Feature


Kamis, 05 Agustus 2021 - 23:47:12 WIB
Ethan Coen Pensiun Dari Dunia Film, Coen Bersaudara Membubarkan Diri
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 286 kali

Setelah beberapa dekade lamanya menjadi duo yang secara solid menghasilkan berbagai film berkualitas, bahkan ikonik dan klasik, Coen Bersaudara memutuskan untuk membubarkan diri. Penyebabnya? Karena Ethan Coen (63) ingin pensiun dari dunia perfilman karena sudah tidak tertarik lagi menggarap film.

Dengan demikian, kini hanya Joel Coen (66) yang tetap aktif berkarya dengan debut solonya adalah The Tragedy of Macbeth, yang diangkat dari karya William Shakespeare dan dibintangi dua aktor watak, Denzel Washington dan Frances McDormand.

Di tahun 2019 lalu Ethan sempat mengungkap kepada Los Angeles Times jika ia ingin “rehat dari film” karena ingin mengerjakan proyek lain, termasuk pertunjukkan teater. Kini, komposer yang juga kolaborator setia kakak-beradik ini, Cartel Burwell, mengungkap apa yang diketahuinya tentang situasi yang sedang terjadi melalui sebuah podcast.

“Ethan sudah tidak ingin membuat film lagi,” kata Burwell. “Ethan terlihat sangat bahagia mengerjakan apa yang sedang dikerjakannya sekarang, dan aku tidak yakin apa yang akan dilakukan Joel selepas ini. Mereka juga punya banyak sekali naskah yang dikerjakan secara bersama-sama dan masih menunggu untuk direalisasi (menjadi film).”

Lebih lanjut Burwell menyebutkan jika ia berharap bisa kembali berduet, karena ia telah membaca beberapa naskah tadi dan menurutnya sangat bagus. Meski begitu, ia memaklumi jika mereka semua berada di usia yang memang memungkinkan untuk pensiun. Baginya industri perfilman adalah sebuah bisnis yang tak bisa diprediksi.

Meski begitu, sang komposer menegaskan tidak ada pertikaian antara Joel dan Ethan dan bisa jadi Ethan akan berubah pikiran dan kembali berkiprah di dunia film nantinya. Sebagaimana yang disebutkan Burwell kepada Collider tahun lalu, bekerja tanpa Ethan dalam The Tragedy of Macbeth terasa “aneh.”

Coen Bersaudara meluncurkan debut mereka dengan Blood Simple yang dirilis di tahun 1984 dan dibintangi oleh Frances McDormand. Berkat film bercorak neo-noir ini nama mereka terangkat ke permukaan.

Beberapa film klasik mereka yang lain antara lain adalah Miller’s CrossingFargoThe Big LebowskiNo Country for Old Men, dan Inside Llewyn Davis. Fim terakhir mereka sebagai duo adalah The Ballad of Buster Scruggs di tahun 2018 dan ditayangkan oleh Netflix.

Bersama mereka telah mendapatkan total 13 nominasi Academy Awards, selain juga memenangkan Oscar untuk kategori Best Original Screenplay untuk Fargo dan Best Picture, Best Director dan Best Adapted Screenplay untuk No Country for Old Men. Duo ini juga memenangkan Palme d’Or berkat Barton Fink (1991).

The Tragedy of Macbeth akan menjadi film pembuka New York Film Festival di tanggal 24 September 2021, namun belum memiliki tanggal rilis resmi.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.