News


Senin, 30 September 2013 - 18:54:21 WIB
'The Past' Menjadi Perwakilan Iran di Oscar 2014
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 5400 kali

Sutradara terkemuka Iran, Asghar Farhadi, memperoleh Oscar di ajang Academy Award ke 84 di tahun 2012 yang lalu untuk Film Berbahasa Asing terbaik melalui film A Separation. Kesuksesan film tersebut memang mengangkat namanya di dunia filem internasional, sehingga tidak heran tawaran untuk mengerjakan filem di luar negaranya berdatangan.

Film terbarunya, The Past atau Le Passé, adalah filem berbahasa Perancis yang dibintangi oleh Bérénice Bejo (The Artist), Tahar Rahim (A Prophet) dan aktor asal Iran, Ali Mosaffa. Filem yang berkisah tentang seorang perempuan Perancis yang ditinggal suaminya ke Iran serta hubungannya dengan pria lain yang lebih muda itu juga kembali menuai prestasi.

The Past dinominasikan untuk Palme d'Or di  2013 Cannes Film Festival 2013 yang lalu dan memenangi anugerah Ecumenical Jury. Tidak itu saja, Bérénice Bejo memenangkan piala dalam kategori Aktris Terbaik. Film juga mendapat pujian dari berbagai kritikus dunia.

Baru-baru ini, terbetik kabar jika Iran kemudian memilih The Past untuk mewakili mereka di Oscar ke 86 yang akan berlangsung di tanggal 2 Maret 2014 mendatang. Seperti yang disebutkan oleh Press TV, sebuah stasiun televisi khusus berita, The Past telah mengalahkan film karya Parviz Shahbazi, Trapped, untuk menjadi perwakilan Iran, seperti yang dikutip dari The Guardian.

Jika The Past kembali menorehkan prestasi di Oscar, nama Asghar Farhadi pasti akan semakin tegas di peta perfileman dunia. Namun, terdapat ganjalan karena berbeda dengan A Separation, Bisa dibilang porsi Iran memang terbilang kecil, mulai dari sebagian besar dialog memakai bahasa Perancis dan seting yang berlokasi di Perancis.

Ini tentunya mengundang kritisi dari berbagai pihak, terutama kaum konservatif Iran. Terlepas dari itu, menarik untuk melihat sepak terjang The Past di ajang Oscar mendatang.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.