-franchisenya, X-Men: Days of Future Past, Dawn of the Planet of the Apes dan 22 Jump Street.
  • Sedang Universal merupakan studio besar yang gagal untuk memasukkan filmnya dalam daftar 10 besar film musim panas terlaris tahun ini. 

Sebagai gambaran bagaimana film-film musim panas tahun ini tampil tidak sebaik tahun lalu dapat dillihat di tabel di bawah ini. Catatan: tabulasi ini berdasarkan untuk wilayah edar di Amerika Utara saja. 


Sumber: Deadline.com

Meski Guardians of the Galaxy memimpin di kandangnya, tapi untuk perilisan secara global, ia harus tetap menyerahkan tahtanya kepada Transformers: Age of Extinction, dan harus puas duduk di posisi kedelapan. Dan di barisan proyek sekuel yang berada di daftar, tercatat judul film yang cukup orisinil, yaitu Edge of Tomorrow dan dua proyek reboot/reimajinasi, Godzilla dan Maleficent.

Prestasi Edge of Tomorrow sebenarnya cukup membanggakan, mengingat ia tampil dengan cukup mengecewakan di peredaran domestik dan bahkan tidak berhasil masuk ke dalam 10 besar. Sementara itu, keberhasilan Godzilla dan Maleficent membuktikan jika sosok monster legendaris asal Jepang dan Angelina Jolie masih menjadi pemikat bagi penonton untuk berduyun-duyun filmnya menyaksikan di layar lebar. Catatan khusus untuk Maleficent, karena ini film pertama Jolie setelah empat tahun hiatus dan membuktikan jika film yang sangat female-driven juga potensial untuk menarik keuntungan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 10 film musim panas terlaris di tahun 2014, seperti yang dikutip dari Business Insider Indonesia:


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.