Feature


Kamis, 25 November 2021 - 22:07:00 WIB
Digelar! ARKIPEL Twilight Zone - 8th Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 57 kali

ARKIPEL Twilight Zone - 8th Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival 2021 dihelat pada 26 November – 19 Desember 2021. Perhelatan yang berlangsung selama kurang lebih tiga minggu ini akan dilangsungkan secara hibrida, daring dan luring.

Helatan daring akan diselenggaran di situs web www.festival.arkipel.org selama tiga minggu. Sedangkan helatan luring akan diselenggarakan di Cinépolis Plaza Semanggi pada 28 November 2021 dan di bioskop Forum Lenteng pada 1 – 6 Desember 2021. Seluruh helatan luring akan diselenggarakan secara amat terbatas untuk keamanan dan protokol Kesehatan.

ARKIPEL digagas oleh Forum Lenteng untuk membaca fenomena global dalam konteks sosial, politik, ekonomi dan budaya melalui sinema. ARKIPEL 2021 mengangkat tema “Twilight Zone” atau Zona Temaram. Tema ini berangkat dari upaya untuk melihat kembali pengetahuan lokal di Indonesia yang berhadapan  dengan  pengetahuan  modern yang dibawa oleh arus globalisasi.

Hal-hal yang menurut pengetahuan modern “tiada” dianggap sebagai takhayul dan sama sekali tidak logis. Padahal di Asia Tenggara, khususnya di masyarakat Indonesia, justru kepercayaan akan yang “tiada” tersebut berperan dalam menjaga keseimbangan antara alam dan manusia, seperti misalnya bagaimana konsep pamali bekerja.

Keragaman budaya di Indonesia membuat tak selalu ada sebuah kebenaran tunggal. Setiap suku, budaya, dan lokasi tertentu memiliki pemahaman akan kebenarannya sendiri. Zona Temaram, seperti saat senja kita melihat fatamorgana, justru memperlihatkan kemungkinkan bahwa indera dapat membingkai sesuatu secara lebih peka, seperti kerja sinema. Zona temaram adalah pengetahuan yang menahan diri karena ia terpaksa hidup dalam sebuah sistem dominan pengetahuan modern.

Padahal semua ini hanya persoalan bagaimana memahami cahaya, memerangkapnya dalam sebuah bingkaian dan mengubahnya menjadi kenyataan baru, yaitu kenyataan sinema. Kenyataan yang dapat dilihat sebagai pesona yang menyihir, lalu kemudian mengungkap yang “tiada” menjadi “ada”.

Tema Twilight Zone dipandang sangat penting untuk merespon situasi global saat ini, terutama dalam membaca Asia Tenggara. Tema ini mencoba membaca bagaimana sinema menerjemahkan, memetakan, memaknai dan membaca ulang melalui kemungkinan-kemungkinan eksperimentasi visualnya yang sangat terbuka lebar untuk dieksplorasi, baik bentuk (estetika, form), moda produksi, distribusi, atau bahkan perannya dalam menangkap ‘yang nyata’, membeberkan persoalan, mendekatkan ‘yang tak terlihat’ menjadi ‘terlihat’. (https://arkipel.org/festival/preface/)

ARKIPEL Twilight Zone - 8th Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival 2021 terdiri atas enam program utama. Di antaranya Kompetisi Internasional, Candrawala, Diskusi dan Peluncuran Buku Kultursinema: Harimau Tjampa, Presentasi Khusus, Penayangan Khusus, dan Forum Festival. Secara keseluruhan akan ada 44 filem dokumenter dan eksperimental dari 20 negara yang akan ditayangkan. Semua acara di ARKIPEL gratis dan terbuka untuk umum.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.