News


Rabu, 17 Oktober 2012 - 03:34:09 WIB
Feature - Sepuluh Trivia tentang Joseph Gordon-Levitt
Diposting oleh : Shinta Setiawan (@ssetiawan) - Dibaca: 4396 kali

Melalui The Dark Knight Rises, Premium Rush, serta Looper, Joseph Gordon-Levitt menjadi salah satu aktor paling bersinar di tahun ini. Setelah bertahun-tahun tampil dalam film-film independen seperti, Brick (2005), Manic (2001), dan Mysterious Skin (2004), baru beberapa tahun belakangan ini Joe benar-benar menampakkan potensinya sebagai Hollywood leading man. Ada banyak hal menarik yang ada di seputar kehidupan dan karir aktor kelahiran Los Angeles ini. Ingin tahu apa saja? Inilah sepuluh trivia tentang Joseph Gordon-Levitt.

1. Dunia film bukan hal baru di keluarga Joe. Kakeknya, Michael Gordon, adalah seorang aktor dan sutradara. Gordon merupakan sutradara dari film-film seperti Cyrano de Bergerac (1950) dan Pillow Talk (1959). Sayangnya, karena Gordon pernah berafiliasi dengan organisasi yang berkaitan dengan komunis, dirinya pun masuk ke dalam daftar hitam sehingga sulit untuk mendapat pekerjaan di industri film setelahnya.

2. Bakat akting Joe ternyata sudah muncul sejak kecil. Saat masih berusia empat tahun, Joe pernah ikut dalam pementasan teater anak-anak sebagai Scarecrow dalam kisah The Wizard of Oz. “Saya tidak pernah dipaksa untuk berakting,” katanya. “Saya memang benar-benar menyukainya, seperti saya menyukai senam, futbol, dan Liga Kecil.”

3. Setelah tampil dalam pementasan teater, Joe pun mulai mendapat peran dalam beberapa iklan. Joe pernah bermain dalam iklan selai kacang Sunny Jim ketika umurnya baru 6 tahun. Meski demikian, Joe tidak terlalu suka bermain dalam iklan dan lebih tertarik masuk ke dunia film.

4. Debut film televisi Joe dimulai saat usianya 7 tahun dalam sebuah drama tentang Vietnam berjudul Stranger on My Land yang diputar tahun 1988.

5. Baru di tahun 1996 dalam serial 3rd Rock From the Sun, Joe mendapat breakout role-nya sebagai anak laki-laki alien bernama Tommy Solomon. Joe berperan dalam serial televisi ini sampai tahun 2001.

6. Setelah lulus dari Van Nuys High School, Joe memutuskan untuk berhenti berakting sementara waktu dan pindah ke New York untuk melanjutkan pendidikannya di Columbia University. Joe sempat kuliah sastra Perancis selama 3 tahun disana sebelum akhirnya dropout.

7. Joe juga memiliki visi yang luas dalam bidang kreatif. Di tahun 2004, Joe mendirikan hitRECord, sebuah production company dengan sistem kolaborasi terbuka yang mengundang para penyanyi, penulis, aktor, editor, pembuat film, fotografer, desainer, musisi, sampai ilustrator untuk berkolaborasi dan membuat sebuah produksi kreatif bersama-sama. hitRECord telah menghasilkan banyak karya, mulai dari video, musik, buku, poster, kartu pos, sampai pakaian. RECollection, karya antologi pertama dari hitRECord dirilis tahun 2011 sebagai paket buku, CD, dan DVD. The Tiny Book of Tiny Stories Volume 1 diterbitkan tanggal 6 December 2011 oleh IT books. Volume 2-nya baru akan dirilis bulan November 2012.

8. Selain menjadi seorang aktor, Joe juga menyimpan keinginan untuk menjadi seorang sutradara. Film pendek pertamanya yang berjudul Sparks diputar perdana di Festival Film Sundance 2009. Film layar lebar pertamanya, Don Jon’s Addiction, baru akan dirilis di tahun 2013. Dalam film yang ditulis dan disutradarainya ini, Joe menjadi pemeran utama bersama Scarlett Johansson, Julianne Moore, dan Brie Larson.

9. Joe kehilangan kakaknya yang bernama Daniel Levitt di bulan Oktober 2010. Dan adalah seorang seniman dan penari api yang dikenal dengan nama “Burning Dan”. Dalam artikel di majalan GQ, penyebab kematian Dan pernah ditulis sebagai overdosis obat-obatan terlarang. Joe mengungkapkan kemarahannya terhadap tulisan yang menurutnya tak benar ini dengan menulis artikel di Tumblr miliknya dan mengatakan bahwa tulisan di majalah tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ditemukan oleh petugas koroner dan polisi. Penyebab kematian Dan sendiri tak pernah diberitakan oleh keluarganya kepada publik.

10. Rian Johnson, sutradara dari Brick (2005) dan The Brothers Bloom (2008) yang juga merupakan sahabat lama Joe, menulis peran utama dalam film Looper khusus untuknya. Karakter sang pembunuh spesialis ini bahkan diberi nama “Joe”, sesuai dengan nama panggilan sang aktor.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.