Feature


Selasa, 02 April 2019 - 13:09:51 WIB
Inilah 10 Film Indonesia yang Dirilis di Bioskop pada Bulan April 2019
Diposting oleh : Taufiqur Rizal (@TarizSolis) - Dibaca: 309 kali

Selamat datang di bulan April. Pada bulan ini, setidaknya terdapat 10 judul film Indonesia dengan beragam tema yang telah dipersiapkan untuk memeriahkan bioskop-bioskop tanah air. Beberapa judul yang layak dijadikan sorotan antara lain trio penggenggam penghargaan seperti Ave Maryam yang mengajak kita melongok kehidupan para biarawati di susteran, Kucumbu Tubuh Indahku yang memaparkan tentang seni dibalik tari lengger, dan 27 Steps of May yang menyoroti perjuangan korban kekerasan seksual. Disamping ketiga judul tersebut masih ada Mantan Manten yang mengupas soal pernikahan dengan adat Jawa, Sunyi yang disadur dari film horor asal Korea Selatan bertajuk Whispering Corridors, Rumput Tetangga yang menghadirkan komentar sosial terkait budaya nyinyir di Indonesia, sampai Pocong The Origin yang menandai kembalinya Monty Tiwa ke genre horor supranatural selepas Keramat (2009).  

Untuk lebih lengkapnya, inilah deretan film Indonesia yang dirilis pada bulan April 2019:

 

1. Lukisan Ratu Kidul

Sinopsis : Dimas mengajak istri beserta anaknya; Astrid dan Sandra, untuk mengunjungi rumah yang diwariskan kepadanya demi mencari jawaban tentang berbagai kejanggalan dalam hidupnya. Rumah yang ketika malam datang, muncul sosok wanita berpakaian Jawa ningrat yang menghantui sang adik, Satria. Dimas memutuskan untuk menjual rumah tersebut ke seorang kolektor yang percaya bahwa ada sebuah lukisan di rumah tersebut yang bernilai sangat tinggi. Lukisan Ratu Kidul karya sang kakek yang merupakan sumber malapetaka bagi keluarga Soedibyo selama puluhan tahun. Sosok dibalik lukisan itu kini mengancam keselamatan Dimas, Satria, Astrid dan Sandra.

Sutradara : Ginanti Rona

Penulis Skenario : Husein M. Atmodjo

Pemain : Ussy Sulistiawaty, Teuku Zacky, Wafda Saifan Lubis, Fadika Royandi, Elsa Diandra

Tanggal Rilis : 4 April 2019

 

2. Mantan Manten

Sinopsis : Sebagai manajer investasi terkenal, Yasnina punya segalanya. Kehidupan glamor, kekayaan, dan Surya, tunangan yang sangat mencintainya. Namun ketenangan hidup Yasnina harus berakhir ketika dia dikhianati oleh rekan bisnisnya dalam sebuah kasus di perusahaannya. Dalam sekejap, harta Yasnina habis tak bersisa. Tak hanya itu, rencana pernikahannya dengan Surya juga di ujung tanduk. Ardy, asisten Yasnina, mengingatkan bahwa dia masih memiliki sebuah villa di Tawangmangu yang tidak disita karena belum ganti nama. Villa itu kini menjadi harapan satu-satunya Yasnina untuk bangkit lagi. Namun untuk mengambil kembali villa tersebut, Yasnina harus menjadi asisten seorang dukun manten bernama Marjanti.

Sutradara : Farishad Latjuba

Penulis Skenario : Farishad Latjuba, Jenny Jusuf

Pemain : Atiqah Hasiholan, Arifin Putra, Tutie Kirana, Tyo Pakusadewo, Marthino Lio

Tanggal Rilis : 4 April 2019

 

3. Melodylan

Sinopsis : Melody memilih pindah sekolah untuk menghindari masalah apalagi dia memiliki masa lalu yang buruk dengan David, mantan kekasihnya. Tetapi di sekolah baru, masalah kembali muncul saat Melody mengenal Dylan, siswa yang selama ini terkenal suka bikin masalah namun tetap menjadi idola karena kegantengannya. Melody jatuh cinta kepada Dylan, begitu pula sebaliknya. Hanya saja, hubungan percintaan keduanya tak berjalan indah dan mereka pun tak kunjung menemukan titik temu dalam masalah cinta mereka. Alhasil, mereka sepakat untuk memutuskan hubungan yang belakangan disesali oleh Melody setelah dia menyadari bahwa cintanya pada Dylan begitu besar, sementara sang mantan dikirim ayahnya ke luar negeri untuk melanjutkan kuliah.

