Feature


Rabu, 01 Mei 2019 - 16:51:15 WIB
Inilah 10 Film Indonesia yang Dirilis di Bioskop pada Bulan Mei 2019
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 354 kali

Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang di bulan suci Ramadhan. Sesuai dengan tradisi yang dimulai sedari beberapa tahun lampau, tak ada sineas yang berkenan melepas film unggulannya di bulan puasa ini. Alasan utamanya, ada kecenderungan penurunan jumlah penonton lantaran masyarakat memilih untuk fokus beribadah dan menjauhi tempat-tempat hiburan. Pun demikian, jumlah film yang dirilis pada Ramadhan tahun ini justru mengalami peningkatan dengan total jendral ada 10 judul yang telah dikonfirmasi tanggal penayangannya. Yang menarik, sekalipun genre horor masih mendominasi, adalah adanya empat judul yang mengangkat budaya daerah. Keempat judul tersebut yaitu Sukep yang mengangkat budaya Melayu di kawasan Pontianak, Pariban: Idola Dari Tanah Jawa yang mengulik budaya Batak, Ambu yang membawa kita mengenal budaya suku Baduy yang jarang terekspos, serta Jack yang menyoroti budaya Jawa khususnya area Surabaya.

Untuk lebih lengkapnya, inilah deretan film Indonesia yang dirilis pada bulan Mei 2019:

 

1. Arwah Noni Belanda

Sinopsis : Hellen Van Stolch yang hidup di Batavia pada tahun 1800-an adalah puteri satu-satunya dari tuan tanah yang mempunyai perkebunan luas bernama Jacob Van Stolch. Kisah tragis yang dia alami membuat arwahnya tetap tertahan sampai sekarang. Suatu hari, kisahnya hadir di alam bawah sadar Sarah Astari, penulis novel yang sedang menggarap sebuah cerita horror. Pada awalnya Sarah tidak mengetahui pergesekan dimensi tersebut dan hanya menganggapnya sebagai mimpi buruk. Namun semua berubah menjadi mencekam ketika teror demi teror dilakukan oleh arwah Hellen Van Stolch terhadap Sarah beserta keluarganya.

Sutradara : Agus H. Mawardy

Penulis Skenario : King Javed

Pemain : Sara Wijayanto, Milena Tunguz, Nayla D. Purnama, Willem Bevers, Ferdian Aryadi

Tanggal Rilis : 2 Mei 2019

 

2. Sekte

Sinopsis : Lia sempat mengalami hilang ingatan pasca kecelakaan. Saat terbangun, dia berada di sebuah rumah besar yang terisolasi dan menjadi tempat untuk komunitas yang terdiri dari orang-orang yang tak memiliki rumah maupun kerabat. Karena tidak bisa mengingat siapa dirinya dan kemana harus pergi, Lia pun tinggal disana untuk mendapatkan perawatan. Hari berlalu, Lia yang mulai sedikit pulih menyadari ada hal yang aneh dengan situasi tempat dirinya tinggal. Ternyata, para penghuni rumah terdiri dari para pengikut sekte aliran sesat dan orang-orang yang masuk ke rumah tersebut tidak pernah bisa keluar lagi.

Sutradara : William Chandra

Penulis Skenario : William Chandra, Husein M. Atmojo

Pemain : Asmara Abigail, Derby Romero, Rizky Nazar, Gesata Stella, Trisa Triandesa

Tanggal Rilis : 2 Mei 2019

 

3. Sukep The Movie

Sinopsis : Sukep yang sudah menjadi public figure berkat aksi-aksi lawak-tunggalnya, ingin membalas budi pada Ivan, salah seorang sahabat karib yang telah banyak membantu dalam perjalan kariernya. Namun, Sukep justru terjebak dalam kisah cinta masa lalu dengan Anty yang  ternyata menjadi istri Ivan. Sukep dan Anty intens menjalin komunikasi, hingga suatu hari, Ivan mengetahui masa lalu antara Sukep dan Anty serta menangkap basah komunikasi mereka berdua. Anty akhirnya membongkar rahasia Sukep yang selama ini ditutupi.

Sutradara : Akil Wassa

Penulis Skenario : Amrin Z.R

Pemain : Kamil Onte, Shallu Salsabila, M. Yousuf Aba, Rieifian Fajarsyah, Muhammad Irfan

Tanggal Rilis : 2 Mei 2019

 

4. Pariban: Idola Dari Tanah Jawa

Sinopsis : Moan adalah pemuda Batak yang sudah lama tinggal di Jakarta. Meski usianya telah menginjak 37 tahun, tetapi dia belum kunjung memiliki kekasih. Situasi ini membuat ibunya yang bermukim di Samosir pusing. Dia pun memaksa Moan mudik agar bisa menikah dengan sepupunya, Uli. Diluar dugaan, Uli yang diceritakan sebagai wanita cantik dan mencintai budaya Batak, sudah memiliki kekasih, Binsar, sehingga membuat perjalanan cinta Moan menjadi sangat rumit.

