Feature


Jumat, 13 November 2020 - 21:35:46 WIB
Indonesia Pilih Perempuan Tanah Jahanam Untuk Oscar 2021
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 282 kali

Indonesia telah memilih film horor penuh darah namun bergaya dari Joko AnwarPerempuan Tanah Jahanam, untuk menjadi perwakilan dalam ajang Academy Awards ke-93 di tahun 2021 untuk kategori Best International Feature Film.

Pemilihan ini diumumkan di awal pekan lalu oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia, yang kemudian dipromosikan oleh Joko melalui akun Twitter miliknya. “Semoga film ini bisa menjadi representasi yang baik dan membangkitkan minat penonton internasional terhadap film Indonesia,” ungkap sang sutradara Pengabdi Setan tersebut dalam keterangan tertulisnya.

Perempuan Tanah Jahanam (atau Impetigore untuk edisi internasional) dirilis di Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2019, dan kemudian tayang perdana secara internasional di Festival Film Sundance pada bulan Januari lalu, Kini film ditayangkan secara eksklusif oleh Shudder untuk kawasan Amerika Utara.

Sutradara kawakan Indonesia Garin Nugroho, yang mengepalai Komite Seleksi Oscar Indonesia, memuji keahlian pembuatan film Joko, sembari juga menyebut “latar belakang budaya mistisisme di Indonesia, yang juga merupakan elemen terkuat dari film tersebut,” sebagai alasan mengapa Perempuan Tanah Jahanam terpilih, sebagaimana yang dikutip dari The Hollywood Reporter. Drama kontroversial Garin, Memories of My Body, menjadi pilihan Indonesia untuk Oscar tahun ini, namun sayang gagal masuk ke babak selanjutnya.

Perempuan Tanah Jahanam dibintangi oleh Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim, Asmara Abigail dan Ario Bayu. Film berkisah tentang Maya (Basro), yang setelah selamat dari percobaan pembunuhan di kota, seorang perempuan muda yang kurang beruntung hidupnya, mengetahui bahwa boleh jadi dia mewarisi sebuah rumah besar di desa leluhurnya.

Ditemani sahabatnya, Dini (Anita), Maya kemudian kembali ke desa terpencil yang menjadi tempat kelahirannya tersebut, tanpa menyadari bahwa warga desa telah lama berusaha untuk menemukan dan membunuhnya untuk menghilangkan kutukan yang telah melanda desa selama bertahun-tahun lamanya. Pada akhirnya Maya harus berjuang sekuat tenaga untuk menyelamatkan nyawanya.

Perempuan Tanah Jahanam merupakan produksi bersama dua perusahaan film Indonesia, Base Entertainment dan Rapi Films, dengan pendanaan dan dukungan dari Ivanhoe Pictures (Crazy Rich Asians), dan CJ Entertainment (Parasite). Film kabarnya merupakan rilisan pertama dari serangkaian proyek yang direncanakan akan disutradarai oleh Joko, berdasarkan kesepakatan produksi bersama yang diluncurkan pada 2018 antara empat perusahaan film tadi.

Film baru-baru ini mendapatkan 17 nominasi di Festival Film Indonesia 2020, termasuk untuk kategori film terbaik, akting, sinematografi, editing dan musik. Sebuah rekor nominasi baru dan menumbangkan pemegang rekor sebelumnya, Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (2017) karya Mouly Surya. Film juga sukses di pasaran dengan mengumpulkan sekitar 1.7 juta penonton.

Perempuan Tanah Jahanam juga mencatatkan sejarah sebagai film horor pertama yang dikirimkan Indonesia di ajang Oscar. Meski begitu, Indonesia bukan satu-satunya film horor yang akan bersaing di kategori Best International Feature Film, karena film tayangan Shudder lain, La Llorona, telah dipilih Guetemala sebagai perwakilan mereka, sebagaimana Roh dari Malaysia.

Academy Awards 2021 akan berlangsung pada tanggal 25 April 2021, dengan daftar nominasi diumumkan pada tanggal 15 Maret.


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.