Sutradara : Fajar Nugros

Penulis Skenario : Endik Koeswoyo

Pemain : Devano Danendra, Aisyah Aqilah Azhar, Angga Yunanda, Zoe Abbas Jackson, Naomi Paulinda

Tanggal Rilis : 4 April 2019

 

4. Ave Maryam

Sinopsis : Maryam yang terlahir dari keluarga Muslim ditugaskan untuk mengurus rumah biarawati di daerah Ambarawa. Sehari-hari tugasnya membersihkan asrama, memandikan biarawati yang sudah tua dan menyiapkan makanan. Ditengah mengurus para biarawati tua, Maryam mendapat kabar bahwa gereja akan dipimpin oleh seorang pastor baru bernama Yosef. Pertemuannya dengan Yosef sangat berkesan, bahkan Maryam memulai hubungan lebih mendalam dengan Yosef meskipun dia tahu itu salah. Hubungannya dengan Yosef membuatnya kesulitan dalam mengurus para biarawati. Maryam menjadi sering pulang telat dan mengabaikan tugas-tugasnya. Tindakan yang dilakukannya membawanya ke dalam pertanyaan mengenai loyalitas dan komitmennya dalam melayani.

Sutradara : Robby Ertanto

Penulis Skenario : Robby Ertanto

Pemain : Maudy Koesnaedi, Chicco Jerikho, Tutie Kirana, Olga Lidya, Joko Anwar

Tanggal Rilis : 11 April 2019

 

5. Bumi Itu Bulat

Sinopsis : Meski berayahkan seorang Banser, Rahabi tidak bangga. Di kampus, Rahabi bersahabat dengan Markus yang beragama Kristen, Hitu yang bercita-cita jadi Banser. Sayid yang bermimpi menjadi novelis, dan Tiara yang bermasalah dengan keluarganya. Mereka membentuk grup acapella dengan nama Rujak Acapella. Rahabi ingin Rujak Acapella sukses demi membiayai kuliah kedokteran adiknya. Jalan itu terbuka ketika seorang produser musik menawari mereka kontrak rekaman dengan syarat mereka harus menerima Aisha, mantan penyanyi remaja terkenal yang memutuskan tidak akan pernah bernyanyi lagi. Demi mengajak Aisha bergabung, Rahabi bersedia melakukan apa saja yang diminta oleh Aisha. Keluarga dan keempat sahabat Rahabi secara perlahan melihat perubahan sikap Rahabi yang membuat hubungan diantara mereka goyah.

Sutradara : Ron Widodo

Penulis Skenario : Andre Supangat, Robert Ronny

Pemain : Rayn Wijaya, Febby Rastany, Rania Putrisari, Tissa Biani, Christine Hakim

Tanggal Rilis : 11 April 2019

 

6. Sunyi

Sinopsis : Bagi Alex, diterima di SMA Abdi Bangsa bukanlah sebuah karunia melainkan petaka. Budaya senioritas, tindakan kekerasan fisik dan mental menjadi menu harian yang diterima Alex di sekolah ternama itu. Beruntung, Alex punya Maggie, sesama murid kelas satu yang menjadi sahabatnya. Maggie yang membuatnya bertahan menghadapi situasi yang tidak menyenangkan dari para seniornya. Kejadian mengerikan lantas menghantui para siswa setelah Andre, Erika  dan Fahri memaksa Alex untuk melakukan ritual pemanggilan arwah. Satu persatu nyawa melayang secara misterius dan sekolah unggulan itu pun berubah menjadi tempat yang mencekam sekaligus menakutkan.

Sutradara : Awi Suryadi

Penulis Skenario : Agasyah Karim, Khalid Kashogi, Awi Suryadi

Pemain : Amanda Rawles, Angga Yunanda, Teuku Ryzki, Arya Vasco, Naomi Paulinda

Tanggal Rilis : 11 April 2019

Trivia : Sunyi adalah remake dari film horor asal Korea Selatan berjudul Whispering Corridors.

