Feature


Rabu, 28 Desember 2022 - 19:20:00 WIB
Avatar:The Way Of Water Sukses Tembus Markah $1 Miliar Hanya Dalam 12 Hari Saja
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 141 kali

Meskipun awalnya ada kekhawatiran akan besarnya bujet yang fantatis, pemasukan pekan pembuka yang "biasa saja," serta apakah ia bisa menyamai kualitas film pendahulunya, ternyata Avatar: The Way Of Water mampu menepis semua keraguan itu.

Film membuktikan diri sebagai salah satu sukses besar di box office. Dibuktikan dengan kabar menggembirakan: film berhasil menyabet markah "keramat" $1 miliar hanya dalam waktu 12 hari saja!

Dalam periode waktu singkat ini, ia telah melampaui total pendapatan Doctor Strange in the Multiverse of Madness ($955 juta) dan menjadi film terlaris ketiga untuk tahun ini, tepat berada di bawah Top Gun: Maverick dan Jurassic World Dominion.

Sebagai perbandingan, Top Gun: Maverick perlu waktu 31 hari untuk menembus markah $1 Miliar, sedangkan Jurassic World Dominion butuh waktu lebih lama lagi, yaitu lebih dari 4 bulan.

Tanpa adanya kompetitor yang terlalu berarti, Avatar: The Way of Water diperkirakan akan terus mendominasi box office di masa beberapa pekan mendatang.

Sesuatu yang memang harus dilakukannya untuk menjustifikasi bujet produksinya yang masif, yaitu sekitar $350–460 juta.

Sang sutradara, James Cameron, bahkan menyebut jika Avatar: The Way of Water perlu menghasilkan sekitar $2 miliar jika ingin dianggap mendulang keuntungan.

Meski begitu, proyeksi dari para pengamat menyebutkan jika film nantinya mengumpulkan total sebesar $1.5 miliar saja.

Terlepas dari itu, menilik performa box office film sejauh ini, ia memiliki kesempatan untuk melampaui proyeksi tadi atau bahkan memenuhi pernyataan Cameron sebelumnya tersebut.

Setelah melampaui markah $1 miliar hanya dalam 12 hari, Avatar: The Way of Water memiliki kesempatan, meski mungkin tipis kemungkinannya, untuk melampaui total pemasukan Avatar, yaitu $2.97 miliar dan menjadikannya sebagai film terlaris sepanjang masa saat ini.

Prestasi ini sendiri diraih bukan dalam sekali jendela penayangan saja, namun juga beberapa kali rilis ulang di bioskop.

Ada beberapa faktor mengapa Avatar:The Way Of Water memiliki kesempatan yang tidak begitu besar dalam melewati pendahulunya, seperti tidak dirilis di Rusia, di mana Avatar pertama berhasil mengumpulkan $100 juta, plus box office global yang masih belum pulih dari pandemi COVID-19.

Tetap saja, kemampuan Avatar: The Way of Water dalam menembus $1 miliar hanya dalam 12 hari saja menjadi indikasi jika film tidak berniat untuk menurunkan performanya di box office dengan begitu saja


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.