Feature


Kamis, 20 April 2023 - 19:53:07 WIB
Ngeri-Ngeri Sedap Terpilih Sebagai Film Cerita Panjang Terpilih Piala Maya 2023
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 515 kali

Pengumuman pemenang terpilih Piala Maya 11 dengan tema DINAM11KA telah dilaksanakan secara online pada tanggal 19 Maret 2023 melalui akun resmi media sosial @pialamaya (Instagram, Twitter dan Facebook). Pemenang Piala Maya 11 terdiri 28 kategori (15 kategori Produksi & Teknis, 8 kategori Pemeranan, dan 5 kategori Non-Film Cerita Panjang).

Piala Maya 11 mengumumkan Film Ngeri-Ngeri Sedap sebagai Film Cerita Panjang Terpilih tahun 2022, dengan total kemenangan di 5 kategori. Bene Dion Rajagukguk berhasil memenangkan 2 kategori, yaitu Penyutradaraan Terpilih, dan Penulisan Skenario Asli Terpilih. Sementara pada kategori teknis, kemenangan film Ngeri-Ngeri Sedap diperoleh pada kategori Penyuntingan Gambar Terpilih dan Lagu Tema Terpilih, untuk karya lagu Vicky Sianipar, berjudul “Huta Namartuai”.

Sementara film Before, Now, & Then (Nana) meraih 3 kemenangan di kategori Tata Kamera Terpilih, Tata Artistik Terpilih, serta Aktris Pendukung Terpilih, untuk Laura Basuki.

Kima film yang raih 2 kemenangan: Pengabdi Setan 2: Communion, Penyalin Cahaya, Miracle in Cell No.7, Srimulat Hil Yang Mustahal Babak Pertama, dan The Big 4. Sedang lima film lain: Noktah Merah Perkawinan, Sri Asih, Like & Share, Mencuri Raden Saleh dan Qodrat, masing-masing meraih 1 kemenangan.

Ketua Komite Seleksi Piala Maya, Daniel Rawan, menjelaskan bahwa Komite Seleksi terus berkomitmen agar Piala Maya terus bisa menjadi ruang apresiasi alternatif melalui dunia maya terhadap film-film yang baik dan berkualitas sepanjang tahunnya.

Setiap rekomendasi yang terpilih melalui bursa apresiasi, kandidat nominasi, nominasi dan pemenang terpilih diharapkan memberikan napas yang panjang bagi sebuah karya dan dapat mewakili untuk terus diingat oleh para pemikmat dan pencinta film Indonesia yang memiliki beragam selera. Hal menarik tahun ini adalah peningkatan jumlah pendaftaran film cerita pendek, film dokumenter dan film animasi yang mencapai 245 judul, naik 70% dari tahun sebelumnya.

Hafiz Husni dari @FILM_Indonesia, selaku penggagas dan penyelenggara Piala Maya menyampaikan, “Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan Pengumuman Pemenang Terpilih secara online, menyikapi situasi paska-pandemi yang belum memungkinkan untuk menyelenggarakan acara penghargaan secara offline. Harapan besar, tahun mendatang Piala Maya dapat kembali menggelar acara untuk malam penghargaan secara offline.

"Rangkaian pengumuman Piala Maya 11 dari Tahap Bursa Apresiasi, Pengumuman Kandidat Nominasi, Pengumuman Nominasi hingga hitung mundur pengumuman Pemenang Terpilih telah menarik perhatian hingga 247 Ribu akun instagram, berdasarkan insight dari platform Instagram.

"Data ringkas ini memberikan gambaran bahwa minat dan antusiasme warganet pada kabar seputar apresiasi film Indonesia masih sangat tinggi dan dinamika ini akan terus tumbuh serta berkembang seiring makin beragam dan terus meningkatnya kualitas karya sineas film Indonesia. Saya yakin Pencinta Film Indonesia akan semakin solid untuk memberikan dukungannya pada karya film Indonesia yang terus membaik di masa depan.”

Secara mengejutkan segmen baru di Piala Maya 11, yaitu Bursa Apresiasi untuk 8 Kategori Pemeranan menjadi postingan yang paling banyak disukai warganet. Bursa Apresiasi merupakan apresiasi sebelum pengumuman Kandidat Nominasi.

Tahun 2022 merupakan tahun istimewa yang memberikan begitu banyak penampilan kuat dari aktor dan aktris di banyak film bagus dan baik sepanjang tahun 2022, sehingga penyelenggara merasa perlu mengapresiasi melalui Bursa Apresiasi, yang menyeleksi menjadi 21 nama pada setiap kategori sebagai calon Kandidat Nominasi.

Angka ini dapat diasosiasikan dengan nama ruang putar bioskop mayor di Indonesia. Kategori lain yang banyak mendapat perhatian adalah Aktris Pendatang Baru Terpilih, Desain Poster, dan Video Klip Musik TERPILIH.

Pengumuman Pemenang Terpilih Piala Maya tahun ini juga dirasakan berbeda dari 2 penyelenggaraan online sebelumnya, karena tidak ada video pembaca Pemenang Terpilih. Keputusan ini adalah sebuah bentuk dinamika dari penyelenggaraan apresiasi melalui dunia maya, agar perhatian pada masa pengumuman terfokus hanya pada Para Pemenang Terpilih.

Selamat untuk Seluruh Pemenang Terpilih Piala Maya 11!


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.