 

7. Kucumbu Tubuh Indahku

Sinopsis : Juno menjadi penari di sebuah desa di Jawa yang terkenal sebagai desa penari lengger lanang, sebuah tarian perempuan yang dibawakan penari laki-laki. Kehidupan masa kecil Juno yang serba sendiri di desa miskin menjadikan dirinya menjadi ibu dan bapak bagi kehidupannya.  Juno melihat banyak kekerasan yang muncul di sekitarnya. Trauma pertama terhadap kekerasan dialami ketika masuk dalam group tari lengger di desanya. Kekerasan menjadikan tubuhnya harus berpindah dari satu desa ke desa lain. Perpindahan yang menjadikan Juno bertemu banyak sosok manusia, dari petinju hingga maestro penari Reog. Perpindahan ini menjadikan tubuhnya mengalami beragam trauma kekerasan, dari trauma sosial hingga trauma kekerasan politik. Sebuah perjalanan tubuh yang membawanya menemukan keindahan tubuhnya.

Sutradara : Garin Nugroho

Penulis Skenario : Garin Nugroho

Pemain : Muhammad Khan, Rianto, Raditya Evandra, Randy Pangalila, Teuku Rifnu Wikana

Tanggal Rilis : 18 April 2019

 

8. Pocong The Origin

Sinopsis : Ananta yang dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin telah dieksekusi mati oleh negara. Sasthi, putri semata wayang Ananta, harus mengantarkan jenazah sang ayah untuk dikuburkan di kampung halamannya. Ditemani oleh Yama, sipir penjara, keduanya harus berpacu dengan waktu untuk mencapai kampung Ananta. Hal ini menjadi semakin sulit karena berbagai gangguan gaib menghalangi mereka di sepanjang perjalanan.

Sutradara : Monty Tiwa

Penulis Skenario : Monty Tiwa, Eric Tiwa

Pemain : Samuel Rizal, Nadya Arina, Surya Saputra, Della Dartyan, Tyo Pakusadewo

Tanggal Rilis : 18 April 2019

 

9. Rumput Tetangga

Sinopsis : Sepintas lalu, Kirana terlihat memiliki kehidupan yang baik-baik saja. Suaminya penyayang, sementara kedua anaknya pun mencintainya. Tapi berhubung dia dulunya adalah seorang siswi populer dan aktif semasa SMA, maka sulit baginya untuk membanggakan kehidupannya ini. Apalagi setelah dia berjumpa kembali dengan sahabat lamanya yang kini mempunyai karir yang sukses, Diana. Diam-diam, Kirana ingin menjadi seperti Diana. Keinginan Kirana untuk menjalani kehidupan sebagai wanita karir akhirnya terwujud setelah dia berjumpa dengan seorang peramal. Kirana bertukar tempat dengan Diana dan kehidupannya yang lama hanya tinggal menjadi kenangan baginya. Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, apakah Kirana akhirnya menemukan kebahagiaan setelah impiannya ini terkabul? Atau dia justru menyesalinya dan menyadari bahwa rumput tetangga memang akan selalu terlihat lebih hijau?  

Sutradara : Guntur Soeharjanto

Penulis Skenario : Alim Sudio

Pemain : Titi Kamal, Donita, Gading Marten, Tora Sudiro, Raffi Ahmad

Tanggal Rilis : 18 April 2019

 

10. 27 Steps of May

Sinopsis : Saat masih berusia 14 tahun, May diperkosa oleh sekumpulan orang. Ayah May sangat terpukul dan menyalahkan dirinya sendiri karena tidak bisa menjaga putrinya. Trauma besar akibat insiden ini membuat May menarik diri dari kehidupan. Ayahnya terjebak oleh perasaan bersalah yang membawanya hidup di dua dunia. Bersama May, dia adalah jiwa lembut yang mengorbankan segalanya demi kenyamanan dan keamanan putrinya. Namun di ring tinju, dia adalah petinju yang bertarung untuk menyalurkan amarahnya. Kehidupan penuh derita dua manusia yang terluka ini perlahan berubah setelah seorang pesulap pindah ke rumah sebelah dan menciptakan celah kecil di dinding pelindung milik May. Pesulap itu membangkitkan rasa ingin tahu May yang kemudian menghidupkan kembali emosinya dan membebaskan dirinya untuk bergerak maju.

Sutradara : Ravi Bharwani

Penulis Skenario : Rayya Makarim

Pemain : Raihaanun, Lukman Sardi, Ario Bayu, Verdi Solaiman, Hengky Solaiman

Tanggal Rilis : 27 April 2019

 


Share |


Berita Terkait :
Comments

© Copyright 2010 by Flick Magazine - Design by Hijau Multimedia Solution. All Rights Reserved.