News


Minggu, 01 September 2013 - 21:17:24 WIB
Hayao Miyazaki Menyatakan Pensiun!
Diposting oleh : Amir Syarif Siregar (@Sir_AmirSyarif) - Dibaca: 4262 kali

Hayao Miyazaki, salah seorang sutradara sekaligus penulis naskah yang paling berpengaruh di dunia – dan dikenal luas dengan film-film animasi yang pernah ia arahkan seperti My Neighbor Totoro (1988), Princess Mononoke (1997) Spirited Away (2002) dan Howl’s Moving Castle (2004), menyatakan bahwa dirinya tidak akan lagi mengarahkan maupun menjadi penulis naskah bagi film-film layar lebar di masa yang akan datang. Pernyataan ini diungkapkan oleh Presiden Studio Ghibli, Koji Hoshino, dalam keterangan persnya yang dilakukan di Venice Film Festival.

Hoshino sendiri kemudian tidak mengungkapkan alasan lebih jelas mengapa Miyazaki memutuskan untuk pensiun sebagai seorang sutradara. Namun, pengumuman lebih jelas mengenai hal ini diharapkan akan muncul pada keterangan pers yang akan dilangsungkan di Jepang pada minggu mendatang.

Bersama dengan Isao Takahata dan Toshio Suzuki, Miyazaki mendirikan Studio Ghibli pada Juni 1985. Dalam perjalanannya, rumah produksi yang memfokuskan dirinya dalam memproduksi film-film animasi tersebut telah merilis 18 film layar lebar dengan delapan diantaranya berhasil masuk ke dalam daftar 15 film anime produksi Jepang yang paling sukses secara komersial di dunia. Spirited Away, yang berhasil memenangkan kategori Best Animated Feature di ajang The 75th Annual Academy Awards, menjadi film tersukses produksi Studio Ghibli dengan raihan pendapatan komersial sebesar US$274 juta dari masa peredarannya di seluruh dunia.

Film teranyar Miyazaki, The Wind Rises, dirilis pada 20 Juli 2013 di Jepang dan berhasil meraih kesuksesan baik secara komersial maupun kritikal. Film tersebut juga direncanakan akan dirilis di Amerika Serikat oleh Walt Disney Studios.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.