Feature


Sabtu, 24 Desember 2022 - 19:15:39 WIB
Karya Park Chan-wook, Decision to Leave, Masuk Shortlist International Feature Film Oscar 2023
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 180 kali

Pada tanggal 21 Desember 2022 lalu Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) telah mengungkap shortlist mereka untuk ajang Oscar 2023.

Ada 10 kategori yang diumumkan, yaitu Documentary Feature, International Feature, Documentary Short Subject, Makeup and Hairstyling, Original Score, Original Song, Animated Short, Live-Action Short, Sound, dan Visual Effects.

Di kategori International Feature Film untuk Academy Awards ke-95,film terbaru sineas kenamaan Korea Selatan Park Chan-wook, Decision to Leave, berhasil menjadi salah satu dari beberapa judul yang diungkap.

Untuk tahun ini ada sekitar 92 negara yang mengajukan film mereka. Dan untuk tahun ini, shortlist hanya terdiri atas 15 judul film saja.

Decision to Leave memang adalah perwakilan dari Korea Selatan dan nantinya akan bersaing bersama dengan antara lain Close dari Belgia, Return to Seoul dari Kamboja, dan juga Cairo Conspiracy dari Swedia.

Meski begitu, nantinya hanya akan ada lima judul film yang masuk dalam nominasi akhir dan akan diumumkan pada tanggal 24 Januari 2023 mendatang. Sedang pemenangnya akan diungkap melalui sebuah perhelatan yang akan berlangsung pada tanggal 12 Maret 2023 di Dolby Theater.

Korea Film Council atau Dewan Film Korea pertama kali mengungkap Decision to Leave sebagai perwakilan Korea Selatan untuk kategori International Feature Film di bulan Agustus lalu.

Dalam pengumuman mereka, badan ini menyebutkan apa pertimbangan dalam memilih film tersebut, yaitu "kinerja dan kemampuan penyutradaraan, kemungkinan sukses box office di pasar Amerika Utara, dan juga kemampuan promosi dari distributor mancanegara."

Dibintangi aktor Park Hae-il (The King’s Letters) dan aktris kenamaan asal Tiongkok, Tang Wei (Long Day’s Journey Into Night), Decision To Leave adalah sebuah romansa berbalut misteri-thriller dan berkisah tentang seorang detektif polisi yang terlibat dengan istri seorang pria yang tewas akibat sebuah kecelakaan misterius.

Sang detektif merasa ada sesuatu yang ganjil dengan sang istri, namun kemudian malah jatuh cinta dengannya. Meski begitu, ia pun melakukan penyelidikan berbeda untuk mengetahui siapa sebenarnya sang perempuan cantik.

Decision To Leave debut awal tahun ini melalui Cannes Film Festival, di mana sutradara Park Chan-wook berhasil memenangkan piala Best Director.

Park dikenal berkat film-film bercorak thriller penuh darah-nya, seperti Vengeance TrilogySympathy for Mr. Vengeance, Oldboy dan Lady Vengeance – serta The Handmaiden, dan juga thriller psikologis berbahasa Inggris yang dibintangi Nicole Kidman, Stoker.

Berikut 15 film yang berhasil masuk dalam shortlist International Feature Film untuk Oscar 2023:

  1. All Quiet On The Western Front (Edward Berger / Jerman)
  2. Argentina,1985 (Santiago Mitre / Argentina) 
  3. Bardo, False Chronicle Of A Handful Of Truths (Alejandro G Inarittu / Meksiko) 
  4. The Blue Caftan (Maryam Touzani / Moroko) 
  5. Cairo Conspiracy (Tarik Saleh / Swedia) 
  6. Close (Lukas Dhont / Belgia) 
  7. Corsage (Marie Kreutzer / Austria) 
  8. Decision To Leave (Park Chan-wook / Korea Selatan) 
  9. EO (Jerzy Skolimowski / Polandia) 
  10. Holy Spider (Ali Abbasi / Denmark) 
  11. Joyland (Saim Sadiq / Pakistan) 
  12. Last Film Show (Pan Nalin / India) 
  13. The Quiet Girl (Colm Bairéad / Irlandia) 
  14. Return To Seoul (Davy Chou / Kamboja) 
  15. Saint Omer (Alice Diop / Prancis)

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.