Feature


Senin, 28 Maret 2022 - 16:02:36 WIB
CODA Sabet Gelar Best Picture Di Ajang Oscar 2022
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 1209 kali

Perhelatan insan perfilman Amerika Serikat, Academy Awards, telah melangsungkan ajangnya di Minggu, 27 Maret 2022, dan berlokasi di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles. Oscar tahun ini memang terpaksa ditunda dari jadwal semulanya di akhir Februari akibat pandemi COVID-19.

Untuk Academy Awards ke-94 ini, The Power Of The Dog memimpin dengan 12 nominasi, termasuk kategori utama Best Picture dan Best Director. Dune mengikuti di belakang dengan 10 nominasi, sementara Belfast mendapatkan 7 buah nominasi.

Dune tercatat sebagai pemenang terbesar tahun ini setelah membawa pulang sekitar 6 piala Oscar sekaligus, termasuk kategori seperti Best Original Score dan Best Film Editing.

Dari 12 nominasinya, The Power Of The Dog hanya membawa pulang satu piala, yaitu Best Director untuk Jane Campion. Meski ini adalah Oscar pertama Campion di kategori penyutradaraan, namun sebenarnya ia sudah menyabet piala Oscar di kategori Best Original Screenplay di 1994 berkat film The Piano.

Meski begitu, CODA, sebuah film drama tentang seorang gadis remaja yang tumbuh besar di keluarga bisu tuli, menjadi pemenang utama setelah mendapatkan piala terbesar, yaitu Best Picture. Film juga mendulang dua piala lagi, yaitu Best Actor in a Supporting Role untuk Troy Kotsur dan Best Adapted Screenplay.

Kemenangan Katsur pun menjadi catatan sejarah tersendiri, karena menjadi aktor laki-laki tuli pertama yang pernah memenangkan Oscar. Sedang secara keseluruhan, ia menjadi aktor tuli kedua yang memenangi Oscar, 35 tahun setelah Marlee Matlin (yang juga membintangi CODA) menyabet piala tersebut berkat aktingnya dalam Children of a Lesser God (1986).

Catatan lain, untuk pertama kalinya semenjak tahun 2917, Oscar akhirnya kembali dipandu oleh host. Tidak hanya satu, namun tiga sekaligus, yaitu Regina Hall, Amy Schumer dan Wanda Sykes. Sementara yang hadir sebagai presenter antara lain Lady Gaga, Liza Minelli, Zoë Kravitz, Daniel Kaluuya, Mila Kunis, Simu Liu, dan Lupita Nyong’o.

Sedang yang hadir untuk menghadirkan pertunjukkan musik adalah para nominee Best Original Song, seperti Billie Eilish dan Finneas, dan Beyoncé. Ada kejutan dengan hadirnya Megan Thee Stallion tampil untuk membantu membawakan lagu hits ‘We Don’t Talk About Bruno’ dari Encanto.

Sebenarnya, sebelum acara berlangsung, sudah ada kisruh akibat kontroversi keputusan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) sebagai penyelanggara untuk tidak menyiarkan secara langsung pemberian piala untuk 8 kategori. AMPAS juga mendapat kecaman setelah aktris utama West Side Story, Rachel Zegler, mengungkap tidak diundang di tahun ini. Ia kemudian akhirnya pun ditambahkan sebagai bagian dari para presenternya.

Tapi mungkin kontroversi terbesar di ajang Oscar tahun 2022 ini adalah insiden penamparan yang dilakukan oleh salah satu nominee Best Actor in a Leading Role, Will Smith, yang tiba-tiba naik ke pentas dan menampar presenter Chris Rock yang saat itu sedang bertugas. Will merasa emosi saat Chris Rock menjadikan kebotakan yang dialami sang istri, Jada Pinkett Smith, sebagai salah satu bahan olokannya.

 

 

Kurang lebih sejam kemudian, nama Will pun disebut sebagai penerima piala Best Actor berkat aktingnya dalam film King Richard. Mengingat peristiwa heboh yang baru saja terjadi, Will pun tampak emosional dalam pidato kemenangannya.

Pemenang di kategori akting lain adalah Jessica Chastain dalam kategori Best Actress in a Leading Role melalui aktingnya dalam The Eyes of Tammy Faye dan Ariana DeBose di kategori Best Supporting Actress berkat perannya sebagai Anita dalam musikal West Side Story.

Kemenangan Ariana juga menjadi catatan penting tersendiri, karena ia memenangi piala berkat karakter sama yang juga menganugerahi Rita Moreno piala Oscar 60 tahun lalu. Catatan lain, selain Latina kedua selepas Rita Moreno yang menyabet Oscar, Ariana pun menjadi artis queer dari kulit berwarna pertama dengan piala Oscar.

Berikut para pemenang Oscar 2022:

  • Best Picture: “CODA”
  • Best Director: Jane Campion – “The Power of the Dog”
  • Best Actor: Will Smith – “King Richard”
  • Best Actress: Jessica Chastain – “The Eyes of Tammy Faye”
  • Best Supporting Actor: Troy Katsur – “CODA”
  • Best Supporting Actress: Ariana DeBose – “West Side Story”
  • Best Original Screenplay: “Belfast” – Kenneth Branagh
  • Best Adapted Screenplay: “CODA” – Sian Heder; based on the original motion picture screenplay “La Famille Belier” written by Victoria Bedos, Thomas Bidegain, Stanislas Carre de Malberg and Eric Lartigau
  • Best Animated Feature Film: “Encanto” – Jared Bush, Byron Howard, Yvett Merino and Clark Spencer
  • Best International Feature Film: “Drive My Car” (Japan)
  • Best Documentary Feature: “Summer of Soul (…Or, When the Revolution Could Not Be Televised)” – Ahmir “Questlove” Thompson, Joseph Patel, Robert Fyvolent and David Dinerstein
  • Best Documentary Short Subject: “The Queen of Basketball” – Ben Proudfoot
  • Best Live Action Short Film: “The Long Goodbye” – Aneil Karia and Riz Ahmed
  • Best Animated Short Film: “The Windshield Wiper” – Alberto Mielgo and Leo Sanchez
  • Best Original Score: “Dune” – Hans Zimmer
  • Best Original Song: “No Time to Die” from “No Time to Die” – Music and lyrics by Billie Eilish and Finneas O’Connell
  • Best Sound: “Dune” – Mac Ruth, Mark Mangini, Theo Green, Doug Hemphill and Ron Bartlett
  • Best Production Design: “Dune” – Production Design: Patrice Vermette; Set Decoration: Zsuzsanna Sipos
  • Best Cinematography: “Dune” – Greig Fraser
  • Best Makeup and Hairstyling: “The Eyes of Tammy Faye” – Linda Dowds, Stephanie Ingram and Justin Raleigh
  • Best Costume Design: “Cruella” – Jenny Beavan
  • Best Film Editing: “Dune” – Joe Walker
  • Best Visual Effects: “Dune” – Paul Lambert, Tristan Myles, Brian Connor and Gerd Nefzer

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.