Feature


Senin, 20 Maret 2023 - 22:19:29 WIB
Like & Share Garapan Gina S. Noer Sabet Piala Grand Prix Di Osaka Asian Film Festival 2023
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 578 kali

Perfilman Indonesia kembali menorehkan prestasi secara internasional. Kali ini datang dari film ketiga dari Gina S. Noer, Like & Share.

Film yang mengulik kehidupan remaja ini terpilih sebagai penerima piala tertinggi di Osaka Asian Film Festival 2023, yaitu Grand Prix atau Best Picture. Penganugerahan berlangsung di hari Minggu, 19 Maret kemarin.

Berikut pernyataan para juri saat mengungkap mengapa mereka memilih Like & Share sebagai film terbaik tahun ini, sebagaimana yang dikutip dari Variety:

All of us on the jury were struck by the film’s clear and powerful message, which affirms young women’s sexual curiosity and desire while clearly saying no to sexual violence. The style of the film is also original. The sweet, poppy feeling that fascinates the audience in the first half of the film becomes darker as the story progresses, making us shudder. “Like & Share,” with its strong message and brilliant direction, is a film that needs to be seen now more than ever.”

Para juri mengaku terpukau akan pesan kuat dan jelas dari Like & Share, yaitu tentang afirmasi rasa ingin tahu seksual para perempuan muda, selain juga pesan anti kekerasan seksual yang disampaikannya.

Memadukan konsep manis ala dunia remaja di awal yang kemudian berubah menjadi gelap di paruh akhir membuat tercekam para juri. Menurut mereka, adalah urgen untuk menyaksikan filmnya.

"Film ini berbicara tentang bagaimana kita berhadapan dengan trauma dan juga kekerasan seksual," kata Gina. "Tidak mudah untuk menyampaikannya dan tidak mudah juga membuat film tentang itu, tapi saya fikir jika kita memercayai sesuatu itu cukup penting, maka akan menemukan penontonnya pula."

Para pemenang lain adalah aktor asal Taiwan yang melebarkan sayap menjadi sutradara, Kai Ko, yang memenangi piala Most Promising Talent berkat debut penyutradaraannya, Bad Education.

Sutradara asal Hong Kong, Ho Cheuk-tin, memenangi ABC TV Awards berkat Over My Dead Body.

Sedangkan Yakushi Pearl Award untuk Best Actor jatuh kepada Lu Hsiao-fen berkat aktingnya dalam film Day Off. Film garapan Fu Tien-yu ini juga menyabet Audience Award.

The Japan Cuts Award jatuh kepada When Morning Comes, I Feel Empty garapan Ishibashi Yuho.

Piala untuk film pendek diberikan kepada Swallow Flying to the South (Amerika Serikat, Kanada, Tiongkok) karya Lin Mochi, dan Daddy-To-Be karya sineas asal Taiwan, Pan Ke-yin.

Festival berlangsung dari tanggal 10-19 Maret dan ditutup dengan pemutaran film Side by Side, yang juga melakukan world premiere-nya di sini. Film bergenre drama misteri dan bergaya magis-realis ini adalah hasil penyutradaraan kedua dari penulis naskah kenamaan Ito Chihiro.

Like & Share sendiri akan tayang melalui platform streaming Netflix mulai tanggal 27 April 2023.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.