Feature


Jumat, 24 Maret 2023 - 21:38:49 WIB
Paramount Rencanakan Remake Vertigo Bersama Robert Downey Jr
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 783 kali

Vertigo (1958) dianggap sebagai salah satu film terbaik yang pernah dikerjakan oleh salah satu maestro dunia perfilman, Alfred Hitchcock. Berselang 65 tahun kemudian, sebuah wacana ulang buat alias remake pun mengemuka.

Deadline melaporkan Paramount Pictures telah mendapatkan hak remake untuk film thriller psikologis klasik ini. Robert Downey Jr pun diincar untuk memerankan, John “Scottie” Ferguson, karakter yang dulunya diperankan oleh James Stewart, seorang mantan detektif polisi asal San Fransisco yang terpaksa pensiun setelah mengalami trauma dalam sebuah kasusnya dan menyebabkan ia menjadi takut akan ketinggian dan mengidap vertigo.

Ia kemudian disewa untuk mengekori istri seorang kenalannya, Madeleine (Kim Novak). Scottie lantas terobsesi dengan Madeline, namun rasa takutnya tadi membuat ia tidak bisa menyelamatkan Madeline yang tewas setelah terjatuh dari menara Spanish Mission. Namun, beberapa waktu kemudian, ia bertemu dengan sosok perempuan yang sama persis dengan Madeline dan obsesinya pun semakin menjadi-jadi.

Naskah untuk versi remake akan ditulis Steven Knight, kreator serial terkenal seperti See dan Peaky Blinders, yang baru-baru ini dikontrak untuk menulis naskah sebuah film Star Wars.

John Davis dari Davis Entertainment dan John Fox akan bertugas sebagai produser bersama dengan Robert dan Susan Downey dari rumah produksi Team Downey.

Paramount bukanlah sosok asing bagi Vertigo, karena adalah "rumah" untuk versi aslinya, hingga tahun 1983 saat hak tayang pindah kepada Universal Pictures.

Rupanya Hitchcock Estate sebagai pemegang hak film-film Hitchcock merasa jika studio kenamaan Hollywood ini tetap yang paling cocok untuk mengerjakan versi remake-nya.

Naskah orisinal Vertigo merupakan tulisan Alec Coppel dan Samuel A. Taylor berdasarkan novel tulisan pengarang asal Perancis, Boileau-Narcejac, D’entre les morts (From Among the Dead). Versi novel berseting di Paris era Perang Dunia II dan memiliki adegan akhir yang berbeda dibandingkan film versi Hitchcock.

Vertigo bukanlah sebuah film yang sukses besar di box office saat pertama kali dirilis dan ulasan kritikus pun beragam. Namun, di era 1980-an, film mulai mendapat pengakuan sebagai sebuah masterpiece.

Di tahun 1982, sebuah survei untuk menentukan jajaran film terbaik sepanjang masa yang dilakukan Sight and Sound dari British Film Institute (dilakukan setiap 10 tahun sekali), Vertigo akhirnya mampu masuk ke posisi 10 besar dan terus menanjak naik setelahnya. Bahkan meraih posisi pertama di survei edisi tahun 2012.

Vertigo sebenarnya bukanlah film Hitchcock pertama yang diremake. Yang paling terkenal (dan bukan dalam arti positif) mungkin remake shot-for-shot yang dilakukan Gus Van Sant untuk Psycho (1960) di tahun 1998 lalu.

Hitchcock bahkan melakukan remake untuk thriller rilisan 1934 miliknya, The Man Who Knew Too Much, di tahun 1956 dan dibintangi Stewart dan Doris Day.

Walau Vertigo telah memberi pengaruh pada film-film beberapa sineas kenamaan lain, seperti Brian De Palma (Obsession dan Body Double), David Lynch (Mulholland Drive) dan Mel Brooks (High Anxiety), tapi secara resmi tidak pernah diremake oleh insan perfilman Hollywood.

Robert Downey Jr sendiri cenderung "low profile" sebagai aktor selepas Avengers: Endgame di tahun 2019 dan Dolittle di tahun 2020. Ia kemudian ambil bagian dalam film terbaru Christopher Nolan, Oppenheimer, berhadapan dengan Cillian Murphy dan banyak aktor kenamaan lain.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.