News


Sabtu, 01 September 2012 - 00:50:21 WIB
Benedict Cumberbatch Sanggah Kritik Atas Elementary
Diposting oleh : Shinta Setiawan (@ssetiawan) - Dibaca: 3628 kali

Benedict Cumberbatch merasa bahwa dirinya berada dalam posisi yang aneh ketika mendapati bahwa temannya, Jonny Lee Miller, akan memerankan Sherlock Holmes. Seperti yang sudah diketahui, Cumberbatch berperan sebagai detektif terkenal ini dengan latar London di jaman modern dalam serial televisi BBC berjudul Sherlock. Sementara itu, adaptasi modern dari detektif ciptaan Sir Arthur Conan Doyle ini juga akan dibuat versi Amerika-nya oleh CBS, dan akan dibintangi oleh Miller. Karena itu, ketika Miller meminta restu darinya untuk memerankan Sherlock dalam serial Elementary, Cumberbatch merasa agak sinis dengan hal itu.

“Jonny bertanya pada saya apakah boleh kalau ia mengerjakan ini. Saya bilang, ‘Apa saja kesamaannya [Sherlock dan Elementary]?’ Dan dia berkata, ‘Ya, ini [versi] modern…’ Saya membalas dengan, ‘Oh.’,” kata Cumberbatch. “Saya mendoakan agar ia berhasil, tapi saya agak sinis tentang kenapa mereka memilih untuk membuat serial ini dan kenapa mereka memilih Jonny untuk membintanginya.”

Meski Cumberbatch melihat bahwa komentarnya biasa-biasa saja, namun ia kesal karena merasa salah satu petikan dalam wawancara yang menyinggung Sherlock dan Elementary dipelintir. Walaupun tidak mengatakannya secara langsung, Cumberbatch mengindikasikan bahwa Miller mau mengambil peran Sherlock Holmes karena ia tertarik dengan bayarannya. Menurut Cumberbatch, hal ini merupakan salah kutip dan ia tidak pernah menuduh Miller demikian.

“Saya kaget dan kesal karena salah kutip ini. Saya tidak pernah berkata kalau Johnny mengambil pekerjaan ini karena bayarannya dan saya juga tidak pernah memintanya untuk tidak mengerjakan proyek ini,” katanya. “Maksud saya disini adalah, saya memilih untuk tidak berada dalam situasi dimana kami akan dibanding-bandingkan hanya karena kami adalah teman. Saya tahu faktanya bahwa motivasi Jonny untuk mengambil peran ini adalah karena kualitas naskahnya dan tantangan untuk memerankan peran luar biasa ini.”

Bagi Cumberbatch, tak masalah bila ia dan Miller sama-sama memerankan Sherlock, karena tokoh ini sudah begitu sering diadaptasi, baik di layar lebar maupun televisi. Ia percaya bahwa ada banyak ruang untuk kedua versi Sherlock ini untuk berkembang sendiri-sendiri, dan ia sama sekali tidak merasa terancam.

Perlu diingat juga bahwa belajar dari masa lalu, penonton tak merasa ada masalah bila ada lebih dari satu penggambaran Sherlock Holmes dalam waktu yang berdekatan. Selama serial Sherlock hadir sendiri, mulai dari tahun 2010 sampai musim keduanya di tahun ini, versi layar lebar dari Sherlock Holmes yang dibintangi oelh Robert Downey, Jr. juga telah muncul dua kali, yaitu, Sherlock Holmes (2009) dan Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011).

Serial televisi Sherlock sendiri baru akan memulai shooting untuk musim ketiganya bulan Januari 2013. Serial ini akan kembali menampilkan Cumberbatch sebagai Sherlock Holmes serta Martin Freeman sebagai Dr. John Watson. Sementara itu, Elementary akan menampilkan Miller sebagai Sherlock Holmes yang tinggal di Brooklyn setelah menjalani rehabilitasi karena masalahnya dengan alkohol, ditemani oleh partnernya, Dr. Joan Watson, yang diperankan Lucy Liu.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.