Feature


Senin, 08 April 2019 - 23:04:21 WIB
Shazam Kalahkan Pet Sematary Di Perlombaan Box Office
Diposting oleh : Haris Fadli Pasaribu (@oldeuboi) - Dibaca: 235 kali

Shazam! terbang tinggi melewati para kompetitor-nya di box office Amerika Utara. Film aksi-komedi-fantasi-super hero ini, yang jauh lebih lucu dan tidak terlalu serius dibandingkan film-film DC Extended Universe lain, debut di posisi teratas chart dengan $53.4 juta di pekan pembukaanya.

Pendapatan Shazam! ini melampaui ekspektasi sebelumnya, yang diperkirakan debut antara $40 juta hingga $45 juta. Digabungkan dengan pendapatan yang didapat dari penayangan awal dari Fandango sebesar $3.33 juta di bulan Maret lalu, maka film yang dibintangi Zachary Levi ini telah mengumpulkan sebesar $56.7 juta secara domestik.

Tambahkan pula $101 juta dari penayangan di sekitar 79 pasar internasional, maka total pendapatan Shazam! secara global sejauh ini adalah sebesar $158.6 juta. Ini jelas merupakan awal yang bagus untuk sebuah properti DC Comics yang kurang begitu terkenal (setidaknya dibandingkan para superhero DC lainnya) dan dikerjakan dengan bujet yang tak terlalu besar, yaitu sekitar $90-100 juta.

Sukses ini membuktikan formula ringan dan menyenangkan Warner Bros. untuk Shazam! ternyata memang bekerja dengan baik. Dengan Joker sebagai film mendatang DC/Warner Bros. yang memiliki pendekatan berbeda lagi, maka kolaborasi dua nama ini kini seolah ingin menegaskan sisi diversitas atau keberagaman bercerita dalam film-film mereka, saat ini dan ke depannya, ketimbang hanya mengikuti pola studio tetangga.

Shazam! juga tercatat sebagai film DCEU dengan rating Rotten Tomatoes terbaik, yaitu 91%. Sementara penonton juga tak kalah suka, dengan rating 90%. Rating yang sama tinggi antara kritikus dan penonton ini memang jarang terjadi di antara barisan film DCEU.

Juga debut di akhir pekan lalu adalah film horor adaptasi novel Stephen King sekaligus remake film era 80-an berjudul sama, Pet Sematary. Film pun mendapatkan debut yang jauh lebih besar dibandingkan ekspektasi sebelumnya dengan $25 juta. Bujet pengerjaan film hanyalah $21 juta, sehingga Pet Sematary sudah balik modal di pekan pertamanya saja.

Debut Pet Sematary ini adalah yang terbesar untuk film adapatasi novel King, selepas It di tahun 2017. Dari segi rating, film mendapatkan 61% di Rotten Tomatoes. Sayangnya penonton hanya memberikan C+ di CinemaScore.

Pendatang baru lain adalah The Best of Enemies yang dibintangi oleh Taraji P. Henson dan Sam Rockwell. Film yang diangkat dari kisah nyata antara persahabatan antara aktivis hak sipil dan pimpinan Ku Klux Klan ini mendapatkan $4.5 juta dan menempati tempat ke 6.

Mantan juara pekan lalu, Dumbo, melorot ke posisi 3 dengan $18.2 juta, yang berarti mengalami penurunan cukup signifikan yaitu sebesar 60.4%, setelah debut dengan pendapatan yang kurang begitu memuaskan. Us juga turun dua peringkat, yaitu ke posisi 4 dengan $13.8 juta. Sementara Captain Marvel melengkapi 5 besar dengan $12.7 juta.

Berikut 10 besar box office Amerika Utara untuk periode 05-07 April:

  1. “Shazam!” – $53.4 juta
  2. “Pet Sematary” – $25 juta
  3. “Dumbo” – $18.2 juta
  4. “Us” – $13.8 juta
  5. “Captain Marvel” – $12.7 juta
  6. “The Best of Enemies” – $4.5 juta
  7. “Five Feet Apart” – $3.7 juta
  8. “Unplanned” – $3.2 juta
  9. “Wonder Park” – $2 juta
  10. “How to Train Your Dragon: The Hidden World” – $1.9 juta

Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.