Feature


Minggu, 08 Agustus 2021 - 19:57:32 WIB
Pendaftaran FFI 2021 Masih Dibuka Hingga Akhir Agustus
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 92 kali

Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021 masih membuka pendaftaran hingga sekitar akhir bulan Agustus ini. Dibuka bersamaan dengan peluncuran FFI 2021 di tanggal 15 Juli lalu, pendaftaran dibuka untuk film, baik cerita panjang maupun pendek, dokumenter, animasi, serta kritik film yang dilakukan secara daring.

Dengan situasi pandemi COVID-19 yang masih mewabah, maka ada kelonggaran yang dilakukan komite untuk pelaksanaan FFI tahun ini sehingga film cerita panjang yang sempat ditayangkan di berbagai festival film internasional tetap diperbolehkan untuk mendaftar.

Kelonggaran juga didapatkan untuk film non cerita panjang (pendek, dokumenter dan animasi) yang belum dirilis atau belum ditayangkan untuk umum. Karena pandemi, maka penayangan film memang terkena dampaknya. Untuk syarat dan ketentuan lengkap pendaftaran bisa langsung disimak di laman resmi FFI, festivalfilm.id

 

 

Melansir dari ANTARA, ada empat kategori baru yang ditambahkan, yakni kategori kritik film, kategori film, aktor, dan aktris terfavorit pilihan penonton. Dengan demikian, masyarakat turut disertakan untuk memeriahkan FFI 2021 dengan memilih film, aktor, dan aktris terfavorit yang filmnya mereka saksikan sepanjang bulan Oktober 2020 sampai bulan Agustus 2021. Proses pemilihan dilakukuka secara daring melalui situs resmi FFI mulai tanggal 1 September 2021 sampai tanggal 31 Oktober 2021.

Pemenang kategori terfavorit pilihan penonton nantinya mendapatkan ‘Piala Usmar Ismail’ untuk kategori film terfavorit, ‘Piala Bambang Irawan’ untuk kategori aktor terfavorit, dan ‘Piala Chitra Dewi’ untuk kategori aktris terfavorit. Pemakaian nama-nama tokoh perfilman tersebut merupakan suatu bentuk apresiasi atas karya dan kontribusi mereka terhadap perfilman Indonesia.

Untuk teknisnya, Komite FFI akan bekerja sama dengan KAFEIN, sebuah asosiasi profesional yang terdiri dari para akademisi dan pengkaji film. Merekalah yang nantinya memberi penilaian sekaligus menyerahkan penghargaan khusus untuk kategori kritik film. Proses pendaftaran akan ditutup 31 Agustus 2021.

Penjurian tahun ini menawarkan beberapa penyempurnaan dari tahun-tahun sebelumnya. Garin Nugroho mengungkapkan, “Ketentuan penjurian ini adalah kelanjutan dari ketentuan yang sudah terbangun sebelumnya melalui evaluasi dan input berbagai kalangan. Komite FFI tahun ini membangun tiga hal penting dalam aspek penjuriannya, yaitu peran asosiasi profesi perfilman, keterlibatan aktif masyarakat, dan juga sistem dewan juri.”

Melanjutkan sistem yang sudah ada, Komite FFI kali ini mencoba mengelola sistem penjurian dengan partisipasi aktif asosiasi dan membuka ruang diskusi terkait tantangan yang mereka hadapi, sekaligus melibatkan ekosistem film secara luas. Oleh karena itu, sejak awal proses seleksi hingga nominasi, peran aktif dan keterwakilan asosiasi menjadi dasar penjurian. Anggota Dewan Juri yang akan dipilih oleh Komite FFI 2021-2023 pun lewat berbagai masukan, diskusi, dan pemungutan suara oleh asosiasi-asosiasi profesi perfilman.

Bidang-bidang yang mengalami perkembangan besar dengan disiplin tersendiri, seperti film dokumenter, film pendek, film animasi, dan kritik film dari tema hingga prosedur akan dikelola bersama asosiasi-asosiasi terkait dengan berkoordinasi dengan Komite FFI. Asosiasi tersebut juga diajak untuk bekerja sama mengembangkan model penjurian di daerah-daerah untuk film pendek dan dokumenter yang saat ini berkembang pesat hingga ke pelosok Indonesia.

Digelar tepat di Hari Pahlawan, 10 November, Festival Film Indonesia tahun 2021 mengusung tema Sejarah Film dan Media Baru, dengan subtema Beralih Masa Bertukar Rasa Film Indonesia.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.