News


Kamis, 03 Mei 2012 - 21:17:37 WIB
Feature - Lima Film Fiksi Ilmiah di Musim Panas 2012
Diposting oleh : Shinta Setiawan (@ssetiawan) - Dibaca: 5874 kali

Musim panas sudah datang dan film-film Hollywood akan segera membanjiri bioskop. Salah satu genre yang sedang jaya di tahun ini adalah film-film fiksi ilmiah. Karena itu, tak heran bahwa banyak film-film high profile yang akan bertarung menjadi raja di daftar film box office adalah film-film dari genre ini. Meski masih saja berisi sekuel dan remake, tetap saja masih ada yang unik dalam line up film-film fiksi ilmiah di tahun ini. Ingin tahun film-film fiksi ilmiah mana saja yang patut untuk disimak? Inilah daftar lima film fiksi ilmiah yang akan dirilis di musim panas tahun 2012.

1. The Avengers

Tak susah untuk meyakinkan orang-orang kenapa The Avengers harus masuk dalam daftar film-film wajib tonton mereka di tahun ini. Selain mendapat ulasan yang sangat bersinar dari para kritikus film, The Avengers juga sudah mengumpulkan sekitar 260,5 juta dolar Amerika Serikat, bahkan sebelum dirilis di negara asalnya, lagi-lagi sebuah pertanda positif. Selain itu, bila Anda sudah nonton Iron Man (2008), The Incredible Hulk (2008), Iron Man 2 (2010), Thor (2011), dan Captain America: The First Avenger (2011), rasanya aneh bila The Avengers tidak menjadi salah satu film yang Anda prioritaskan untuk ditonton tahun ini. Oh ya, dengan hadirnya IMAX di Jakarta, pengalaman menonton The Avengers di bioskop pun bisa jadi akan lebih istimewa.

Sinopsis: Ketika ulah Loki (Tom Hiddleston) mengancam keselamatan Bumi, S.H.I.E.L.D. tidak dapat tinggal diam. Di bawah pimpinan Nick Fury (Samuel L. Jackson), para superhero tangguh seperti Iron Man (Robert Downey, Jr.), Captain America (Chris Evans), Thor (Chris Hemsworth), Hulk (Mark Ruffalo), Hawkeye (Jeremy Renner), dan Black Widow (Scarlett Johansson) dikumpulkan untuk memberikan perlawanan.

Sutradara: Joss Whedon
Penulis: Zak Penn dan Joss Whedon (cerita), Joss Whedon (naskah), Stan Lee & Jack Kirby (komik)
Pemeran: Robert Downey Jr. (Tony Stark / Iron Man), Chris Evans (Steve Rogers / Captain America), Mark Ruffalo (Bruce Banner / The Hulk), Chris Hemsworth (Thor), Scarlett Johansson (Natasha Romanoff / Black Widow), Jeremy Renner (Clint Barton / Hawkeye), Tom Hiddleston (Loki), Clark Gregg (Agent Phil Coulson), Cobie Smulders (Agent Maria Hill), Samuel L. Jackson (Nick Fury)
Tanggal Rilis: 4 Mei 2012
Rating: PG-13

 

2. Men in Black III

Masa-masa produksi Men in Black III memang banyak diwarnai berita tak enak. Selain harus memulai shooting meski naskahnya belum selesai, penundaan jadwal yang kerap terjadi pun membuat banyak orang bertanya-tanya, apakah film lanjutan yang sudah ditunggu selama satu dekade ini akan sanggup hadir sebagai film yang layak ditonton? Tapi, bila Anda merupakan penggemar franchise film ini dan ingin untuk kembali melihat Will Smith kembali beraksi untuk melawan alien-alien jahat, tentu tak ada alasan untuk melewatkan Men in Black III di layar lebar. Selain itu, tampilan special effect make-up unik dari para alien yang dihadirkan oleh Rick Baker tentu saja kembali akan menjadi sebuah hiburan tersendiri.

Sinopsis: Kematian sang rekan ternyata mengakibatkan kekacauan besar. Tapi, Agen J (Will Smith) bukan pusing karena Agen K (Tommy Lee Jones) yang terbunuh. Karena ulah alien jahat yang lompat ke masa lalu, justru versi muda dari Agen K (Josh Brolin) yang melayang nyawanya. Agen J jelas tak bisa tinggal diam. Demi menyelamatkan masa depan, ia pun harus kembali ke masa lalu dan menyelamatkan Agen K muda sebelum saat dimana ia dihabisi.

Sutradara: Barry Sonnenfeld
Penulis: Lowell Cunningham (komik), Etan Cohen, David Koepp, Jeff Nathanson, dan Michael Soccio (naskah)
Pemeran: Alice Eve (Young Agent O), Will Smith (Agent J), Josh Brolin (Young Agent K), Tommy Lee Jones (Agent K), Emma Thompson (O), Bill Hader (Andy Warhol), Jemaine Clement (Boris)
Tanggal Rilis: 25 Mei 2012 (Amerika Serikat)
Rating: PG-13

 

3. Prometheus

Nama Ridley Scott dan Alien sudah cukup untuk menarik perhatian para penggemar film-film fiksi ilmiah untuk menyaksikan Prometheus. Tapi, mereka yang bukan penggemar berat franchise Alien tak perlu khawatir karena Prometheus juga dapat dinikmati sebagai sebuah film tunggal. Tampilan keren film ini dapat kita intip dalam berbagai klip yang sudah disebarkan oleh 20th Century Fox. Tapi, beberapa yang paling menarik mungkin adalah penampilan Guy Pearce sebagai Peter Weyland dalam klip dengan latar TED Talk 2023, dan penampilan Michael Fassbender sebagai David dalam viral ad Happy Birthday David.

