Feature


Selasa, 27 Desember 2022 - 21:58:08 WIB
Avatar: The Way Of Water Bertahan Di Puncak Box Office, Babylon Debut Mengecewakan
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 149 kali

Avatar: The Way of Water masih terlalu tangguh untuk para pesaingnya di pekan ini.

Film fiksi ilmiah petualangan yang epik ini memimpin box office Amerika Utara edisi Natal dengan pendapatan tambahan sekitar $56 juta. Ini artinya menahan laju para kompetitornya dalam mendulang dollar yang lebih lagi.

Pengamat Paul Dergarabedian, analis media senior dari Comscore, menyebutkan jika penurunan yang hanya sekitar 58% filmnya, setelah dibuka dengan angka di atas $100 juta (yang pertama bagi Cameron di sepanjang karirnya), jelas memperlihatkan kekuatan film.

Sekuel Avatar yang sudah lama ditunggu tersebut diperkirakan mengumpulkan sekitar $82 juta di penayangan antara hari Jumat dan Senin, sehingga total pendapatan domestik film sejauh ini mengumpulkan sekitar $278 juta.

Dari peredaran internasional sendiri film garapan James Cameron ini telah mengumpulkan total pemasukan sebesar $601 juta, sehingga total global film adalah $855.4 juta. Ia kini menjadi film terlaris kelima untuk tahun 2022 ini dan dicapai hanya dalam waktu 10 hari penayangan saja.

Bujet untuk film produksi Disney dan 20th Century ini adalah sekitar $350 juta hingga $400 juta sehingga tercatat menjadi film paling mahal di sejarah perfilman modern Hollywood.

Cameron sebelumnya sempat menyebutkan jika film butuh sekitar $2 miliar agar bisa dianggap sukses.

Sementara itu, tiga pendatang baru pekan ini debut di bawah ekspektasi. Penyebab utamanya adalah musim salju buruk yang saat ini sedang melanda kawasan Amerika Utara.

Film animasi Puss in Boots: The Last Wish diluncurkan di posisi #2 dengan $11.4 juta. Sedang film biografi Whitney Houston: I Wanna Dance with Somebody, di mana aktris Naomi Ackie berperan sebagai diva pop legendaris Whitney Houston, berada di posisi #3 dengan pemasukan sebesar $5.3 juta.

Bahkan film drama epik sutradara pemenang Oscar Damian Chazelle (La La Land), Babylon, tak berkutik di pekan debutnya. Film hanya mampu mengumpulkan sekitar $3.5 juta dan berada di posisi #4. Padahal ada nama-nama besar seperti Margot Robbie dan Brad Pitt sebagai bintangnya.

Dergarabedian menyebutkan jika Babylon bukanlah jenis film yang memang memiliki debut spektakular. Penilaian performanya harus melihat bagaimana beberapa pekan mendatang, utamanya selepas tahun baru, apalagi jika bergaung di ajang penganugerahan.

Melengkapi lima besar adalah Black Panther: Wakanda Forever, yang mendapatkan tambahan sekitar $3 juta di pasar domestik.

Berikut 10 besar box office Amerika Utara untuk periode 23-25 Desember 2022:

  1. "Avatar: The Way of Water" - $56 juta 
  2. "Puss in Boots: The Last Wish" - $11.4 juta 
  3. "Whitney Houston: I Wanna Dance with Somebody" - $5.3 juta 
  4. "Babylon" - $3.5 juta 
  5. "Black Panther: Wakanda Forever" - $3 juta 
  6. "Violent Night" - $1.9 juta 
  7. "The Whale" - $921.329 
  8. "The Menu" - $617.000 
  9. "The Fabelmans" - $550.000 
  10. "Strange World" - $410.000

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.