Sutradara : Andibachtiar Yusuf

Penulis Skenario : Ridho Brado, Andibachtiar Yusuf, Agustinus Sitorus

Pemain : Atiqah Hasiholan, Ganindra Bimo, Rizky Mocil, Rukman Rosadi, Dayu Wijanto

Tanggal Rilis : 9 Mei 2019

 

5. Roh Fasik

Sinopsis : Kematian sang istri, Zahra, membuat Akbar tidak lagi mau mengimani agama dan Tuhannya. Bahkan ketika sudah menikah lagi, kehidupan Akbar bersama istri barunya, Renata, tidak pernah seindah dulu. Hingga suatu ketika sahabat lama Akbar, Hasan, datang untuk menjenguk dan mengajak Akbar kembali ke jalan yang benar setidaknya demi sang buah hati. Meskipun sempat menolak, pada akhirnya Akbar mengizinkan Hasan mengajarkan Amira bertadarus. Sejak saat itulah, kejadian-kejadian aneh mulai terjadi. Naasnya, Renata yang paling sering menjadi korban teror dari Iblis yang bersemayam di rumahnya.

Sutradara : Ubay Fox

Penulis Skenario : Evelyn Afnilia

Pemain : Denira Wiraguna, Irwansyah, Nagita Slavina, Zaskia Sungkar, Evan Sanders

Tanggal Rilis : 9 Mei 2019

 

6. Ambu

Sinopsis : Ambu Misnah ditinggal anak perempuannya, Fatma, yang pergi dari rumah mereka di Baduy demi mengejar cintanya pada pemuda Jakarta, Nico. Fatma kemudian memiliki anak bernama Nona dan lantas membawanya pulang ke Baduy. Kehadiran dua perempuan dari kota ini pun menciptakan polemik keluarga.

Sutradara : Farid Dermawan

Penulis Skenario : Titien Wattimena

Pemain : Laudya Cynthia Bella, Widyawati, Baim Wong, Lutesha, Enditha

Tanggal Rilis : 16 Mei 2019

 

7. Jack

Sinopsis : Jack yang memiliki darah Arab dipaksa untuk meneruskan usaha toko milik sang ayah, Wak Dollah. Demi mengikuti kemauan Wak Dollah, Jack pun rela kuliah di jurusan yang tidak sejalan dengan dunia seni yang dia cintai. Selama tujuh tahun lamanya, kuliahnya tak kunjung usai yang membuat sang ayah pusing. Suasana makin memanas ketika Wak Dollah mengetahui kedekatan Jack dengan gadis keturunan Tionghoa, Meyling, anak tunggal Koh Halim, juragan toko obat cina ternama di Surabaya.

Sutradara : M. Ainun Ridho

Penulis Skenario : M. Ainun Ridho, Haikal Damara

Pemain : Eko Tralala, Arief Wibhisono, Grace Tie, Metty Endel, Hengky Kusuma

Tanggal Rilis : 16 Mei 2019

 

8. Malam Jumat The Movie

Sinopsis : Demi memberikan pengalaman baru bagi subscriber-nya di Youtube, Ewing mencoba menjelajah taman bermain yang telah lama terbengkalai, Wonder Park, bersama dengan timnya. Di sana, Ewin menemukan jaket dan topi yang disinyalir milik korban bunuh diri. Suatu ketika, seorang gadis bernama Dinda mengaku sebagai adik dari pemilik dua benda tersebut. Dinda yang tidak memercayai kakaknya melakukan bunuh diri, lantas mengajak Ewing beserta timnya untuk kembali ke Wonder Park dimana kali ini mereka harus menghadapi kenyataan yang mengerikan.

Sutradara : Hadrah Daeng Ratu

Penulis Skenario : Andika Lazuardi

Pemain : Ewing HD, Zoe Abbas Jackson, Dea Annisa, Randy Pangalila, Ade Firman Hakim

Tanggal Rilis : 16 Mei 2019

 

9. The Lawyers: Pokrol Bambu

Sinopsis : Johan Nabawi sangat mencintai istrinya, Nina Tanjung. Akan tetapi, penyakit sadomasokis yang diidap Johan membuat Nina terpaksa melayangkan gugatan cerai kepada sang suami. Dia tidak tahan selalu dipukul oleh Johan setiap kali berhubungan intim. Guna menyelesaikan perkara ini, pun keduanya memutuskan untuk menyewa pengacara yang lantas menciptakan persaingan diantara mereka. Johan menyewa pengacara papan atas, sementara Nina menyewa jasa pengacara pokrol bambu.

Sutradara : Azar Fanny

Penulis Skenario : Azar Fanny

Pemain : Roy Marten, Dicky Chandra, Kartika Berliana, Jerio Jeffry, Rina Hassim

Tanggal Rilis : 16 Mei 2019

 

10. Down Swan

Sinopsis : Sebagai pasangan baru yang sedang menunggu kelahiran buah hatinya, kebahagiaan terpancar dari raut wajah Mitha dan Bisma. Banyak sekali mimpi yang ingin Mitha lakukan bersama keluarga kecilnya kelak. Namun suatu hari, dokter mendiagnosa bahwa bayi yang dikandungnya memiliki kecendrungan Down Syndrome. Mendengar itu, hati Mitha dan Bisma hancur seketika. Bahkan hingga Nadia lahir, masih sulit bagi Mitha untuk menerima kondisi putri semata wayangnya tersebut. Terlebih lagi, ketika Nadia mulai tertarik dengan profesi yang digeluti Mitha dulu yaitu menjadi seorang ballerina.

Sutradara : Fuad Akbar

Penulis Skenario : Endik Koeswoyo

Pemain : Putri Ayudya, Aryo Wahab, Arina Dhisya, Marsha Emilia Piqal, Lady Dhiana

Tanggal Rilis : 23 Mei 2019

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.