Sinopsis: Sekumpulan ilmuwan dan penjelajah pergi menjalankan misi ke luar angkasa untuk mencari tahu asal usul kehadiran manusia. Namun, apa yang mereka temukan sungguh di luar dugaan. Teror yang menghadang mereka membuat ekspedisi ini berubah menjadi mimpi buruk. Tapi, acaman ini tak hanya mengancam nyawa mereka, namun juga mengancam nyawa umat manusia.

Sutradara: Ridley Scott
Penulis Naskah: Jon Spaihts, Damon Lindelof
Pemeran: Noomi Rapace (Elizabeth Shaw), Michael Fassbender (David), Charlize Theron (Meredith Vickers), Idris Elba (Janek), Guy Pearce (Peter Weyland), Logan Marshall-Green (Charlie Holloway), Sean Harris (Fifield), Rafe Spall (Millburn)
Tanggal Rilis: 8 Juni 2012 (Amerika Serikat)

 

4. The Amazing Spider-Man

Film Spider-Man yang terakhir memang baru lima tahun yang lalu. Karena itu, kehadiran film reboot ini mungkin terasa terlalu cepat bagi sebagian orang. Tapi, kita perlu memberi The Amazing Spider-Man kesempatan, karena film ini setidaknya sudah mencoba untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Tentu saja, dengan dipasangnya Andrew Garfield sebagai Peter Parker, secara fisik, Spider-Man lebih mirip dengan versi komiknya. Porsi humor yang lebih besar dan detail-detail kecil lain yang dicoba untuk dihadirkan oleh Marc Webb juga diharapkan untuk menarik minat orang-orang ke bioskop, baik yang merupakan penggemar Spidey maupun hanya penonton kasual.

Sinopsis: Setelah ditinggal oleh orangtuanya sewaktu kecil, Peter Parker (Andrew Garfield) pun diasuh oleh paman dan bibinya sampai sekarang. Peter yang kini sudah SMA menemukan sebuah koper misterius milik ayahnya. Penemuan ini menggiringnya untuk menyelidiki penyebab hilangnya kedua orangtuanya. Petunjuk yang dimilikinya membawanya bertemu dengan Dr. Curt Connors (Rhys Ifans), mantan rekan ayahnya yang bekerja di Oscorp. Tak hanya memberinya petunjuk tentang masa lalu orangtuanya, Connors pun turut mendefinisikan nasib Peter sebagai seorang pahlawan super.

Sutradara: Marc Webb
Penulis: Alvin Sargent, Steve Kloves, dan James Vanderbilt (naskah), Steve Ditko dan Stan Lee (karakter)
Pemeran: Emma Stone (Gwen Stacy), Andrew Garfield (Peter Parker / Spider-Man), Martin Sheen (Ben Parker), Rhys Ifans (Dr. Curt Connors / The Lizard), Stan Lee (Stan the Librarian), Chris Zylka (Flash Thompson), (May Parker), Embeth Davidtz (Mary Parker)
Tanggal Rilis: 3 Juli 2012 (Amerika Serikat)

 

5. Total Recall

Bagi yang sudah agak lupa, Total Recall merupakan film fiksi ilmiah karya Paul Verhoeven yang dirilis di tahun 1990. Total Recall merupakan adaptasi lepas dari cerpen Philip K. Dick yang berjudul We Can Remember It For You Wholesale. Remake-nya yang kini dibuat oleh Len Wiseman akan lebih setia pada cerpennya. Berbeda dengan Total Recall yang dibintangi Arnold Schwarzenegger, Total Recall versi Colin Farrell akan menggunakan Bumi sebagai latarnya, dan bukan Mars seperti di film terdahulunya. Berita bagusnya, saat CinemaCon bulan lalu, footage Total Recall yang ditampilkan oleh Sony Pictures sanggup untuk membuat para pemilik bioskop dan wartawan terkesan. Karena itu, film ini punya potensi untuk menjadi salah satu film fiksi ilmiah laris pada musim panas tahun ini.

Sinopsis: Douglas Quaid (Colin Farrell) adalah seorang pria biasa yang sehari-hari bekerja di pabrik. Bosan dengan rutinitasnya, Quaid memutuskan untuk pergi ke Rekall dan berlibur dengan melakukan implan memori. Namun, saat terjadi kesalahan saat prosedur penanaman memori tersebut , Quaid pun menjadi buronan dan harus mencari perlindungan di markas pemberontak di bawah tanah.

Sutradara: Len Wiseman
Penulis Naskah: Mark Bomback, James Vanderbilt, Kurt Wimmer
Pemeran: Kate Beckinsale (Lori), Colin Farrell (Doug Quaid / Hauser), Jessica Biel (Melina), Bryan Cranston (Vilos Cohaagen), Bill Nighy (Kuato), Ethan Hawke, John Cho (McClane)
Tanggal Rilis: 3 Agustus 2012 (Amerika Serikat)


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.